Nasehat Bagi yang Sering Lembur, Agar Kesehatan tetap Terjaga

Kerja lembur yang berlebihan, berdampak buruk pada kesehatan - Diminimalis.com

Orang yang sering kerja lembur atau bekerja shift malam biasanya akan mengalami masalah kesehatan. Sebagai akibatnya, pola tidur yang menjadi tidak teratur dan membuat kesehatan menurun. Nasehat bagi yang sering lembur perlu diperhatikan karena jika tidak, akan ada beberapa masalah serius yang diakibatkan karena jam kerja yang tidak teratur.

Sering lembur tak hanya akan dapat menyebabkan insomnia, namun pikiran bisa menjadi stress karena tubuh manusia dirancang agar dapat aktif pada siang hari serta istirahat di malam hari. Jika aktivitas ini dibalik, organ-organ dalam tubuh tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Pastikan Anda mendengarkan nasehat bagi yang sering lembur agar bisa menjaga tubuh tetap sehat.

Nasehat Bagi yang Sering Lembur efek buruk lembur suplemen kerja lembur
Kerja lembur yang berlebihan, berdampak buruk pada kesehatan – Diminimalis.com

Masih ingat dengan sosok Mita Diran? Sosok copywriter muda yang meninggal setelah tiga hari non stop bekerja ini, membuat persoalan lembur kerja ini makin mencuri perhatian. Kasus ini seharusnya jadi peringatan bagi pekerja yang gemar lembur agar aktivitasnya tak merusak kesehatan. Lembur kadang memang tak bisa dihindari, apalagi jika target pekerjaan telah mendekati deadline. Akan tetapi, bukan berarti pekerja dapat mengorbankan kesehatan tubuh mereka.

Tak sekedar diperlukan kata kata semangat kerja malam, namun juga pengaturan gizi yang cukup dan seimbang. Pola makan yang teratur ini sangat diperlukan dan hendaknya disesuaikan dengan jam kerja. Jumlah makanan yang dikonsumsi haruslah sesuai berat dan tinggi badan, usia, serta aktivitas fisik yang dilakukan. Jenis makanan juga harus diperhatikan supaya kebutuhan gizi dapat tercukupi.

Makanan yang dibutuhkan oleh para pekerja lembur adalah jenis makanan dengan kandungan gizi lengkap yang meliputi karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin serta air. Sumber zat gizi juga harus diperhatikan. Sebagai contoh, karbohidrat hendaknya berasal dari karbohidrat kompleks seperti roti gandum utuh, beras merah, ataupun kentang dengan kulitnya. Protein juga harus didapat dari sumber protein tinggi namun tetap minim lemak, sebagai contoh adalah ikan serta ayam tanpa kulit.

Lemak untuk kebutuhan gizi juga sebaiknya berasal dari lemak sehat, bukan mentega atau goreng-gorengan. Lemak sehat ini sebagai contoh adalah asam lemak omega 3 dari ikan laut serta asam lemak omega 6 dari kedelai. Sementara untuk pemenuhan vitamin dan mineral, tentunya bisa kita dapatkan dari aneka jenis buah dan sayur.

Jika seseorang hendak bekerja sampai larut malam atau dini hari, maka waktu makan sebaiknya ditambah menjadi empat kali dalam sehari, dimana satu kali makan tambahan dilakukan di saat larut malam. Walau waktu makan ditambah, namun jumlahnya akan tetap sama seperti yang direkomendasikan. Sebagai contoh jika seseorang memiliki kebutuhan 2000 kalori per hari, maka jumlah ini harus dibagi empat sehingga masing-masing waktu makan harus mencapai 500 kalori.

Nasehat Bagi yang Sering Lembur Agar Tetap Sehat

1. Konsumsi Minuman Sehat

Nasehat Bagi yang Sering Lembur efek buruk lembur suplemen kerja lembur
Ada beragam manfaat dari jus buah bila Anda sering meminumnya – Diminimalis.com

Selain mengatur pola makan seperti yang telah dijelaskan di atas, orang yang sering lembur juga harus mengonsumsi minuman sehat. Termasuk di antaranya adalah  jus yang terbuat dari buah segar atau sekedar air putih. Saat tubuh sedang lelah ataupun stress, ada lebih banyak cairan yang diganti sehingga akan lebih baik jika kita selalu sediakan air putih atau jus di atas meja.

Sebaliknya, hindari konsumsi minuman yang kurang sehat atau tidak memiliki kandungan gizi sama sekali. Termasuk di antaranya adalah kopi, minuman bersoda ataupun minuman yang mengandung alkohol. Minuman ini justru akan membahayakan kesehatan apabila dikonsumsi dalam jumlah besar dan dalam jangka waktu lama.

Selama ini orang mengira bahwa minuman berenergi dan kopi bisa membuat tubuh tetap terjaga sepanjang malam, sehingga rutin mengkonsumsi minuman tersebut.

2. Konsumsi Vitamin

Saat sedang lelah pulang kerja biasanya diatasi dengan menggunakan vitamin atau suplemen tertentu. Kita bisa mengonsmsi vitamin B, magnesium, serta kalsium dalam jumlah cukup karena akan mengurangi resiko kesehatan akibat bekerja sampai larut malam. Aneka macam vitamin B dianggap sebagai komponen yang dibutuhkan karena bisa menambah kekuatan otot.

Untuk lebih amannya, konsumsi suplemen kesehatan berdasarkan anjuran dari dokter. Ini penting karena tak semua suplemen kesehatan dapat benar-benar bermanfaat bagi kesehatan, beberapa justru bisa membahayakan jika tak dikonsumsi sesuai aturan. Kita juga bisa mendapat sumber vitamin secara alami melalui bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

3. Hindari Rokok

Sebisa mungkin hindari rokok saat kita bekerja lembur pada malam hari. Sama halnya seperti kafein, nikotin yang terkandung dalam rokok akan berperan sebagai stimulan. Hasilnya, kita akan semakin stres dan kondisi kesehatan pun memburuk. Jika perlu, mulai kurangi dan hentikan kegiatan merokok mulai hari ini juga.

4. Aktivitas Fisik

Aktivitas Seru Di Taman, bermain di taman, olah raga di taman
imbangi kerja lembur Anda dengan aktivitas fisik, agar badan selalu fit – Diminimalis.com

Luangkanlah waktu untuk diri sendiri dalam mempertahankan gaya hidup sehat. Bila Anda tidak memiliki waktu untuk olah raga di luar rumah, Anda bisa melakukan olah raga ringan di dalam rumah. Termasuk di antaranya adalah lebih banyak berjalan kaki serta berolahraga minimal setengah jam sehari. Fitness, lari, serta renang tak hanya akan menyegarkan tubuh namun juga membuat kita semakin sehat dan bugar. Pola tidur akan lebih sehat dan kita tak butuh lagi kata mutiara lelah bekerja karena tubuh sudah cukup segar bahkan saat harus bekerja lembur.

Demikian beberapa hal yang harus jadi perhatian pekerja yang sering lembur atau mereka yang harus bekerja di malam hari. Lembur memang bukan sesuatu yang dapat dihindari, apalagi jika beban pekerjaan memang mengharuskan kita untuk tetap terjaga sepanjang malam. Namun, kesehatan tetap harus jadi perhatian utama agar tak jatuh sakit ataupun mengalami kejadian yang lebih buruk. Aneka nasehat bagi yang sering lembur di atas diharapkan berguna sebagai panduan bagi para pekerja kerap bekerja hingga larut malam. (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.