Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Merawat Tanaman Aquascape tidak Boleh Asal-asalan, Ini yang Benar.

Aquascape adalah seni merawat tumbuhan sebagaimana bonsai - diminimalis.com

Setelah Anda mengetahui berbagai  manfaat aquascape pada rumah minimalis Anda, maka kali ini Diminimalis akan mengulas tentang cara merawat tanaman aquascape agar dapat tumbuh dengan baik. Demi mendapatkan manfaat maksimal dari aquascape sebagaimana pemaparan kami di artikel sebelumnya, maka Anda perlu menjaga agar tanaman tersebut dapat tumbuh supaya dapat terlihat indah dan menawat saat dipandang.

Merawat tanaman Aquascape, cara merawat aquascape tanpa co2, cara merawat aquscape untuk pemula
Aquascape adalah seni merawat tumbuhan sebagaimana bonsai – diminimalis.com

Merawat tanaman aquascape dengan baik dan benar

Di bawah ini ada beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan untuk merawat tanaman pada aquascape Anda agar dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

1. Jangan mengobok-obok air

Ini merupakan hal yang perlu diperhatikan bagi Anda yang di dalam rumah memiliki anak yang masih kecil di rumah. Di usia tersebut mereka memang gemar bermain air. Dan bisa jadi aquascape Anda bisa jadi sasaran sebagai sarana bermain mereka. Hal yang ditakutkan nantinya apabila anak Anda memasukkan minyak, sabun, atau benda lain yang dapat mencemari aquascape Anda. Tentu ini dapat berakibat buruk pada ikan atau tanaman yang tumbuh di aquascape tersebut. Usaha keras dengan penuh kesabaran merawat tumbuhan aquascape tercinta, bisa berakhir sia-sia akibat kurangnya pengawasan kita akibat hal remeh yang semestinya tidak perlu terjadi.

2. Jangan menaman tanaman terlalu rimbun

Kadang apabila Anda terlalu bersemangat untuk memperbanyak tanaman di aquascape, bisa jadi hal ini dapat mengurangi  ruang gerak ikan hias Anda. Situasi seperti ini bisa membuat ikan stress dan efek buruknya bisa membuat ikan hias Anda mati akibat terlalu banyaknya tanaman yang ada. Bila Anda memang menyukai kerimbunan pada aquascape, maka Anda perlu menyesuaikan antara jumlah tanaman dengan luas Aquascape Anda. Atau peliharalah ikan hias Anda pada akuarium tersendiri, karena pada intinya aquascape didesain untuk membuat landscape taman di air, yang tidak harus diisi oleh ikan hias.

3. Berikan pupuk

Sebulan sekali berilah pupuk khusus untuk tanaman di dalam aquascape Anda, dan jangan lupa untuk memastikan kondisi ikan di dalamnya tetap dalam keadaan baik-baik saja. Selain memastikan pemberian makan secara rutin pada ikan, kadang ada beberapa jenis ikan yang tidak dapat menyesuiakan diri dengan ekosistem baru di aquascape.

Manfaat aquascape, Manfaat aquascape di dalam rumah, perbedaan aquascape dan akuarium
Tanaman air yang terawat dengan baik, akan membuat aquascape Anda nampak indah – diminimalis.com

Yang tak kalah penting juga, Anda jangan sampai lupa untuk membersihkan lumut yang ada di kaca aquascape Anda. Karena fungsi utama dari aquascape bukan semata-mata sebagai tempat hidup ikan Anda, melainkan sebagai sebuah hiasan artistik untuk dinampakkan nilai estetikanya pada setiap orang yang melihat. Maka adanya lumut yang mengotori aquascape, tentu hal tersebut menjadi cela yang dapat mengurangi manfaat aquascape tersebut.

4. Pilih area yang cocok

Jangan meletakkan Aquascape yang terkena oleh sinar matahari secara langsung, karena hal itu dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman di aquascape Anda. Pilihlah tempat yang sejuk untuk aquascape Anda, karena tempat yang sejuk akan baik untuk perkembangan tumbuhan aquascape Anda.

Itulah beberapa cara untuk merawat tanaman aquascape agar tumbuh dengan baik dan indah. Semoga dengan menerapkan cara di atas, aneka tumbuhan yang ada pada aquascape Anda terlihat semakin indah dan menawan. Dengan begitu, siapa saja yang melihatnya akan takjub dan merasakan efek ketenangan di jiwa dari aquascape pada rumah minimalis Anda.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.