Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Merawat Tabulampot di Lahan Sempit Taman Rumah Minimalis

tabulampot yang masih muda prlu diberi media yang berkualitas - diminimalis.com

Merawat tabulampot perlu dilakukan dengan intensif supaya bisa menghasilkan buah yang lebat dan berkualitas. Berbeda dengan tanaman buah pada umumnya yang bisa tumbuh dengan alami, di lahan minimalis, pertumbuhan tanaman buah perlu kita kondisikan supaya bisa terkontrol dengan baik. Di artikel kali ini, kami akan membahas tentang teknis perawatan tabulampot agar pertumbuhannya tidak menyesaki lahan, namun tetap mampu berbuah dengan baik.

merawat tabulampot, cara merawat tabulampot, merawat tabulampot jeruk
tabulampot yang masih muda prlu diberi media yang berkualitas – diminimalis.com

Merawat Tabulampot di Lahan Sempit Rumah Minimalis Anda

Ada tiga tahapan yang perlu kita kerjakan dengan benar, yaitu:

a. Penyiraman
Tabulampot yang telah jadi harus di letakkan di tempat terbuka dan terkena cahaya matahari sepenuhnya. Pada musim kemarau penyiraman dilakukan setiap hari, bisa pagi atau sore hari. Pada musim hujan penyiraman hanya dilakukan apabila media tanam terlihat kering saja.

b. Pemangkasan
Setidaknya terdapat tiga tujuan pemangkasan tabulampot yaitu pemangkasan bentuk, pemangkasan produksi dan pemangkasan peremajaan.

Pemangkasan bentuk. Dilakukan untuk membentuk tajuk baru dan mengatur postur tanaman agar sinar matahari bisa menembus semua bagian tanaman. Selain dua fungsi itu, pemangkasan bentuk juga terkait dengan estetika.

Salah satu teori umum dalam memangkas bentuk tabulampot adalah 1-3-9. Artinya, dalam setiap 1 batang primer terdapat maksimum 3 batang sekunder dan dalam 1 batang sekunder, maksimum terdapat 3 batang tersier. Batang yang dipilih untuk dibiarkan tumbuh adalah yang sehat dan kuat, sekaligus juga memiliki unsur estetika pada tanaman.

Pemangkasan produksi. Pemangkasan ini berkaitan dengan fungsi produksi tanaman. Pemangkasan dilakukan terhadap tunas air untuk merangsang pembungaan. Selain itu, pemangkasan dilakukan terhadap batang yang terlihat berpenyakit.

Pemangkasan peremajaan. Dilakukan terhadap tanaman yang telah tua. Pada tabulampot yang sudah tua biasanya dilakukan penggantian media tanam dan pot. Pada fase ini, beberapa cabang perlu dipangkas. Bahkan pada kasus-kasus tertentu hanya menyisakan batang primer saja.

Tabulampot Taman Minimalis, taman depan rumah, tanaman buah dalam pot, tanaman buah di dalam pot
tabulampot anggur berbuah lebat karena rajin dipangkas – diminimalis.com

c. Pemupukan
Media tabulampot memiliki cadangan nutrisi yang terbatas. Oleh karena itu pemupukan menjadi hal yang sangat vital. Pemupukan pertama dilakukan satu bulan setelah tanam. Selanjutnya dilakukan setiap 3-4 bulan sekali.

Pupuk yang digunakan sebaiknya pupuk organik. Jenisnya bisa kompos, pupuk kandang atau pupuk organik cair. Meskipun kandungan haranya tidak seakurat pupuk kimia, pupuk organik memiliki unsur hara yang lebih lengkap. Selain itu penambahan bahan-bahan organik akan merangsang aktivitas biologis dalam media tanam.

Demikian ulasan kami tentang cara merawat tabulampot di taman rumah minimalis, Anda juga bisa membaca artikel terkait kami tentang jenis buah yang cocok untuk dijadikan tabulampot di rumah minimalis Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Melebatkan buah tabulampot di taman rumah minimalis Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.