oleh

Hal yang Harus Dipahami untuk Merawat Rumah 2 Lantai

Merawat rumah 2 lantai tentunya lebih merepotkan dan memerlukan waktu yang lebih lama, dibandingkan merawat rumah 1 lantai. Tentunya hal ini wajar, karena di rumah 2 lantai, memiliki lebih banyak ruang, yang harus dibersihkan. Nah, bagi Anda yang memahami cara merawat rumah 2 lantai minimalis, berikut ini telah kami rangkum beberapa tips yang sebaiknya Anda terapkan. Agar proses perawatan bisa maksimal dan efektif.

Merawat Rumah 2 Lantai, tangga unik, tangga minimalis, Tangga unik rumah minimalis
Diperlukan perawatan ekstra untuk rumah minimalis 2 lantai – diminimalis.com

Tips Merawat Rumah 2 Lantai

1. Saluran Air Atap

kekurangan baja ringan, kelemahan baja ringan dibanding kayu, kelemahan dan kelebihan baja ringan, keunggulan baja ringan
talang air hujan merupakan elemen penting untuk rumah minimalis – diminimalis.com

Saluran air atap adalah hal pertama yang perlu Anda perhatikan, saat melakukan perawatan rumah Anda. Pada umumnya, rumah 2 lantai dengan gaya minimalis memiliki atap bertipe datar bukan segitiga seperti atap rumah pada umumnya.

Rumah gaya minimalis juga tidak menggunakan genteng, namun, cor-coran semen pada bagian atas, ditambah lubang saluran air untuk mengalirkan air hujan di atap menuju ke bawah. Jadi, tentunya pembersihan saluran air pada atap ini sangat penting, supaya saat hujan tiba, air bisa mengalir ke bawah dengan bebas tanpa tersumbat.

Untuk melakukan pembersihan ini, bisa dengan menggunakan alat pembersih pipa atau Anda juga dapat menyemprotnya dengan air bertekanan tinggi. Dengan demikian, kotoran didalamnya akan terbawa keluar pada saluran di bawahnya.

2. Material Tembok

Pada umumnya, tembok rumah  dengan gaya minimalis menggunakan lebih dari satu  jenis material. Seringkali bahan yang sering digunakan adalah tembok batu bata atau semen dengan batu alam dan kayu. Beda material berbeda pula perawatannya. Untuk material kayu, pastikan Anda menggunakan produk yang memang khsus berfungsi melindungi dari cuaca maupun serangga pemakan kayu, seperti rayap dan sejenisnya. Sedangkan untuk tembok yang berasal dari batu alam, sebaiknya Anda bersihkan dengan lap basah untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel.

 3. Kaca

Rumah minimalis juga mempunyai bagian besar yang terbuat dari kaca. Hal ini dikarenakan konsep rumah minimalis sebagian besar adalah ramah lingkungan, sehingga dibutuhkan banyak kaca dan jendela yang besar untuk menghemat pemakaian listrik untuk penerangan ruangab ..

Perawatan kaca dan jendela rumah minimalis sama dengan rumah biasa. Hanya karena berukuran besar, maka waktu yang diperlukan untuk pembersihannya, lumayan lama. Jadi, pastikan membersihkannya secara rutin, supaya debu atau kotoran lain tidak menempel pada kaca.

4. Aksen

Ada banyak aksen pada rumah minimalis, tak terkecuali rumah minimalis 2 lantai. Untuk itu, Anda harus membersihkan celah-celah aksen tersebut, agar debu tidak menumpuk dan warna awet mengkilap. Lakukan perawatan ini secara  berkala untuk mendapatkan hasli maksimal.

5. Langit-langit 

Sebagaimana yang kita tahu, rumah minimalis 2 lantai biasanya memiliki langit-langit yang tinggi. Sehingga seringkali, bagian ini dilewatkan oleh pemilik rumah. Saran kami, bersihkan bidang ini dengan vacuum cleaner, agar lebih efektif dan efisien. Tentunya terlebih dulu Anda harus menggunakan tangga. supaya bisa mencapai bagian atas langit-langit.

6. Kelambu

Gunakan kelambu pada jendela rumah Anda. Kelambu dapat digunakan untuk mengatur banyaknya sinar matahari  dan panas yang masuk ke dalam rumah Anda. Jadi, bila Anda ingin membuat rumah Anda lebih sejuk, Anda dapat mengaturnya. Untuk membersihkan kelambu bisa dilakukan dengan mudah, jika tidak ada waktu cukup mencucinya di loundri, dan kelambu seperti baru lagi.

7. Lantai 

lantai kayu, lantai kayu vinyl, lantai kayu murah, lantai kayu parket, cara pemasangan lantai kayu
Lantai kayu cocok untuk diaplikasikan pada lantai 2 rumah minimalis Anda – diminimalis.com

Bila rumah 2 lantai gaya minimalis Anda menggunakan lantai kayu, Anda dapat menggunakan lap basah untuk membersihkan lantai kayu Anda. Tidak perlu menggunakan cairan pembersih karena hal tersebut dapat merusak lantai kayu Anda. Jika menggunakan lantai keramik, bisa Anda bersihkan denan cairan pembersih yang banyak dijual dipasaran

Menata Rumah Minimalis

Selain dibersihkan, rumah kesayangan Anda tentunya perlu ditata rapi agar enak dipAndang. Berikut adalah tips menata rumah minimalis.

1. Memanfaatkan Ruang

Bila Anda cermat, ruang-ruang kosong bisa bermanfaat. Anda bisa menjadikan ruang-ruang tersebut sebagai tempat meletakkan barang. Serta jangan lupa, jadikan bawah tangga sebagai tempat untuk menempatkan perabotan/perkakas atau sebagai storage.

2. Faktor Pencahayaan

Anda perlu memperhatikan pencahayaan dalam ruangan. Sinar cahaya lampu yang bisa diaplikasikan adalah lampu yang berwarna kuning dan putih. Cahaya lampu berwarna kuning memberi kesan lebih hangat, alami, dan romantis. Sementara cahaya lampu berwarna putih memberi kesan formal, luas, dan bersahabat. Anda perlu menyesuaikan jarak penempatan lampu di tiap ruangan.

3. Jendela 

Pasanglah jendela dengan posisi yang tepat agar mampu menyerap panas dari sinar matahari. Idealnya, gunakan ukuran jendela yang tidak besar dan kaca tidak bermotif. Tak hanya itu, penggunaan kaca juga bisa memberi kehangatan dan membantu sirkulasi udara dalam rumah menjadi lebih optimal.

4. Cat Dinding

Jika Anda memilih warna gelap, kesan yang akan ditampilkan adalah ruangan rumah menjadi tampak sempit dan lesu. Maka saran kami, pilihlah warna terang untuk cat dinding Anda. Pilihlah wallpaper yang bermotif ringan dan berwarna lembut kalau Anda suka memakai wallpaper, misalnya motif garis tipis atau kotak tipis.

5. Pemilihan Furnitur

Sebaiknya pilih furnitur dengan desain yang  sederhana. Pilih juga furnitur yang berwarna lembut. Hal ini bertujuan agar menghasilkan efek luas dan ringan. Masukkan unsur-unsur alam seperti tanaman dalam pot atau bunga di dalam rumah.

6. Pakailah Cermin   

Penempatan cermin di dalam ruangan berguna untuk menyiasati ruang yang sempit. Jadi idealnya, pasanglah cermin yang tidak terlalu besar di sudut rumah tertentu. Cermin tidak usah terlalu banyak, pilihlah tempat di ruangan yang memberi kesan luas, misal di area ruang tamu atau ruang keluarga.

Nah, itulah diatas beberapa tips merawat rumah 2 lantai minimalis, serta tips terkait lainnya. Semoga menginspirasi.(ar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed