Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Merawat Perabot Kayu Agar Awet dan Tidak Mudah Lapuk

perabot kayu harus dirawat secara rutin agar tidak lapuk - diminimalis.com

Merawat perabot kayu merupakan aktifitas yang harus dilakukan secara rutin. Sama halnya juga dengan merawat lantai kayu atau parket. Lantai kayu yang tidak terawat akan menjadikannya mudah rusak. Di musim panas, kayu bisa mudah lapuk, dan di musim hujan, kayu bisa mudah berjamur karena udara terlalu lembab.
Berbeda dengan furniture sintetis, kayu merupakan bahan alam yang bisa berubah karena kondisi lingkungan sekitarnya. Terkena sinar matahari berlebih dapat membuat furniture kayu menjadi kusam, selain itu juga dapat membuat kayu menjadi melengkung dan retak.

Kita yang hanya mengenal dua musim sepanjang tahun, harus paham dengan efek iklim terhadap furniture kayu yang kita miliki. Musim panas dengan udara yang kering, bisa membuat furniture kayu menjadi lapuk dan pecah. Sedangkan di musim hujan, kayu mudah menjadi lembab dan mengalami oksidasi. Kondisi ini akan membuat kayu mudah digerogoti rayap.


merawat perabot kayu, cara merawat perabot kayu, tips merawat perabot kayu merawat perabot kayu jati, cairan pembersih kayu merawat perabot kayu, cara merawat perabot kayu, tips merawat perabot kayu merawat perabot kayu jati, cairan pembersih kayu
perabot kayu harus dirawat secara rutin agar tidak lapuk – diminimalis.com

Merawat perabot kayu supaya awet dan tahan lama.

Ada beberapa cara efekti untuk merawat furniture kayu supaya bisa awet tahan lama. Anda bisa mempraktekkannya pada furniture kayu Anda dirumah.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Jenis Sajian Teh yang Cocok Diminum saat Santai Bersama Keluarga

1. Perhatikan penempatan furniture. Anda dengan keadaan disekitarnya. Anda harus paham, furniture mana saja yang layak ditempatkan di dalam maupun di luar ruangan. Ada furniture yang tahan terhadap kelembaban di dalam ruangan, ada juga furniture yang tetap kokoh meski diletakkan di luar ruangan, meski kerap diterpa panas dan hujan.

2. Hilangkan debu dan kotoran yang menempel pada furniture kayu menggunakan vacuum cleaner mini. Debu dan kotoran yang menempel akan membuat furniture kayu jati menjadi terlihat kusam dan lapuk. Pilih cairan khusus pembersih kayu yang memiliki kualitas baik, dan jangan lupa untuk membaca petunjuk pemakaiannya.

kayu sisa gergajian
rak buku dari ranting kayu yang terawat dengan baik – diminimalis.com

3. Khusus untuk furniture kayu yang tidak dilapisi vernis, usahakan untuk menghindarkannya dari air. Tanpa lapisan vernis, furniture kayu dapat dengan mudah menyerap cairan yang mengenainya. Hal ini akan membuat furniture kayu Anda menjadi cepat keropos dan rusak. Jika furniture kayu terkena tumpahan air atau minuman, usahakan segera mengeringkannya dengan lap berdaya resap tinggi untuk mencegah cairan meresap ke dalamnya.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Mudahnya Makeover Ruangan dengan 5 Cara Sederhana Berikut

4 Ketika furniture kayu terkena noda atau kotoran yang lengket, usahakan agar dibersihkan dengan segera. Gunakan lap lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat untuk menyeka kotoran dan noda lengket tadi. Setelah itu gunakan lap baru yang kering dan berbahan lembut untuk menggosok kotoran yang melekat, hingga noda benar-benar hilang.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang merawat perabot kayu. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara merawat pagar kayu agar tetap awet dan tahan lama di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Merawat pagar kayu agar tetap awet dan tahan lama

Leave A Reply

Your email address will not be published.