Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Merawat Pagar Kayu Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

pagar kayu yang terawat dengan baik - diminimalis.com

Anda yang memiliki pagar kayu di rumah, sudahkah Anda mengetahui cara merawat pagar kayu agar tahan lama dan tetap cantik?. Jika belum, Anda sebaiknya mulai memikirkannya dari sekarang. Pagar kayu merupakan salah satu furnitur eksterior rumah yang berfungsi menambah nilai estetika rumah. Rumah dengan pagar kayu akan membuat tampilannya menjadi lebih natural dan berkelas. Maka tak heran pemanfaatan kayu sebagai pagar semakin diminati.

Material kayu banyak dipiliih orang karena memiliki beberapa kelebihan, diantaranya harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan pagar berbahan besi atau dinding. Disamping itu, proses pembuatan pagar kayu lebih sehingga biaya yang dikeluarkan menjadi lebih hemat. Keuntungan lain dari pagar kayu adalah memunculkan kesan yang lebih lunak. Berbeda dengan pagar dari tembok yang tampilannya kaku apalagi jika dibuat dengan ukuran yang lebih tinggi.

Merawat pagar kayu, tips Merawat pagar kayu, jenis-jenis pagar rumah
pagar kayu yang terawat dengan baik – diminimalis.com

Merawat pagar kayu rumah minimalis

Pagar kayu memang memberikan tampilan eksterior menjadi lebih cantik dengan sentuhan vintage yang klasik. Anda perlu melakukan perawatan secara berkala agar pagar kayu tampak selalu indah. Kayu yang digunakan untuk membuat pagar bermacam-macam mulai dari jati hingga kempas. Pastinya pagar kayu memiliki cara perawatan yang berbeda dari pagar besi. Kayu lebih mudah keropos karena dimakan rayap dan rentan terhadap jamur. Kami mewakili penulis akan memberikan beberapa informasi mengenai cara merawat pagar kayu agar awet.

1. Gunakan bahan anti rayap
Seperti yang telah kita ketahui bahwa pagar kayu rentan terhadap rayap. Oleh karena itu, Anda harus memiliki proteksi yang tepat untuk pagar kayu Anda agar tidak cepat keropos. Anda bisa bahan anti rayap sebelum melakukan proses finishing. Untuk perawatan lebih lanjut, gunakan semprot anti rayap pada pagar kayu setiap 6 bulan sekali.

pagar kayu, pagar kayu minimalis, pagar rumah kayu sederhana
pagar rumah kayu yang kokoh terlindungi,karena diberi cairan anti jamu dan rayap- diminimalis.com

2. Gunakan cairan anti jamur
Sama halnya dengan rayap, jamur merupakan ‘musuh’ bagi pagar kayu rumah. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan minyak jati atau teak oil untuk mencegah jamur. Jika pagar kayu sudah ditumbuhi jamur, maka Anda perlu menggunakan cairan anti jamur. Caranya bersihkan bagian kayu yang berjamur dengan ampelas. Lalu, olesi cairan anti jamur dan tunggu sampai kering. Setelah kering cat menggunakan high gloss atau super gloss secara merata.

3. Cat ulang pagar kayu yang sudah mulai kusam
Pagar kayu juga rentan terhadap warnanya yang mudah kusam dan memudar. Oleh karena itu, Anda perlu mengecatnya kembali. Permukaan kayu diamplas terlebih dahulu hingga halus sehingga akan memudahkan dalam proses pengecatan. Gunakan cat yang mengandung bahan anti rayap dan anti jamur. Khusus cat solid, Anda perlu memberi dempul pada permukaan kayu yang retak sebelum mengecat.

Pilih cat kayu khusus

Cat khusus yang dimaksud adalah yang tahan terhadap segala cuaca. Anda dapat menggunakan cat politur khusus eksterior untuk melindungi pagar dari sinar UV yang dapat membuat warna pagar kayu menjadi pudar dan tidak tahan lama.

4. Gunakan cat water base

Cat water based umumnya menggunakan pengencer air yang sifatnya fleksibel terhadap perubahan suhu, sehingga pagar kayu dapat terlindungi dari pemuaian dan penyusutan serta tidak mudah retak

5. Gunakan pelapis atau obat untuk pagar kayu

Saat ini sudah banyak pelapis atau obat untuk melindungi kayu yang dijual di pasaran. Pelapis tersebut melindungi kayu dari sinar matahari serta mencegah jamur yang hinggap pada permukaan kayu akibat suhu yang lembab

6. Gunakan lapisan anti rayap sebelum memoles cat

Anda perlu menambahkan lapisan anti rayap agar pagar kayu Anda awet dan tidak keropos dimakan oleh kawanan rayap. Untuk perawatannya, Anda dapat menyemprotkan cairan pengusir rayap secara berkala setiap 6 bulan sekali.

Demikian ulasan kami tentang cara merawat pagar kayu pada rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang jenis-jenis pagar rumah minimalis modern dan elegan di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls.)

Jenis-jenis pagar rumah minimalis modern dan elegan

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.