Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Merawat Kusen Agar Tetap Kokoh Menopang Pintu dan Jendala Rumah Anda

Kusen kayu perlu dirawat agar terhindar dari rayap - diminimalis.com

Merawat kusen merupakan hal yang penting untuk dilakukan, karena kusen memiliki peranan vital untuk menopang pintu dan jendela rumah minimalis kita. Jangan sampai pintu atau jendela rumah kita roboh sekatu-waktu dikarenakan kita terlalu malas merawat dan menganggap remeh urusan ini. Untuk membuat kusen menjadi awet, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk merawatnya, dan kali ini diminimalis akan mengulasnya untuk Anda.

Sebagai bahan konstruksi, umumnya kusen yang digunakan adalah kusen kayu dan aluminium, yang keduanya memiliki kelebihan dan kekuarangan masing-masing, yaitu :


Kelebihan kusen aluminium

1. Kusen bahan aluminium tidak mudah lapuk, karena tidak akan dimakan rayap. Bahan aluminium lebih tahan lama, karena tidak menyusut serta mengalami perubahan bentuk akibat perubahan cuaca.
2. Tampilan kusen aluminium dapat dicat atau dilapis dengan motif kayu sehingga menyerupai kayu asli. Selain itu warna kusen bahan aluminium dapat disesuaikan dengan warna ruangan.
4. Proses pemasangan kusen dengan bahan aluminium lebih cepat dibandingkan dengan kusen berbahan kayu.
5. Kusen bahan aluminium memiliki bobot yang ringan dan kuat sehingga mudah dipindahkan.

Kekurangan Kusen Aluminium

1. Pemasangan dengan harus menggunakan sistem fischer. Cara pemasangan ini mengandalkan kekuatan sekrup yang dipasangkan melekat pada dinding dan harus dipasang dengan presisi agar tidak terjadi kesalahan. Karena bahan aluminium tidak setebal kayu, maka sekrup harus ditanam cukup dalam.
2. Jika terjadi kesalahan dalam pemasangannya, maka dapat berakibat fatal. Alangkah baiknya, bagi Anda yang belum ahli memasang kusen aluminium, sebaiknya menyewa jasa yang profesional dan berpengalaman.

Kelebihan Kusen Bahan Kayu

Meski membutuhkan biayas mahal, kusen berbahan kayu juga memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan kusen bahan aluminium, diantaranya yaitu.

1. Kusen berbahan kayu tampilannya terlihat lebih natural.
2. Kayu dapat menahan panas atau dingin dari luar ruangan

Kekurangan Kusen Bahan Kayu

1. Saat ini sulit mendapatkan kayu dengan kualitas yang baik. Kalaupun ada, harganya cukup mahal.
2. Kusen berbahan kayu tidak anti keropos, karena bisa dimakan rayap.
3. Kusen kayu bisa menyusut dan menyerap air sehingga menyebabkan volume kayu berubah. Akibatnya pintu atau jendela sulit dibuka karena salah satu sudutnya memuai.

merawat kusen, merawat kusen kayu, agar kusen kayu awet
Kusen kayu perlu dirawat agar terhindar dari rayap – diminimalis.com

Merawat kusen supaya awet dan tahan lama

Untuk menjaga agar kusen di rumah minimalis Anda tetap awet dan tahan lama, Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini.

Bersihkan dengan air hangat

Langkah ini cukup mudah dan Anda bisa lakukan i setiap 1-2 hari sekali. Agar setelah dibersihkan kusen tidak lembab, maka alangkah baiknya Anda membersihkan dengan kanebo untuk memaksimalkan penyerapan sisa air yang masih menempel di kusen Anda.

Gunakan cairan anti rayap untuk merawat kusen kayu Anda

Musuh utama kusen kayu adalah rayap. Serangga kecil ini selalu menggerogiti kayu dengan cepat hingga strukturnya menjadi keropos. Untuk mencegah hal ini terjadi, cobalah langkah-langkah dari kami berikut:

• Siapkan cairan anti-rayap atau kapur gamping tembok dan kuas.
• Selanjutnya, oleskan cairan anti-rayap atau kapur gamping tersebut ke seluruh permukaan kusen.
• Setelah lapisan cairan anti-rayap tersebut mengering, anda bisa memberikan finishing kembali dengan cat kayu sesuai warna yang dikehendaki.

merawat kusen, merawat kusen kayu, agar kusen kayu awet
beri cairan anti rayap dan cat ulang kusen kayu Anda supaya awet – diminimalis.com

Lanjutkan dengan mengecat ulang kusen rumah Anda

Untuk tahapan yang ketiga Anda bisa cat ulang agar kusen yang lama Anda bisa cerah kembali. Hal ini juga ditujukan untuk mencegah air atau rayap memasuki pori-pori kusen kayu Anda. Di tahap pengecatan ini, Anda sebaiknya mengecat dengan cat dinding dan cat kayu agar hasilnya maksimal.

Alangkah baiknya warna cat dinding dan cat kayu dipilih dengan warna yang sama. Aplikasikan cat dinding ke seluruh permukaan kusen menggunakan kuas. Tunggu hingga kering, kurang lebih 1 – 3 jam. Berikutnya terapkan cat kayu di atas lapisan cat dinding tadi. Lakukan dengan teliti agar hasil lapisan catnya tampak rapi dan rata.

Demikian ulasan kami tentang cara merawat kusen supaya awet dan tahan lama untuk rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang kelebihan kusen aluminium dan kekurangannya dibanding kusen kayu di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls.)

Kelebihan kusen aluminium dan kekurangannya dibanding kusen kayu

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.