oleh

Beginilah Cara Merawat Kolam Renang Saat Musim Hujan

Salah satu item rumah minimalis yang akan menambah kesan mewah adalah kehadiran kolam renang di halaman belakang rumah. Kolam renang sering kali ditempatkan pada area outdoor, sehingga membutuhkan perawatan yang cukup intens pada saat musim hujan. Bagi Anda yang memiliki kolam renang kecil di belakang rumah, berikut ini merupakan tips merawat kolam renang saat musim hujan.

Merawat Kolam Renang Saat Musim Hujan cara treatment kolam renang, fungsi soda ash pada kolam renang, cara menjernihkan air kolam renang yang keruh, air kolam renang berwarna hijaucara perawatan kolam renang pribadi, takaran kaporit untuk kolam renang, air kolam renang berwarna putih, cara menjernihkan air kolam renang yang hijau
Air hujan dapat membuat kolam renang Anda berlumut – Diminimalis.com

Merawat Kolam Renang Saat Musim Hujan

Di bawah ini ada beberap tips merawat kolam saat musim hujan yang bisa Anda pelajari, diantaranya yaitu.

1. Awasi Lumut dan Bakteri

Merawat Kolam Renang Saat Musim Hujan cara treatment kolam renang, fungsi soda ash pada kolam renang, cara menjernihkan air kolam renang yang keruh, air kolam renang berwarna hijaucara perawatan kolam renang pribadi, takaran kaporit untuk kolam renang, air kolam renang berwarna putih, cara menjernihkan air kolam renang yang hijau
Anda perlu mengawasi lumut yang kerap muncul saat musim hujan – Diminimalis.com

Keberadaan lumut pada kolam renang menandakan bahwa kolam tersebut tidak terawat. Lumut juga sangat mengganggu pemandangan kolam karena tampak kotor dan memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan kulit Anda.

Salah satu cara treatment kolam renang adalah dengan mencegah pertumbuhan lumut hijau. Caranya dengan menjaga agar tingkat PH air kolam tidak terlalu tinggi. PH kolam renang harus tetap terjaga dan cenderung stabil untuk menghindari pertumbuhan lumut secara berlebih pada area kolam renang.

PH kolam renang yang tidak stabil biasanya diakibatkan oleh banyaknya jumlah kuman dan bakteri yang berkembangbiak pada air kolam. Anda bisa menjaga kestabilan PH air kolam renang Anda menggunakan bahan kimia khusus yang diperuntukkan untuk menjaga kebersihan kolam renang. Pastikan Anda membaca keterangan pada kemasan agar tidak salah menuangkan dosis pada kolam Anda.

2. Waspadai Volume Air

Saat musim hujan tiba, maka volume air Anda akan bertambah karena bercampur dengan air hujan. Percampuran tersebut ini bisa membuat warna kolam renang berubah. Selain itu, kotoran yang terbawa oleh air hujan pun bisa mengendap di dalam kolam renang Anda.

Saat musim hujan datang, kuras semua air di dalam kolam renang dan biarkan terisi dengan air hujan. Saat kondisi seperti ini, disarankan untuk tidak menggunakan kolam renang hingga musim penghujan usai.

3. Bersihkan Secara Berkala

Pembersihan kolam renang secara berkala tentu lebih baik dari pada menunggu untuk membersihkan kolam renang pada saat kolam sudah benar-benar kotor. Menunggu hingga kolam renang kotor hanya akan mengakibatkan kerak yang dihasilkan dari endapan di dasar kolam.

Apalagi biasanya kondisi ini dibarengi dengan lumut yang sudah menutupi pinggiran kolam renang. Dengan melakukan pembersihan secara berkala, kolam renang tetap bersih dan terbebas dari lumut yang bisa menjadi sarang bakteri.

4. Buang Kotoran yang Mengambang

Pada saat musim hujan, angin yang berhembus cukup kencang, dapat menerbangkan dedaunan kering ke arah kolam renang. Alhasil kolam pun menjadi sangat kotor dengan daun-daun yang mengapung di permukaan air kolam renang.

Pastikan Anda langsung membersihkannya saat hujan sudah reda dengan menggunakan tongkat khusus. Membiarkan dedaunan dan kotoran lain mengambang, bisa mempercepat pembusukan daun. Jika dibiarkan, remah-remah tersebut akan membuat kolam menjadi kotor.

5. Keringkan Kolam Renang Saat Musim Hujan Selesai

Saat musim hujan telah selesai, segera ganti air di kolam renang dengan debit air baru. Disarankan pula untuk membiarkan dinding kolam renang kering saat pembersihan. Setelah dikuras habis, biarkan kolam tetap kosong selama dua atau tiga hari.

Sinar matahari bisa membantu pembunuhan bakteri yang menempel pada dinding kolam renang. Dalam keadaan kering, Anda pun bisa menginspeksi dinding dan dasar kolam renang untuk melihat apakah ada kerusakan atau tidak. Kesempatan ini pun bisa digunakan untuk memperbaiki kolam renang jika ada bagian yang rusak.

6. Sistem Filtrasi

Bagi Anda yang baru saja memiliki ide membuat kolam renang kecil, pastikan Anda memiliki perencanaan yang matang sebelum membangun kolam renang. Salah satunya adalah menambahkan sistem filtrasi yang tepat pada kolam renang.

Sistem penyaringan dapat membantu agar air kolam Anda tetap bersih dan sehat, sehingga sirkulasi air bisa berlangsung secara otomatis. Sistem filtrasi juga akan mengurangi waktu Anda untuk merawat kolam renang secara rutin.

7. Gunakan Soda Ash

manfaat soda ash, manfaat soda ash untuk kolam renang, fungsi soda ash pada air
Soda ash sebagai salah satu obat air kolam renang – diminimalis.com

Ada banyak manfaat soda ash untuk air kolam renang Anda. Mencampurkan soda ash pada air kolam renang Anda pun dapat membuat kolam renang tetap bersih. Soda ash berfungsi untuk menghilangkan bau anyir yang terkadang muncul apa bila air kolam tercampur dengan air hujan. Perhatikan komposisi soda ash agar tidak berlebihan dan justru membuat air kolam menjadi keruh.

8. Kaporit Tablet

Alternatif lain bisa dilakukan dengan memberikan kaporit tablet 90% sebanyak 2 keping. Kaporit berfungsi untuk mencegah penurunan kadar chlorine pada air kolam renang yang diakibatkan oleh penambahan air hujan.

Itulah beberapa tips merawat kolam renang saat musim hujan yang perlu Anda lakukan agar kolam renang Anda selalu bersih dan aman untuk digunakan.

Kolam renang yang merupakan salah satu pelengkap fasilitas hunian bergaya minimalis yang bisa menjadi salah satu ikon penting rumah Anda. Selain itu, kolam renang juga bisa menjadi area favorit saat mengadakan pesta outdoor bersama keluarga, kumpul di sore hari, atau berenang bersama-sama di hari minggu.

Kolam renang yang tidak terawat tidak hanya berdampak pada sisi keindahan hunian Anda saja, namun juga berdampak pada kesehatan bagi keluarga. Jika kolam renang kotor dan tidak terawat, maka ada banyak masalah kesehatan yang bisa mengancam keluarga Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap merawat  kolam renang saat musim hujan secara rutin.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed