Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Merawat Kaca Jendela Rumah Minimalis beserta Tahapannya

Kaca jendela rumah perlu dibersihkan secara rutin agar tetap indah dan terawat - diminimalis.com

Hal sederhana yang sebaiknya jangan sampai terlewat bagi pemilik hunian minimalis, yaitu rutinitas untuk merawat kaca jendela rumah. Pada terapan modern, jendela rumah selalu banyak mengeksplorasi keindahan ornamen kaca. Seringkali kaca jendela tersebut menjadi kotor dan berdebu karena terkena polusi dan debu yang berterbangan.

Tidak hanya pada jendela rumah, bangunan atau ruko modern kini lebih banyak menggunakan kaca pada bagian bangunan. Selain terlihat elegan, penggunaan kaca juga mempermudah untuk membersihkannya jika dibandingkan dengan material lainnya. Namun, tidak setiap orang bisa merawat dan membersihkan kaca tersebut.Terkadang permukaan kaca terdapat noda yang susah dibersihkan. Maka perlu penanganan khusus untuk merawat dan membersihkannya. 


merawat kaca jendela rumah, merawat kaca jendela rumah  agar kinclong, cara membersihkan kaca jendela rumah
Kaca jendela rumah perlu dibersihkan secara rutin agar tetap indah dan terawat – diminimalis.com

Merawat Kaca Jendela Rumah dengan simpel dan Mudah

Merawat dan membersihkan kaca akan lebih mudah apabila Anda menggunakan bantuan alat dan cairan pembersih kaca yang berkualitas. Untuk mendapatkan tampilan kaca jendela yang bersih dan mengkilap,  ada beberapa langkah yang bisa Anda terapkan, diantaranya yaitu :  

• Menyediakan Alat Pembersih

 Kegiatan merawat dan membersihkan kaca merupakan pekerjaan yang membosankan dan kebanyakan orang malas untuk mengerjakannya. Sebenarnya membersihkan kaca merupakan pekerjaan yang ringan apabila dikerjakan dengan benar dan menggunakan bantuan alat-alat untuk membersihkan kaca seperti semprotan pembersih kaca yang banyak dijual di mini market atau toko kelontong terdekat, ember berisi air, spons atau lap basah yang berguna untuk membersihkan noda membandel, dan pisau karet yang digunakan untuk membersihkan kotoran pada kaca yang bersifat keras. 

• Bersihkan Bagian Dalam Rumah terlebih Dahulu

Membersihkan kaca pada bagian dalam rumah sangat dianjurkan. Hal ini dikarenakan pada umumnya kotoran yaang menempel pada kaca bagian dalam rumah lebih sedikit jika dibandingkan kaca bagian luar rumah. Kaca bagian luar rumah lebih kotor karena lebih banyak mendapatkan debu dan polusi. 

• Ikuti  Petunjuk Penggunaan

Proses pembersihan kaca akan lebih maksimal apabila Anda mengikuti prosedur yang ada dalam petunjuk cairan pembersih. Apabila Anda membersihkan kaca menggunakan deterjen, maka pilihlah deterjen yang zozok untuk kaca. Penggunaan deterjen yang sembarangan akan menimbulkan bekas yang keruh pada permukaan kaca. 

• Mulai Dari Sisi yang Sulit Dijangkau 

Jendela rumah minimalis
kaca jendela rumah yang bersih dan terawat – diminimalis.com

Dengan membersihkan kaca pada bagian tersulit, seperti pada sudut yang tinggi maka kotoran akan turun ke bawah dan akan dibersihkan kemudian. Jika dimulai dari bawah sedangkan bagian atas kaca belum dibersihkan, maka kaca yang ada pada bagian bawah akan terkena kotoran dariatas. Maka untuk menghindari kerja dua kali, sebaiknya Anda memulai kegiatan membersihkan kaca dari bagian atas atau bagian yang sulit dijangkau.

Untuk bagian atas apabila Anda tidak sampai untuk meraihnya, maka gunakanlah kursi atau tangga yang cukup kuat untuk menopang tubuh Anda.

 • Pilih Kain yang lembut

Agar tidak terjadi goresan pada permukaan kaca, maka gunakanlah kain yang lembut. Jika kaca terlalu kotor, maka sebaiknya Anda terlebih dahulu membersihkannya dengan air sabun. Hal ini juga menghindari terjadinya goresan pada permukaan kaca dengan alat pembersih yang banyak terdapat kotoran.

• Lakukan Perawatan Secara Berkala

 Atur jadwal untuk membersihkan kaca secara rutin. Hal ini bertujuan agar tidak menumpuk dan terlihat sangat kotor.Demikian beberapa cara untuk merawat dan membersihkan kaca pada rumah atau ruko. Bila Anda ingin membersihkan kaca gedung atau bangunan yang tinggi sebaiknya memanggil jasa pembersih kaca profesional. Hal ini untuk menghindari resiko kecelakaan yang kemungkinan terjadi jika Anda bersihkan sendiri. Karena membersihkan kaca pada bagian luar gedung tinggi membutuhkan peralatan keamanan yang memadai.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.