oleh

Tips Merawat Furniture Kayu Jati Jepara Agar Tetap Cantik

Kota Jepara dikenal dengan furniture ukiran kayu jatinya. Bagi para penggemar furniture kayu jati, kualitas menjadi hal utama yang harus diperhatikan sebelum membeli. Meskipun harganya cukup tinggi, furniture kayu jati asal Jepara ini berkualitas baik dan cukup awet jika dirawat dengan tips merawat furniture kayu jati Jepara yang tepat.

Kayunya yang kokoh dengan ukirannya yang antik, memberikan kesan tersendiri bagi penggemarnya. Walaupun terkesan tradisional karena terbuat dari kayu, mebel jati minimalis juga bisa dipadukan dengan tema rumah minimalis untuk memberikan kesan yang lebih unik.

merawat furniture kayu jati, cairan untuk mengkilapkan kayu jati, cairan pembersih kayu jati, cairan pembersih furniture kayu, cara mengkilapkan perabot kayu, cara mengkilapkan kursi kayu, minyak kayu jati, bahan alami pengkilap kayu, cara membersihkan furniture kayu,
Agar tetap terjaga kualitasnya, furniture kayu jati perlu dirawat dengan baik – Diminimalis.com

Meski kayu jati dikenal kuat dan kokoh, Anda tetap harus memahami tips merawat furniture kayu jati Jepara yang benar, agar furniture tersebut tetap awet selama bertahun-tahun. Kelebihan lain furniture kayu jati jepara ini adalah harga jual kembalinya yang cukup tinggi. Tak beda dengan barang otomotif, furniture jati Jepara asli meskipun bekas, tetap dapat dijual dengan harga terbaik, asal kualitasnya terjaga.

Tips Merawat Furniture Kayu Jati Jepara dengan Benar

Kualitas kayu yang baik saja tidak menjamin furniture kayu jati Jepara dapat awet, tahan lama dan tetap cantik penampilannya. Memelihara perabot dari kayu jati memerlukan ilmu yang tepat. Perawatan yang dilakukan rutin namun dengan teknik yang salah justru dapat merusak kayu jati Anda. Bagi Anda yang juga memiliki furniture kayu jati Jepara, ada beberapa tips merawat kayu jati Jepara agar furniture kayu Anda tetap cantik yang perlu Anda pahami, diantaranya yaitu :

– Perhatikan tempat Anda meletakkan furniture kayu jati Jepara

Menempatkan perabot dari kayu jati tidak bisa sembarangan. Lokasi yang salah bisa membuat kualitas kayu menurun dari waktu ke waktu. Usahakan untuk meletakkan perabot kayu jati di tempat yang bersih, kering dengan suhu ruang. Kayu yang diletakkan di tempat lembab akan lebih mudah mengalami pelapukan.

Lapuknya kayu di udara lembab bisa disebabkan karena jamur yang lebih mudah berkembang. Berkembangnya jamur di kayu selain membaut kayu cepat lapuk juga mempengaruhi penampilan luar furniture kayu Anda. Selain itu, suasana lembab juga sangat disenangi oleh rayap untuk membuat sarang. Kayu yang diserang rayap kelamaan akan keropos dan rusak.

Perabot kayu jati juga perlu dilindungi dari sinar matahari secara langsung. Jika Anda meletakkan furniture kayu jati ini di teras rumah, maka pilih posisi yang paling tidak terpapar sinar matahari secara langsung agar kayu tidak kusam. Paparan sinar matahari dan suhu tinggi dapat membuat warna kayu jati menjadi kusam, muncul retakan hingga kayu menjadi melengkung dan berubah bentuk.

– Segera bersihkan kotoran yang menempel pada permukaan furniture kayu jati

Agar keindahan kayu tetap terjaga, penting untuk memperhatikan faktor kebersihan permukaan kayu. Seringlah mengusap debu yang menempel menggunakan kain bersih dan lembab. Anda bisa menggunakan air atau cairan pembersih khusus untuk mengelap kayu. Setelah dibersihkan jangan lupa untuk mengeringkan permukaan kayu, bisa dengan cara di lap menggunakan kain bersih yang kering atau dibiarkan kering dengan sendirinya.

Selain membersihkan dari debu, Anda juga perlu langsung membersihkan permukaan kayu dari noda apapun yang menempel. Anda yang memiliki meja dari kayu jati mungkin pernah menumpahkan cairan atau makanan di atas meja. Jika terjadi hal tersebut, maka segera lap dan bersihkan permukaan meja menggunakan air bersih. Jika kotoran dibiarkan terlalu lama, maka akibatnya akan berbekas dan sulit hilang meski sudah dibersihkan.

– Gunakan bahan pembersih yang tepat untuk kayu jati.

merawat furniture kayu jati, cairan untuk mengkilapkan kayu jati, cairan pembersih kayu jati, cairan pembersih furniture kayu, cara mengkilapkan perabot kayu, cara mengkilapkan kursi kayu, minyak kayu jati, bahan alami pengkilap kayu, cara membersihkan furniture kayu,
Gunakan bahan pembersih yang tepat untuk furniture kayu jati Anda – Diminimalis.com

Membersihkan debu atau kotoran ringan yang menempel pada permukaan kayu bisa dilakukan cukup dengan air bersih. Pada kasus kotoran lain yang lebih membandel, air saja mungkin kurang bisa membersihkan dan menghilangkan kotoran secara menyeluruh. Anda perlu hati-hati dalam menggunakan cairan pembersih furniture kayu agar tidak merusak lapisan kayu.

Hindari menggunakan cairan pembersih furniture yang mengandung bahan pelarut seperti contohnya metanol, aseton atau toluen. Cairan-cairan ini memang bisa membersihkan kotoran tetapi juga akan ikut mengikis lapisan coating kayu. Coating kayu yang rusak bisa membuat tampilan kayu menjadi kusam, mudah rusak dan tidak secantik sebelumnya.

– Teknik pemindahannya harus dilakukan dengan benar.

Sebagian dari Anda mungkin mudah bosan dengan tatanan rumah dan selalu mengubahnya beberapa waktu sekali. Memindah perabot dari kayu jati Jepara perlu dilakukan dengan hati-hati agar perabot tidak rusak. Hindari memindah perabot kayu dengan cara menyeret atau mendorong karena tindakan ini berisiko mengubah bentuk perabot Anda.

Memindah perabot dari kayu sebaiknya dilakukan dengan cara diangkat dari bagian bawah. Cara merawat meja dan kursi ini dilakukan untuk mengantisipasi rusak atau lepasnya sambungan kayu pada perabot. Pada kursi contohnya, Anda perlu mengangkat kursi pada bagian dudukan agar bentuk kursi tetap terjaga dan tidak lepas selama diangkat.

– Jangan menempel stiker atau mencoret kayu menggunakan alat tulis apapun.

Permukaan perabot kayu jati sebaiknya dibiarkan seperti aslinya dan tidak dilapisi dengan stiker atau pelapis lainnya. Selain membuat tampilan perabot menjadi kurang cantik, adanya tempelan stiker atau coretan pada permukaan kayu mungkin akan membuatnya sulit dibersihkan.

– Lakukan re-coating 

merawat furniture kayu jati, cairan untuk mengkilapkan kayu jati, cairan pembersih kayu jati, cairan pembersih furniture kayu, cara mengkilapkan perabot kayu, cara mengkilapkan kursi kayu, minyak kayu jati, bahan alami pengkilap kayu, cara membersihkan furniture kayu,
Furniutre kayu jati yang tidak terawat, lama-kelamaan akan rusak dan lapuk – Diminimalis.com

Perabot yang sudah digunakan beberapa tahun pasti warnanya pudar dan tidak sebagus ketika baru dibuat. Agar tampilannya tetap cantik tidak ada salahnya untuk melapis ulang permukaan perabot agar kembali terlihat baru. Pelapisan ulang ini bisa dilakukan setiap 2-3 tahun sekali atau sesuai dengan kondisi kayu.

Cara-cara tadi perlu diterapkan secara rutin untuk memperoleh perabot yang tetap cantik walaupun tidak baru. Hal utama yang perlu diperhatikan adalah kebersihan perabot yang memang sangat vital. Perlu selalu diingat bahwa perabot dari kayu jati bisa awet hingga bertahun-tahun, bila selalu diberikan perawatan yang tepat.

Demikain ulasan kami tentang tips merawat furniture kayu jati jepara agar tetap awet. Semoga artikel di atas dapat membantu Anda dalam merawat furniture kayu jati Jepara dengan benar, semoga bermanfaat. (us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed