Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Merawat Anggrek Bulan agar Berbunga Lebat dan Tahan Lama

Agar rajin berbunga,anggrek bulan perlu dirawat dengan baik dan benar - diminimalis.com

Merawat Anggrek bulan (Phalaenopsis) memang gampang-gampang susah. Diperlukan berbagai langkah rutin untuk membut bunga ini bisa tampil prima saat ditempatkan di interior mauapun eksterior rumah minimalis Anda. Namun bagi Anda yang menggemari bunga ini karena keindahannya, kegiatan merawat anggrek bulan justru merupakan sebuah keasyikan tersendiri. Untuk itu, kali ini diminimalia akan mengulan untuk Anda tentang cara merawat bunga anggrek bulan, supaya dapat berbunga lebat dan tahan lama.

Anggrek dikenal sebagai tanaman hias populer yang dimanfaatkan bunganya. Bunga anggrek sangat indah dan variasinya hampir tidak terbatas. Anggrek biasa dijual sebagai tanaman pot maupun sebagai bunga potong. Indonesia memiliki kekayaan jenis anggrek yang sangat tinggi, terutama anggrek epifit yang hidup di pohon-pohon hutan, dari Sumatera hingga Papua. Anggrek bulan adalah bunga pesona bangsa Indonesia. Anggrek juga menjadi bunga nasional Singapura dan Thailand.


Anggrek sering dipergunakan sebagai simbol dari rasa cinta, kemewahan, dan keindahan selama berabad-abad. Bangsa Yunani menggunakan anggrek sebagai simbol kejantanan, sementara bangsa Tiongkok pada zaman dahulu kala mempercayai bahwa anggrek sebagai tanaman yang mengeluarkan aroma harum dari tubuh Kaisar Tiongkok.

Pada pertengahan zaman, anggrek mempunyai peran penting dalam pengembangan tehnik pengobatan menggunakan tumbuh-tumbuhan. Penggunaannya pun meluas sampai menjadi bahan ramu-ramuan dan bahkan sempat dipercaya sebagai bahan baku utama pembuatan ramuan ramuan cinta pada masa tertentu. Ketika anggrek muncul dalam mimpi seseorang, hal ini dipercaya sebagai simbol representasi dari kebutuhan yang mendalam akan kelembuatan, romantisme, dan kesetiaan dalam suatu hubungan.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Hendak Mendekorasi Rumah Mungil? Hindari 8 Hal Berikut

Akhirnya, pada permulaan abad ke-18, kegiatan mengkoleksi anggrek mulai menjadi kegiatan yang banyak dilakukan di segala penjuru dunia, terutama karena keindahan tanaman ini. Penyebutan jenis anggrek hias biasa disebutkan dengan nama jenisnya saja karena banyak sekali hibrida antarspesies dan antargenus yang telah dibuat, contohnya adalah Anggrek bulan ini

merawat anggrek bulan, merawat bunga anggrek bulan, cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga
Agar rajin berbunga,anggrek bulan perlu dirawat dengan baik dan benar – diminimalis.com

Merawat anggrek bulan agar selalu tampil prima dan segar

Anggrek bulan termasuk tanaman anggrek yang mudah dirawat dan rajin berbunga. Anggrek bulan termasuk golongan anggrek monopodial, yaitu anggrek yang tumbuh keatas dari satu batang. Bunga dari anggrek bulan tumbuh dari sisi batang dari arah bawah.

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang cara perawatan anggrek bulan :

Anggrek bulan tidak membutuhkan sinar matahari penuh, hanya 20% saja, sehingga perlu naungan. Temperatur ideal yang diperlukan adalah 30 C saat siang dan 23 C pada malam hari. Dengan kelembaban maksimum 70%.
Untuk mengetahui secara kebutuhan intensitas matahari dapat dilihat dari warna daunnya. Daun berwarna hijau, menandakan intensitasnya cukup. Sedangkan berwarna hijau tua, intensitasnya kurang, dan bila intensitas sinarnya berlebih, maka daun akan berwarna kecoklatan karena terbakar.

merawat anggrek bulan, merawat bunga anggrek bulan, cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga
Anggrek bulan dalam interior ruangan yang indah – diminimalis.com

Sirkulasi udara sangat dibutuhkan, artinya hembusan angin cukup baik untuk pertumbuhan tanaman anggrek bulan. Semakin baik sirkulasi udara pertumbuhan tanaman anggrek bulan akan semakin bagus. Untuk tempat pemeliharaan anggrek bulan yang kurang baik sirkulasi udaranya, dapat dipasang kipas angin. Fungsi sirkulasi udara ini untuk meratakan temperatur dan kelembaban serta cepat membuang udara panas maupun terlalu basah.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Menata Ruang Keluarga Sempurna, Asal Anda Hindari 10 Hal Ini

Penyiraman

Penyiraman dilakukan dua kali sehari. Penyiraman yang baik jam 07.00 ~ 09.00 dan 16.00 ~ 18.00. Penyiraman sebaiknya langsung kearah akar dan menggunakan air yang bersih, tidak tercemar limbah kimia.

Pemupukan 

Pemupukan bertujuan untuk membuat tanaman menjadi subur dan tumbuh sesuai dengan yang semestinya. Sebaiknya Anda menggunakan jenis pupuk organik. Penggunaan pupuk organik ini berfungsi agar tanaman hias phalaenopsis cepat membesar.

Walaupun jenis pupuk organik ini aman di gunakan oleh semua jenis tanaman, bukan berarti dalam penggunaannya boleh di lakukan sesuka hati kita. Penggunaan pupuk organik ini juga harus sesuai dengan dosis dan ketentuan yang telah di tetapkan. Karena jenis pupuk organik mengandung unsur yang panas apabila di berikan secara berlebihan pada tanaman hias tersebut.

Demikian ulasan kami tentang cara merawat anggrek bulan agar selalu tampil prima dan segar, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara melebatkan buah tabulampot di taman rumah minimalis Anda di bawah ini. (ls.)

Cara melebatkan buah tabulampot di taman rumah minimalis Anda

Leave A Reply

Your email address will not be published.