Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

7 Kunci Sukses Merancang Rumah Untuk Home Stay

Pelayanan terbaik merupakan kunci utama mengelola usaha homestay - Diminimalis.com

Bisnis homestay saat ini mulai dilirik oleh banyak orang karena memiliki potensi yang baik seiring dengan geliat pariwisata di Indonesia yang meningkat. Bisnis penginapan seperti homestay pun tidak hanya menyasar para pelancong melainkan juga siapapun orang yang bepergian dan membutuhkan tempat tinggal sementara. Namun, jika ingin untung yang besar dan cepat maka merancang rumah untuk home stay tidak boleh sembarangan.

Sebenarnya merancang rumah untuk home stay tidaklah sulit terlebih bagi Anda yang sering mencoba menginap di homestay. Jika sudah sering berbagai macam homestay, pastinya Anda akan tahu garis besar apa saja yang penting untuk diperhatikan agar bisa menarik pengunjung. Jika sudah mendapatkan hati pengunjung yang datang, maka mereka akan menjadi pelanggan setia dan bahkan rela untuk merekomendasikan homestay Anda kepada orang lain.

Merancang Rumah Untuk Home Stay, desain homestay minimalis, homestay design plan, desain guest house minimalis, gambar homestay minimalis contoh denah homestay, rumah wisata, desain rumah untuk guest house, contoh kamar homestay
Pelayanan terbaik merupakan kunci utama mengelola usaha homestay – Diminimalis.com

Kunci Utama Merancang Rumah Untuk Home Stay

Kunci utama untuk Anda yang akan merancang rumah untuk home stay adalah soal hospitality atau keramahan. Hal ini menjadi penting karena umumnya orang yang memilih homestay dibandingkan hotel, lantaran ingin mendapatkan penginapan dengan nuansa seperti rumah sendiri. Jika tidak bisa menawarkan keramahan dan kenyamanan kepada pengunjung, maka sebutan homestay pun tidak layak disandangkan pada bangunan penginapan Anda.

Homestay juga biasanya dipilih lantaran apa yang didapatkan melebihi dari apa yang dibayarkan. Jika Anda mematok semua kenyamanan, keramahan, dan fasilitas penginapan Anda dengan harga yang terlampau mahal, maka banyak orang akan lebih memilih hotel berbintang. Maka dari itu, perlu sekali perhitungan yang matang untuk membuat homestay unggulan.

7 Kiat Penting Merancang Rumah Untuk Home Stay

1. Pemilihan lokasi strategis

cara mencari lokasi rumah, cara mencari lokasi rumah yang baik, cara menentukan lokasi rumah lokasi rumah yang sebaiknya dihindari
Carilah lokasi yang strategis untuk homestay Anda – Diminimalis.com

Merancan rumah untuk dijadikan homestay harus mempertimbangkan lokasi yang strategis. Anda tidak bisa menggunakan rumah seadanya untuk dijadikan homestay jika tidak mudah diakses. Di antara lokasi strategis yang bisa Anda pilih antara lain, dekat dengan tempat wisata, bandara, stasiun, dan tempat lainnya yang memang membutuhkan penginapan.

2. Mengurus izin

Walaupun baru satu homestay yang Anda miliki, perizinan tetap tidak boleh dilewati. Uruslah semua izin yang dibutuhkan dimulai dari mengurus izin gangguan (HO) dari lingkungan setempat, hingga mengurus perizinan ke dinas pariwisata.

3. Menentukan pangsa pasar

Pangsa pasar atau segmentasi bisnis Anda haruslah jelas sejak awal agar bisa menjadi garis besar penentuan konsep dan ide. Homestay yang akan dibangun haruslah jelas memiliki target apakah hanya untuk orang transit perjalanan, untuk wisata keluarga, atau tujuan spesifik lainnya. Hal tersebut akan sangat menentukan luas rumah dan kamar yang akan didirikan.

4. Konsep homestay

Konsep homestay yang menarik atau bahkan unik akan menjadi identitas dan nilai jual dari penginapan yang Anda tawarkan. Dengan memiliki konsep yang jelas, maka pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang menarik dan mudah merasa puas. Misalnya untuk tema atau konsep budaya, maka bentuk bangunan, interior, hingga menu yang ditawarkan pun harus sesuai dengan nilai-nilai kebudayaan suatu daerah. Jika ingin menggunakan konsep minimalis, maka semu hal yang ada di homestay Anda harus mengutamakan fungsi, esensi, kelegaan, dan gaya modern.

5. Strategi pemasaran

Bangunan homestay yang baru dibuat tidak akan mungkin langsung laris manis dikunjungi jika tidak ada strategi pemasaran yang tepat. Siapkan dana khusus untuk urusan marketing, mulai dari membuat platform online seperti membuat website dan media sosial, hingga menawarkan kerja sama dengan pihak biro perjalanan pariwisata dan pemesanan tiket. Siapkan juga brosur dan papan nama atau hal lain yang ikonik dengan homestay Anda. Karena bisa menjadi alat marketing yang baik saat dijadikan latar belakang berfoto para pengunjung yang datang.

6. Penjaga yang handal

Housekeeper atau penjaga yang handal juga diperlukan untuk memberikan pelayanan prima agar pengunjung merasa puas ketika menginap di homestay Anda. Penjaga yang handal juga perlu dibekali kemampuan komunikasi yang baik, mampu berbahasa asing minimal bahasa inggris, dan berani untuk memilih tamu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.

7. Fasilitas lengkap

Merancang Rumah Untuk Home Stay, desain homestay minimalis, homestay design plan, desain guest house minimalis, gambar homestay minimalis contoh denah homestay, rumah wisata, desain rumah untuk guest house, contoh kamar homestay
Kelengkapan fasilitas merupakan salah satu unsur yang wajib ada pada homestay Anda – Diminimalis.com

Fasilitas di penginapan ala “rumahan” yang Anda tawarkan harus lengkap. Berbagai perabotan yang ada di homestay Anda juga harus berkualitas agar bisa awet dan tentunya lebih memuaskan. Bahkan sering pula ditemukan fasilitas homestay yang tidak kalah kalah dengan hotel berbintang agar lebih memanjakan pengunjung. Tentunya hal ini harus sesuai dengan konsep yang telah dipilih.

Konsep Homestay Minimalis

Salah satu konsep homestay yang bisa Anda pilih adalah konsep minimalis. Konsep minimalis bukanlah konsep bangunan yang serba sempit. Jika Anda mempelajari lebih dalam seperti apa konsep minimalis, maka Anda akan temukan garis besarnya yaitu penekanan pada fungsi dan esensi untuk memberikan kesan lega. Hal ini pun bisa diterapkan pada sebuah homestay karena konsep minimalis memang saat ini sedang digandrungi oleh banyak orang.

Dengan sentuhan konsep minimalis, Anda bisa membidik target pengunjung dari berbagai macam kalangan terutama masyarakat modern. Kesan rumah yang bersih, lega, nyaman, dan modern akan membuat pengunjung menjadi puas. Saat ini pun telah banyak contoh desain minimalis sehingga ketika Anda ingin merancang rumah untuk home stay dengan konsep minimalis Anda tidak akan kesusahan mencari inspirasi.(an)

Leave A Reply

Your email address will not be published.