Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Merancang Ruang Baca di Rumah, Sebaiknya Dimulai dengan 4 Hal ini

ruang baca dengan kursi klasik yang nyaman untuk bersantai sambil membaca buku - diminimalis.com

Pada artikel sebelumnya, kami telah mengulas tentang cara mendesain perpustakaan pribadi di rumah minimalis Anda. Dan pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan melengkapinya dengan pembahasan tentang cara merancang ruang baca di rumah minimalis Anda. Bila perpustakaan pribadi Anda bisa sekaligus dijadikan tempat yang kondusif untuk membaca, maka Anda tidak perlu lagi membuat ruang baca di area lain. Namun bila Anda membuat perpustakaan tersebut, di salah satu sisi dinding, atau ruang bawah tangga, maka Anda tetap butuh tempat yang kondusif untuk membaca buku-buku kesayangan Anda.

Merancang Ruang Baca di Rumah, model ruang baca, desain ruang baca anak,, rancangan ruang baca, desain ruang baca di rumah, desain ruang baca mungil
ruang baca dengan kursi klasik yang nyaman untuk bersantai sambil membaca buku – diminimalis.com

Meski antara perpustakaan pribadi dan ruang baca saling terkait, namun dalam desain rumah minimalis, bisa jadi dua elemen tersebut harus dibuatkan ruang yang terpisah. Perpustakaan pribadi bisa Anda fokuskan sebagai tempat menyimpan buku dan majalah. Letak ruang ini tak harus strategis, asal cukup untuk menampung banyak buku, misal di ruang bawah tangga menuju lantai dua.

Sedangkan untuk ruang baca, tujuannya lebih untuk menghadirkan kenyamanan semaksimal mungkin ketika Anda ingin menikmati buku bacaan di rumah.  Jadi kita bisa bedakaan, perpustakaan memiliki fungsi dasar sebagai tempat menyimpan buku, lokasinya bisa dimana saja asal rapi. Sedangkan ruang baca, tak harus jadi satu dengan perpustakaan, asal ada sirkulasi udara yang cukup demi kenyamanan saat membaca.

Merancang ruang baca di rumah senyaman mungkin

Disini kami akan menuliskan bagaimana merancang ruang baca di rumah agar Anda dapat menikmati buku kesayangan senyaman mungkin, diantranya yaitu.

1. Dekat dengan rak buku dan jendela

Adakalanya untuk mencari referensi tertentu, Anda perlu bolak-balik mengambil beberapa buku. Akan sangat merepotkan bila ruang baca Anda jauh dengan rak untuk mengambil buku-buku Anda. Untuk itulah medesain ruang baca dekat dengan rak buku sangat disarankan. Akan lebih baik lagi apabila ruang baca Anda dekat dengan jendela. Selain mendapat pencahayaan alami yang cukup di siang hari, sirkulasi udara juga mengalir maksimal, dan ini baik untuk menjaga berkonsenntrasi Anda.

2. Tempatkan kursi yang nyaman

rancangan ruang baca, desain ruang baca di rumah, desain ruang baca mungil
ruang baca dengan kursi yang nyaman – diminimalis.com

Kursi yang nyaman tentu akan dapat meningkatkan mood Anda saat menikmati buku bacaan Anda. Hal ini akan lebih baik bila kursi tersebut memiliki penyangga kaki yang nyaman juga. Dengan begitu Anda akan semakin rileks saat membaca dan bisa berlama-lama menikmati berbagai buku bacaan disana.

3. Sediakan lampu baca yang bersahabat dengan mata.

Pilihlah lampu yang terang, tidak memancarkan radiasi bahaya untuk mata seperti ultraviolet (UV) dan infrared (IR). Perhatikan juga posisi pencahayaan lampunya. Tempatkan bagian lampu yang memancarkan cahaya sedikit lebih tinggi dari alis mata. Akan lebih baik bila Anda memilih lampu yang dilengkapi kontrol tingkat pencahayaan dan dapat diputar hingga 300 derajat. Dengan begitu, posisi lampu bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

4. Sediakan sofa panjang

Ini akan diperlukan bila Anda membaca buku dengan pasangan, teman atau buah hati Anda. Kursi panjang ini juga pasti dibutuhkan bila Anda hendak membacakan atau mengajarkan mebaca buku pada buah hati Anda.

Itulah beberapa cara untuk mendesain ruang baca yang kondusif di rumah minimalis Anda. Dengan memiliki ruang baca yang nyaman, Anda dan keluarga akan dapat lebih produktif untuk membaca buku kesayangan, semoga bermanfaat. (ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.