Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Merancang Balkon dengan Konsep Modern Tanpa Biaya yang Mahal

Balkon desain klasik namun elegan - Diminimalis.com

Balkon adalah serambi tambahan di lantai atas yang fungsinya tidak jauh berbeda dengan teras depan rumah. Balkon biasanya dijadikan tempat untuk bersantai dan menikmati pemandangan sekitar tempat tinggal dari atas. Tidak jarang juga dialihfungsikan menjadi tempat berjemur atau merawat tanaman pot. Apabila rumah minimalis Anda memiliki balkon yang cukup luas dan ingin merancang balkon agar terliat rapi, dan elegan, Anda bisa menambakan beberapa furniture minimalis di balkon.

Merancang balkon sesuai keinginan bisa meningkatkan daya kreativitas Anda. Bagaimana caranya agar balkon impian Anda terwujud dan sesuai ekspektasi? Mempertimbangkan bahan dan barang-barang yang murah pun dapat memberikan keuntungan karena tidak perlu memikirkan biaya besar untuk merancang balkon yang indah.

Merancang Balkon, balkon ruang tamu, model balkon dalam ruangan, balkon dalam rumah minimalis, balkon dalam rumah kecil, balkon rumah sederhana, balkon rumah tingkat minimalis, balkon minimalis, bentuk balkon rumah
Balkon desain klasik namun elegan – Diminimalis.com

Bagi Anda yang akan merancang balkon rumah, ikuti beberapa tips di bawah ini!

10 Tips Ide Merancang Balkon Keren

1. Balkon kaca atau ubin?

Balkon paling umum biasanya balkon beton dengan lantai keramik. Namun ada juga yang suka dengan desain balkon antimainstream seperti kaca sebagai lantainya. Kaca yang digunakan pun bukanlah kaca sembarangan, melainkan kaca tebal khusus yang dapat menahan beban berat hingga ratusan kilogram di atasnya.

Alternatif lain adalah dengan memilih balkon dengan lantai ubin yang lebih terjangkau. Balkon kayu juga banyak diminati karena lebih terlihat ‘back to nature’ dan menyegarkan suasana.

2. Kursi dan meja

balkon rumah minimalis
Balkon dengankursi dan meja yang cantik – diminimalis.com

Tambahkan furniture satu set kursi dan meja berukuran kecil untuk bersantai bersama keluarga. Anda bisa memilih bahan furniture sesuai pilihan Anda, baik kayu, besi, bahan bekas seperti tong bekas aspal atau ban bekas yang disulap menjadi tempat duduk unik.

Akar pohon juga sangat bagus untuk dijadikan meja pada balkon. Kursi dan meja berbahan rotan tidak kalah terlihat mewah dan elegan meski terlihat sangat klasik. Anda bisa menempatkan sofa apabila ukuran balkon cukup lebar dan luas.

3. Tanaman hias

Beberapa pot berisi bunga dan tanaman hias akan menambah pemandangan hijau yang menyegarkan mata. Selain tanaman pot, tanaman rambat juga bisa menjadi pilihan. Apabila ukuran balkon Anda kecil, cukup gunakan vas bunga di meja untuk memperindah suasana. Atau Anda bisa menempatkan tanaman Tillandsia yang dapat hidup menggantung di udara.

4. Pemilihan jenis pagar

Pilih pagar balkon dari kayu, besi, atau tembok ya? Semuanya bisa disesuaikan dengan struktur bagunan dan bentuk rumah Anda. Jangan sampai balkon Anda tidak cocok dan terlalu mencolok ketika dilihat dari bawah.

5. Pilihan warna

Selain jenis pagar, pemilihan warna catnya pun tidak boleh luput. Jangan sampai cat rumah Anda yang sudah elegan namun di balkon warna catnya tidak senada atau bahkan terkesan berlebihan.

Pilihan warna ubin keramik, motif, dan warna cat pagar pembatas perlu disesuaikan. Sesuai bukan berarti harus sama persis, namun berbeda macam dan diwujudkan agar terlihat harmonis satu sama lainnya. Apabila pemasangan keramik pada dinding dirasa repot, cukup dengan menempelkan wallpaper juga bisa menjadi solusi.

6. Pintu kamar menuju balkon

Sebelum menuju balkon, pilihan pintu kamar sisi luar juga opsional. Pintu kaca besar yang digeser ala hotel bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk bisa melihat arah balkon dan bisa menuju ke balkon dengan mudah.

Menggunakan pintu model knop sederhana juga bagus. Akan tetapi, akan menjadi tidak efektif apabila balkon Anda hanya berukuran kecil. Pintu model geser adalah solusi terbaik agar pintu Anda menghalang-halangi akses keluar masuk balkon.

7. Pondasi beton harus kuat

Hal yang paling mendasar saat merancang sebuah balkon adalah pondasi yang harus kokoh. Pondasi ini fungsinya agar tidak ambruk saat balkon diberi beban yang berat dan agar tidak membahayakan di masa depan. Pastikan saat pembangunan rumah tidak ada satu bagian pun yang luput soal kekuatan pondasi termasuk pada bagian balkon sekalipun.

8. Hiasan dan pernak-pernik

tata ruang rumah
Balkon dengan beberapa tanaman yang menyegarkan – diminimalis.com

Menambahkan pernak-pernik lucu bisa menjadi langkah Anda untuk mendekor balkon. Anda bisa menambahkan beberapa furniture selain meja dan kursi, seperti lampu, rak tangga untuk pot bunga, atau gantungan ‘dream catcher’. Hiasan dinding juga bisa berfungsi untuk mempercantik balkon. Lengkapi juga dengan penyiram tanaman berbentuk unik yang bisa Anda dapatkan di toko furniture.

9. Desain balkon ala kastil

Ingin balkon terlihat mewah namun tidak ingin mengeluarkan budget mahal untuk membeli furniture? Anda bisa mengakalinya dengan hanya memilih jenis pagar balkon berukir. Aksen ukiran ini menambah kesan mewah meskipun tidak adanya tambahhan furniture lain di balkon Anda. Pilih warna cat putih atau warna krem agar tampilan semakin mewah.

Balkon biasanya menjadi alternatif tempat bersantai dengan keluarga dan berkumpul di hari libur. Suasana keluarga yang hangat pun bisa terjalin di balkon. Menikmati sinar matahari pagi membuat mood Anda menjadi lebih baik dan lebih bersemangat untuk menjalankan aktivitas.

Minum teh bersama di sore hari menjadikan waktu bersama keluarga lebih hangat. Merancang balkon tidak selalu sepenunya menjadi tanggung jawab arsitektur Anda, malah Anda bisa meminta jenis balkon yang Anda impikan dengan berkonsultasi kepada arsitektur kepercayaan Anda tersebut.(us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.