oleh

Cara Menyiapkan Acara Buka Bersama Rekan Kantor

Bulan Ramadhan merupakan moment yang tepat untuk saling bersilahturahim, berbuat kebaikan, memperbanyak amalan, dan kegiatan positif lainnya. Diantara amalan-amalan terbaik di bulan Ramadhan adalah menyajikan hidangan buka puasa kepada saudara atau kerabat. Untuk merencanakan kegiatan bukber tentunya perlu persiapan yang harus direncanakan dengan sebaik-baiknya, agar moment tersebut dapat berkesan bagi orang yang kita undang. Dan untuk itu, kami sudah merangkum untuk Anda, terkait tips-tips menyiapkan acara buka bersama yang berkesan.

 Menyiapkan acara buka bersama Menyiapkan acara berbuka puasa bersama, konsep acara buka bersama yang menarik, konsep acara buka bersama unik, games buka puasa bersama, game seru untuk acara buka bersama, kegiatan buka puasa bersama, kata kata acara buka bersama, cara membuat acara buka bersama, acara dalam buka bersama
Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk acara buka bersama – Diminimalis.com

Menyiapkan acara buka bersama

Dan berikut langkah-langkah yang jangan sampai terlewatkan dikala Anda akan mengadakan acara buka bersama agar berjalan lancar :

1. Merencanakan waktu

tips melatih anak puasa, persiapan menjamu makan keluarga besar, persiapan membuka restoran, contoh menu makanan lamaran, daftar menu makanan lamaran, menu pilihan untuk acara lamaran, menu makanan untuk acara lamaran sederhana, cemilan untuk acara lamaran, contoh konsep restoran, modal membuka restoran kecil
Perhatikan waktu berbuka puasa – Diminimalis.com

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menyiapkan acara buka bersama adalah merencanakan waktu diadakan acara bukber. Pemilihan waktu ini harus didasarkan dengan pertimbangan waktu yang tepat. Dan diperkirakan semua anggota dapat menghadiri acara bukber. Pilihlah waktu weekend day, dimana pada hari-hari tersebut kegiatan pribadi mereka akan lebih santai. Atau rencanakan diadakan sepulang kerja dari kantor. Dan sebarkan jam dan hari minimal H-5 sebelum acara dilaksaakan, agar mereka juga dapat mempersiapkan diri dan mengosongkan agenda pada hari tersebut.

2. Pemilihan Budget
Pada step kedua ini, sangat perlu dipertimbangkan mengingat kebutuhan dari setiap individu berbeda-beda. Jadi, lebih baik memilih budget yang tidak lebih dan sesuai dengan yang diinginkan.

3.Pemilihan tempat
Pemilihan tempat untuk acara bukber ini juga harus diperhatikan dan disesuaikan dengan jumlah anggota yang akan menghadiri acara bukber tersebut. Apabila anggota yang akan menghadiri acara bukber tersebut lebih dari 5 orang, lebih baik memilih tempat yang luas, cozy, dan lesehan. Agar dapat membuat keakraban antar satu dengan yang lain tetap terjaga. Dan pembookingan tempat, atau pemesanan tempat yang diinginkan harus dilakukan sebelum acara tersebut diadakan. Minimal H-3 sebelum acara digelar, pemesanan sudah harus dilakukan, agar tidak didahului oleh orang lain. Dan pada H-1 sebaiknya konfirmasi ulang kepada pemilik tempat untuk memastikan kembali untuk pemesanan tepat yang telah dilakukan.

4. Pemilihan Menu Makanan

Tips Buka Bersama di Luar, tips berbuka puasa di lur rumah, cara berbuka puasa di luar
Buatlah menu buka puasa yang sederhana dan praktis – Diminimalis.com

Nah pada langkah selanjutnya juga tidak kalah pentingnya. Dan bahkan harus menjadi perhatian khusus. Karena terkadang menu yang kita pilih bagi beberapa teman lainnya ada yang kurang menyukai dengan menu yang telah kita pilih sebagai hidangan berbuka puasa. Jadi, disarankan untuk sebaiknya memilih menu yang beragam atau lebih banyak variasi nya. Dan juga sebaiknya tidak memilih menu makanan yang terlalu pedas, dan minuman yang bersoda. Karena pada saat berbuka perut kita perlu makanan atau minuman yang soft dan tidak menimbulkan masalah pada perut ketika berbuka puasa.

5. Tradisi Liwetan
Untuk mengakrabkan antar teman sekantor, sangat direkomendasikan untuk membuat acara liwetan pada saat bukber. Liwetan yaitu nasi dan lauk pauk yang dihidangkan memanjang dan tidak ada celah antar satu tempat dengan tempat lain. Sehingga ketika makan bersama akan terasa lebih kental suasana kekeluargaan, keakraban, dan kehangatan yang tercipta satu dengan yang lain. Dengan menggunakan tradisi liwetan ini dapat membuat bukber yang Anda buat menjadi lebih berkesan, dan bermakna.

6. Penulisan unek-unek
Dalam pelaksanaan bukber tidak lengkap dan kurang seru rasanya apabila kita hanya sekedar makan dan minum bersama saja. Nah, untuk menghidupkan suasana kembali step ini bisa menjadi salah satu cara untuk membuat acara bukber Anda lebih menarik. Langkah-langkah nya yaitu : posisikan teman kantor Anda untuk duduk melingkar dan tiap orang harus memiliki satu lembar kertas kosong dan sebuah pulpen. Lalu, mulailah dengan memberi nama kita dibagian atas kertas, agar sipenulis nantinya tau kertas tersebut milik siapa.

Kemudian, memberikan kertas milik kita ke rekan sebelah kanan kita, dan mulailah menuliskan unek-unek Anda atau hal-hal yang ingin Anda sampaikan, tetapi sukar untuk disampaikan secara langsung di kertas yang telah diberikan. Lalu ketika sudah menuliskan, berikan pada teman sebelah Anda hingga semua telah menulis unek-unek yang ingin disampaikan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperbaiki kesalahan yang tidak sengaja kita lakukan pada teman sekantor, dan bentuk evaluasi diri kita agar menjadi lebih baik, dan meningkatkan produktivitas kerja.

7. Pengadaan Games
Untuk membuat suasana lebih seru dan menyenangkan, perlu diberikan games. Pemilihan games juga perlu diperhatikan jumlah anggota yang hadir. Dan pilihlah games yang tidak memakan banyak tenaga. Alternatif pemilihan jenis game yakni : Bermain tebak gambar, tebak kata, tebak judul lagu, tebak lirik lagu, atau diberikan game seperti cerdas cermat dengan soal seputar pengetahuan umum yang dapat menguji pengetahuan mungkin bisa menjadi pilihan games yang akan Anda lakukan ketika menunggu adzan maghrib tiba.

Nah itu dia tips atau langkah-langkah yang bisa Anda perhatikan untuk menyiapkan acara buka bersama. Selain menerapkan tips di atas, Anda juga perlu memahami cara menyajikan menu buka bersama yang praktis namun istimewa. Selamat mencoba dan semoga sesuai dengan planning yang Anda rencanakan. (ul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed