Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Bagaimankah Cara Menyesuaikan Mainan dengan Umur Anak?

Setiap mainan perlu disesuaikan dengan usia anak - Diminimalis.com

Memberikan yang terbaik bagi anak merupakan keinginan setiap orag tua. Termasuk dalam hal ini adalah menyesuaikan maianan dengan umur anak. Ini penting karena setiap fase pertumbuhan anak, memerlukan maian yang menunjang perkembangan pembelajaran mereka. Bagi Anda yang masih bingung memilih mainan yang tepat bagi anak Anda, maka tips berikut dapat membantu Anda untuk menyesuaikan mainan dengan umur anak Anda.

 Menyesuaikan mainan dengan umur anak, mainan bayi 6 bulan edukatif, mainan untuk bayi 5 bulan, mainan edukatif bayi 6-12 bulan, jual mainan bayi 6 bulan, anak usia 6 bulan sudah bisa apa saja
Setiap mainan perlu disesuaikan dengan usia anak – Diminimalis.com

Menyesuaikan mainan dengan umur anak

Kami telah merangkum beberapa jenis maianan yang baik dimainkan berdasarkan jenjang umur buah hati Anda. Lebih jelasnya, Anda bisa membaca ulasan kami di bawah ini.


Untuk bayi 0-6 bulan

Bayi usia 1 bulan biasanya lebih banyak tidur. Masuk bulan kedua, penglihatannya mulai berkembang. Inilah saat yang tepat untuk memberikan mainan dengan warna yang cerah sehingga bisa membantu merangsang perkembangan penglihatannya. Memasuki usia 3 bulan, penglihatan bayi sudah semakin sempurna. Cobalah berikan cermin tepat di depannya, mereka pasti akan mengamati dengan penuh seksama. Mereka akan mengenal sosok di depan cermin dan belajar menganalisis dengan ekspresi yang lucu.

Usahakan untuk tidak meletakkan berbagai benda kecil dengan sembarangan di sekitranya. Sebab di usia tersebut, bayi mulai mencoba untuk mengenalnya dengan dimasukkan ke dalam mulut. Selain itu, salah satu jenis mainan yang tepat untuk bayi usia di bawah 6 bulan adalah mainan bayi yang bisa digigit, sehingga dapat membantu merangsang pertumbuhan giginya. Berikan juga berbagai mainan yang memiliki tombol untuk di tekan sehingga bisa merangsang perkembangan motoriknya

Baca juga artikel menarik berikut >>  Cara Mudah Membuat Slime dari Bahan Sederhana di Rumah Anda

Untuk bayi 6 bulan -1  tahun

Anda dapat memilihkan mainan plastik yang lembut dan tebal. Masuk usia 6 bulan -1  tahun adalah saat yang tepat untuk memberikan berbagai mainan yang bisa merangsang kemampuan bayi untuk mengekspresikan diri.

Di usia ini bayi mulai bisa membaca situasi, terlibat interaksi dan senang bereksplorasi dengan mainannya. Berbagai mainan bergulir seperti bola dan mobil-mobilan bisa dijadikan pilihan untuk merangsang kemampuan motoriknya. Di usia ini bayi juga mulai bisa diajak bermain dan mempelajari berbagai jenis huruf dan warna menggunakan kartu bergambar. Agar semakin menarik keinginannya untuk belajar berjalan, tak ada salahnya memberikan mainan yang bisa didorong, sehingga bisa menemani si kecil saat pertama kali melangkah.

Untuk anak usia 1 – 3 tahun

mainan anak yang aman, tips memilih mainan anak, mainan anak yang berbahaya
mainan anak yang aman haruslah tumpul dan ringan – diminimalis.com

Di usia 1 sampai dengan 3 tahun, berbagai mainan menarik yang edukatif bisa dijadikan pilihan.Kenalkan juga berbagai buku bergambar supaya dapat menumbuhkan minat bacanya. Puzzle dengan potongan-potongan yang besar juga sudah baik untuk diberikan. Aneka buku tentang binatang, dan balok susun juga akan menarik minatnya. Demikian juga dengan kertas dan pensil warna, pasti akan langsung mencuri perhatian si kecil. Bagi anak usia 1-3 tahun, Anda dapat memberi mainan plastik seperti mangkuk, sendok, mobil-mobilan, boneka, atau mainan dinosaurus. Pada usia ini, Anda sudah bisa membelikan mereka sepeda roda 3 untuk mendukung perkembangan motoriknya.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Cara Membuat Slime yang Mudah dan Aman untuk Buah Hati Anda

Untuk anak usia 4-5 tahun

Bagi anak usia 4-5 tahun, Anda dapat memilihkan mainan plastik yang bersifat edukatif. Misalnya, lego atau balok-balok dengan aneka bentuk. Pastikan semua mainan tersebut aman bagi anak, baik bahan maupun catnya.

Demikian ulasan kami tentang cara menyesuaikan mainan dengan umur anak. Bila anak Anda mudah bosan dengan mainan yang Anda berikan, Anda juga bisa mencoba menyewa mainan anak di rental mainan anak terdekat, dengan banyak variasi mainan yang bisa dipilih. Semoga dengan menyesuaikan mainan tersebut, Anda dapat memberikan hal terbaik bagi buah hati tercinta. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.