Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Menyelamatkan Tanaman yang Hampir Mati Agar Bisa Sehat Kembali

Tanaman yang hampir mati bisa diselamatkan kembali dengan beberapa cara yang tepat - diminimalis.com

Menyelamatkan tanaman yang hampir mati bukanlah perkara mudah bagi sebagian orang. Bahkan ada yang beranggapan bahwa upaya ini sangat mustahil. Iya, bagi yang awam tentang ilmu botani, penanganan yang dilakukan bisa jadi malah tidak mengarah pada solusi.

 menyelamatkan tanaman yang hampir mati, cara menyelamatkan tanaman yang hampir mati, penyebab tanaman mati
Tanaman yang hampir mati bisa diselamatkan kembali dengan beberapa cara yang tepat – diminimalis.com

Apa yang dibutuhkan tanaman yang hampir mati macam-macam. Dilihat dari penyebabnya saja, akan butuh serangkaian tindakan untuk memulihkannya. Belum lagi nanti akan dibutuhkan perawatan untuk mengembalikannya pada kondisi fit seperti semula.

Menyelamatkan Tanaman yang Hampir Mati

Apapun jenis tanaman yang Anda tanam di taman rumah mini malis Anda, dia akan makanan dan nutrisi yang cukup. Beda dengan manusia dan hewan, sebagai makhluk yang tak bisa beranjak kemana-mana, adakalanya tanaman butuh bantuan manusia untuk bertahan hidup.

Namun bagaimana jika tanaman sudah hampir mati dan ingin menyuburkannya kembali? Berikut ini akan ada beberapa tips dan cara menyelamatkan tanaman yang hampir mati.

1. Dipindah ke pot yang baru

Cara pertama untuk menyelamatkan tanaman yang hampir mati adalah dengan memindahkan ke pot yang baru. Anda dapat memilih pot yang besar dari yang sebelumnya. Tujuannya adalah agar akar tanaman dapat berkembang secara sempurna dan tanaman Anda dapat hidup dengan subur kembali.

2. Berikan Nutrisi yang lebih baik

Tanaman merupakan makhluk hidup yang juga membutuhkan makanan yang sehat agar dapat tumbuh dengan optimal. Maka dari itu, cara kedua untuk menyelamatkan tanaman yang hampir mati adalah dengan memberi makanan yang banyak mengandung nutrisi yang cukup. Anda bisa menambahkan pupuk organik dan diimbangi dengan siraman air yang cukup.

3. Hindari paparan sinar matahari langsung

Cara ketiga Anda perlu menghindarkan tanaman dari paparan sinar matahari langsung. Bagi tanaman yang hampir mati, maka cara perawatannya adalah dengan memastikan bahwa jangan sampai tanaman tersebut tertempa sinar matahari langsung. Kondisi ini akan memaksa tanaman untuk menguapkan kadar air melalui daun, sehingga tanaman menjadi dehidrasi. Maka, sebaiknya Anda segera meletakkan tanaman yang hampir mati tersebut pada tempat-tempat yang teduh yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

4. Perhatikan penyiraman

 menyelamatkan tanaman yang hampir mati, cara menyelamatkan tanaman yang hampir mati, penyebab tanaman mati
Penyiraman yang kurang dapat membuat tanaman menjadi kering dan cepat mati – diminimalis.com

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan penyiraman yang tepat pada tanaman tersebut. Lakukan penyiraman secukupnya dan jangan sampai berlebihan. Sedikit – banyaknya air siraman, bisa dilihat dari air yang keluar dari pot tanaman tersebut. Bila air belum keluar dari bawah pot, maka itu artinya air yang Anda siramkan masih terlalu sedikit. Bila air yang Anda siramkan sudah keluar dari bawah pot,itu artinya air untuk tanaman tersebut sudah cukup,dan Anda bisa berganti menyiram tanaman –tanaman berikutnya.

5. Bersihkan semua hama tanaman

Cara kelima untuk menyelamatkan tanaman yang hampir mati adalah dengan membersihkan semua hama yang menempel di tanaman tersebut. Hama merupakan salah satu faktor yang efektif menyerang tanaman selain disebabkan karena kurang pentiraman.

6. Letakkan di Greenhouse

Cara yang terakhir adalah dengan meletakkan tanaman di greenhouse. Tips ini bisa dipraktikkan bagi Anda yang memiliki lahan cukup. Anda bisa membangun sebuah rumah kecil untuk menaruh semua tanaman yang ada. Dengan cara ini, Anda akan bisa menghindarkan tanaman Anda dari hama, dan dapat mengatur intensitas cahaya sesuai kebutuhan tanaman Anda.Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan tanaman yang hampir mati, semoga bermanfaat.(ls)

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.