Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Menu Sahur Terbaik Agar Tubuh Tetap Fit Saat Menjalankan Puasa

sayur merupakan salah satu hidangan sahur terbaik yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan puasa di siang hari - diminimalis.com

Menu sahur terbaik wajib kita siapkan agar seluruh anggota keluarga bisa menjalani aktifitas dengan maksimal meski berpuasa seharaian penuh. Meski kadang berat dilakukan, namun sahur jangan sampai kita tinggalkan. Hal ini penting karena tubuh membutuhkan sumber energi saat puasa siang harinya.

menu sahur terbaik, menu sahur sehat dan praktism menu sahur sehat dan murah
sayur merupakan salah satu hidangan sahur terbaik yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan puasa di siang hari – diminimalis.com
Maka dari itu, menu sahurpun juga perlu dipersiapkan dengan maksimal. Menu sahur terbaik tentu saja yang mengandung serat dan sumber energi yang dibutuhkan tubuh kita. Jika kita salah mengatur menu sahur, tentu saja hal ini akan berefek pada performa tubuh kita saat beraktifitas di siang hari. Pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan mengulas untuk Anda terkait menu sahur terbaik bagi keluarga, agar dapat menjalankan aktifitas dengan maksimal saat berpuasa.

Menu Sahur Terbaik Agar Puasa Tetap Fit

Menu sahur terbaik agar puasa tetap fit sebenarnya ada banyak. Yang pertama, makanan yang kita makan harus kaya karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks sendiri dapat memberikan energi yang lebih bua Anda. Karbohidrat kompleks bisa Anda dapatkan dari beras meras, roti gandum utuh, sereal, kentang, dan oatmeal.

 

Menu sahur yang mengandung karbohidrat kompleks tidak hanya dapat memberikan energi dan rasa kenyang saja, tetapi juga dapat menstabilkan gula darah. Dengan begitu, makanan ini bisa mencegah Anda dari resiko terkena penyakit diabetes.
Kandungan pada makanan berikutnya yang kita butuhkan adalah makanan kaya protein dan lemak. Sama halnya seperti karbohidrat kompleks, makanan yang kaya protein dan lemak juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Karena, jika karbohidrat dalam tubuh sudah habis, maka protein yang Anda konsumsi ini bisa menjadi sumber energy utama dalam tubuh. Tidak hanya itu, protein juga bermanfaat dalam meningkatkan daya tubuh serta memperbaiki sel tubuh yang rusak. Sedangkan untuk lemaknya sendiri dapat memperlambat metabolism gula serta mempertahankan energy dalam tubuh yang sudah rusak.

Jenis Sayur Sehat untuk sarapan, menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi, menu sarapan pagi sehat
sayur sebagai menu sahur yang sehat untuk keluarga Anda – diminimalis.com
Selanjutnya, kita juga perlu mengkonsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah sendiri merupakan makanan yang kaya vitamin dan nutrisi sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Coba Anda kombinasikan menu dari sayur agar vitamin dan nutrisi menjadi lebih mudah terserap oleh tubuh.
Sayur dan buah juga memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat membantu mengatasi permasalahan seperti susah buang air besar atau sembelit. Saat berpuasa, sembelit memang menjadi salah satu gangguan pencernaan yang sering terjadi. Untuk mengatasinya, Anda bisa memperbanyak konsumsi buah dan sayur agar kecukupan seratmu tercukupi.
Nah, hal yang terpenting yang harus Anda cukupi adalah kebutuhan cairan tubuh. Tidak hanya makanan saja, cairan dalam tubuh juga sangat penting untuk diperhatikan agar saat berpuasa tidak akan terjadi dehidrasi di tubuh nantinya.
Anda disarankan untuk meminum 4 gelas air putih setelah berbuka puasa dan 4 gelas air putih lagi pada saat sahur. Atau Anda juga bisa menambahkan air kelapa agar tubuh Anda terhindar dari dehidrasi. Saat sahur, Anda harus bisa menghindari minuman yang manis-manis misalnya teh, coklat, ataupun minuman yang bersoda. Karena minuman-minuman ini dapat membuat Anda lebih cepat lemas, mengantuk dan juga haus ketika berpuasa. Demikian ulasan kami tentang menu sahur terbaik untuk keluarga Anda, semoga bermanfaat. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.