Inilah Menu Sahur Awet Kenyang yang Baik Disajikan untuk Keluarga

Sajikan menu sahur yang sehat dan bergizi - Diminimalis.com

Memasuki bulan Ramadhan, kaum muslim wajib menunaikan ibadah puasa setiap hari selama satu bulan penuh. Aktivitas puasa ini tentunya mengubah pola makan harian yang dapat membuat tubuh terasa lemas jika kebutuhan gizi tidak tercukupi dengan baik. Anda perlu mengkonsumsi menu sahur awet kenyang agar aktivitas tidak terhambat selama berpuasa.

Guna menyiasati pola makan yang berubah, Anda perlu lebih memperhatikan menu saat sahur dan berbuka dengan mengatur menu makanan. Pengaturan menu sahur awet kenyang ini dilakukan agar kebutuhan gizi yang tidak dapat dipenuhi pada siang hari dapat terpenuhi dengan baik pada saat sahur setiap harinya.

 Menu Sahur Awet Kenyang, makanan awet kenyang, menu sahur oatmeal, menu sahur vegetarian, menu sahur sehat untuk diet, menu sahur tanpa nasi, cemilan untuk sahur, makanan terbaik untuk sahur, sayuran yang baik untuk sahur, Tips Menu Buka Puasa Irit, menu buka puasa sederhana dan praktis, menu buka puasa yang praktis, menu buka puasa untuk diet, resep buka puasa sederhana, menu buka puasa berkuah, menu buka puasa kuliner, menu buka puasa dari telur, menu takjil buka puasa
Karbohidrat penting untuk Anda sajikan dalam menu sahur- Diminimalis.com

Banyak orang menganggap bahwa semakin banyak jumlah makanan yang disantap pada saat sahur, akan semakin lama pula rasa kenyang yang akan dirasakan. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena ketahanan rasa kenyang yang Anda rasakan, ditentukan dari jenis makanan yang Anda konsumsi.

10 Pilihan Menu Sahur Awet Kenyang Lebih Lama

Anda yang memiliki aktivitas harian yang padat, menu sahur perlu diatur dengan tepat agar produktivitas Anda tidak terganggu. Pilihlah makanan-makanan dengan kandungan gizi yang baik dan juga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Berikut ini 5 menu makanan yang bisa Anda santap untuk bekal sahur kenyang lebih lama :
– Kurma

Tips Menu Buka Puasa Irit, menu buka puasa sederhana dan praktis, menu buka puasa yang praktis, menu buka puasa untuk diet, resep buka puasa sederhana, menu buka puasa berkuah, menu buka puasa kuliner, menu buka puasa dari telur, menu takjil buka puasa
Kurma termasuk makanan yang dapat memulihkan stamina dengan cepat – Diminimalis.com

Buah yang banyak tumbuh di daerah timur tengah ini memang memiliki kandungan gizi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kurma dikenal sebagai makanan pembuka puasa yang dapat menggantikan energi dengan cepat karena kandungan gulanya. Selain baik disantap ketika berbuka, buah ini ternyata juga baik dikonsumsi ketika sahur.

Buah kurma mengandung zat gula dengan 3 jenis yang berbeda yaitu sukrosa, fruktosa serta glukosa. Kandungan 3 jenis zat gula ini dapat membantu meningkatkan kadar gula dalam tubuh sebagai sumber energi serta menjaga kadarnya tetap stabil.

– Nasi Merah

menyiapkan Makanan sehat untuk anak, kumpulan resep makanan anak, resep masakan untuk anak yang susah makan, Alasan Perlu Mengurangi Nasi Putih, akibat makan nasi putih, keuntungan tidak makan nasi
Nasi merah merah kaya akan karbohidrat, serat dan protein yang baik bagi anak – diminimalis.com

Nasi ini banyak dikonsumsi oleh orang yang berniat untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, tahukan Anda bahwa nasi merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Nasi ini juga baik dikonsumsi saat sahur karena jenis beras ini mengandung indeks glikemik yang lebih rendah daripada sumber karbohidrat lainnya seperti nasi putih, mi dan bubur.

Kandungan indeks glikemik yang rendah serta kandungan serat yang tinggi dapat diserap oleh tubuh secara perlahan berbeda dengan nasi putih yang penyerapannya terjadi lebih cepat. Penyerapan perlahan ini membuat rasa kenyang dapat bertahan lebih lama.

– Buah-buahan dengan kandungan serat yang tinggi

Konsumsi buah-buahan segar juga sebaiknya tidak dilewatkan ketika makan sahur. Pilihlah jenis buah-buahan yang tinggi kandungan serat agar proses penyerapannya terjadi lebih lama. Buah-buahan tinggi serat ini contohnya mangga, pir, jeruk dan stroberi.

Sebaiknya hindari buah-buah yang mudah dicerna seperti pisang, karena jenis buah ini cepat dicerna sehingga akan membuat rasa lapar datang lebih cepat.

– Telur

Makanan yang murah dan mudah diperoleh ini ternyata juga dapat Anda pilih untuk menu sahur kenyang tahan lama. Telur mengandung protein tinggi yang dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Anda bisa mengkonsumsi telur dalam aneka olahan baik direbus, digoreng maupun dikukus.

– Ikan Salmon

Salmon memang sudah dikenal sebagai makanan dengan kandungan gizi luar biasa untuk kesehatan tubuh. Ikan salmon memiliki kandungan protein dan lemak baik yang dapat membuat rasa kenyang lebih awet. Selain itu ikan salmon juga memiliki kandungan yang mampu menangkal kolesterol jahat di dalam tubuh.

– Sayuran hijau segar

Sayuran hijau juga diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral. Konsumsi sayuran hijau saat sahur dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Rasa kenyang ini disebabkan oleh kandungan serat yang tinggi di dalam sayuran hijau sehingga proses penyerapannya terjadi lebih lama. Anda dapat beraktivitas lebih segar dengan mengkonsumsi banyak sayuran hijau pada saat sahur.

– Oatmeal

Oatmeal mengandung jenis karbohidrat kompleks yang memberikan rasa kenyang lebih lama jika dikonsumsi saat sahur. Oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi dan lambat dicerna. Menu ini selain memberikan rasa kenyang lebih lama juga lebih praktis karena dapat dikonsumsi seperti mengkonsumsi sereal.

Anda dapat memadukan oatmeal dengan susu cair guna semakin melengkapi kebutuhan gizi. Oatmeal akan menyuplai karbohidrat dan serat sedangkan susu akankebutuhan protein tubuh Anda.

– Kacang-kacangan

Aneka jenis kacang juga cocok dijadikan menu sahur untuk aktivitas produktif Anda. Kandungan protein yang tinggi di dalam kacang-kacangan yang menjadikannya menu sahur yang tepat untuk menunda rasa lapar. Aneka jenis kacang mengandung zat gizi bermanfaat seperti serat, zat besi, vitamin B dan antioksidan.

– Quinoa

Quinoa merupakan biji-bijian yang mendapatkan predikat sebagai superfood dikarenakan kandungannya yang luar biasa. Biji quinoa ini banyak mengandung protein serta berbaga jenis asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Selain mengandung zat nutrisi penting, makanan ini juga bebas gluten. Konsumsi makanan ini akan membuat rasa kenyang awet.

– Alpukat

Buah ini memiliki kandungan lemak baik yang dapat menyuplai energi untuk tubuh. Anda bisa mengkonsumsi alpukat segar maupun dalam bentuk jus untuk semakin melengkapi kandungan gizi dan membuat rasa kenyang tahan lebih awet.

10 menu sahur awet kenyang tadi bisa Anda cona untuk mendukung aktivitas sehari-hari selama bulan Ramadhan. Selain menerapkan menu sahur sehat tersebut, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Minumlah air dalam jumlah yang cukup pada saat sahur dan dalam jumlah banyak ketika berbuka dan malam hari. (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.