oleh

Menyusun Menu Makanan untuk Acara Keluarga Buka Puasa Bersama

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu oleh seluruh umat muslim. Sebab, pada bulan ini juga momen kumpul keluarga menjadi salah satu yang paling spesial. Banyak orang mengadakan open houseacara buka puasa bersama keluarga, sekaligus mengadakan acara arisan keluarga. Namun, seringkali orang bingung menentukan menu makanan untuk acara keluarga ini.

Tak mudah memang menyatukan selera lidah keluarga besar. Namun, yang perlu diingat dan penting untuk diperhatian adalah penyusunan menu makanan untuk acara keluarga buka bersama dan arisan keluarga. Makanan perlu menunjang nutrisi penting untuk mengganti tenaga yang terkuras saat melakukan aktivitas seharian selama puasa. Anda perlu mengembalikan tenaga melalui kandungan penting dalam asupan berbuka, agar hari esok menjadi lebih fit dan siap untuk melakukan aktivitas seperti biasa.

 menu makan sahur yang sehat, menu sahur sehat untuk diet, daftar menu sahur, resep menu sahur sebulan, menu sahur praktis untuk sebulan, menu sahur agar tidak lemas, menu sahur anak kos, makanan sahur agar kuat puasa, makanan yang baik untuk sahur dan berbuka puasa,
Menyusun menu untuk buka bersama keluarga termasuk bentuk kasih sayang yang bisa kita berikan untuk keluarga – Diminimalis.com

Meski begitu, Anda tidak diperkenankan untuk makan makanan berat secara langsung saat waktu berbuka tiba. Dahulukanlah berbuka dengan makanan ringan atau dikenal dengan sebutan takjil. Hal ini diterapkan agar lambung Anda yang seharian kosong tidak bekerja mati-matian untuk menghancurkan makanan berat setelah seharian kosong. Sebab, jika hal ini terjadi, Anda akan mudah terserah penyakit maag.

3 Contoh Menu Makanan untuk Acara Keluarga

Sebelum membahas perihal aneka menu arisan keluarga dan berbuka puasa bersama keluarga, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan sebelum Anda menyantap makanan besar saat berbuka. Beberapa aturan penting ini sudah selayaknya disediakan oleh si empunya rumah, yaitu mulailah berbuka dengan meminum air putih untuk mengganti cairan yang hilang saat puasa, susul berbuka dengan asupan yang manis, dan sebisa mungkin hindari memakan gorengan pada saat berbuka, lanjutkan dengan memakan buah-buahan dengan memilih buah-buahan yang tepat. Hindari buah-buahan mengandung gas, seperti manga muda, durian, dan nangka.

 menu makan sahur yang sehat, menu sahur sehat untuk diet, daftar menu sahur, resep menu sahur sebulan, menu sahur praktis untuk sebulan, menu sahur agar tidak lemas, menu sahur anak kos, makanan sahur agar kuat puasa, makanan yang baik untuk sahur dan berbuka puasa,
Menu buka puasa sesuaikan pula dengan selera buah hati kita – Diminimalis.com

Selanjutnya, konsumsi makanan mengandung sayuran. Anda bisa menjadikan sup sebagai salah satu pilihan takjil atau salad. Sebab, serat dan kandungan air dalam sayuran cukup banyak dan baik untuk pencernaan.
Terakhir, Anda bisa menyediakan camilan sehat. Maksimalkan menu arisan keluarga sederhana pada acara buka bersama dan arisan keluarga ini dengan menyediakan camilan sehat. Pilihan makanan ringan sehat nan penuh serat dan protein alami, bisa Anda jatuhkan pada kacang-kacangan dan buah kering, seperti almond, granola, kacang polong kering, dan sebagainya.

Setelah mengetahui aturan makanan sehat untuk takjil, kami akan memberikan rekomendasi menu arisan keluarga murah meriah yang bisa disajikan usai menyantap takjil. Tentunya makanan berat ini sangat nikmat bila disantap bersama keluarga dan kerabat di rumah. Apa saja? Inilah beberapa menu yang bisa disiapkan.

1. Rawon daging

Makanan khas Indonesia yang satu ini merupakan salah satu makanan yang menyegarkan dan mudah ditemui diberbagai tempat. Namun, jika Anda ingin membuatnya sendiri, Anda bisa dengan menyiapkan bahan, beirkut; 500 gram daging iga sapi, 1500 ml air, ½ sendok the merica bubuk, ½ sdm gula merah, 3 sdm minyak, sebatang daun bawang (dipotong 1 cm), 5 siung bawang putih, 8 butir bawang merah, garam secukupnya, 5 lembar daun jeruk purut, 2 batang serai (memarkan putihnya), 4 biji keluak, 2 cm kunyit (iris halus), 3 butir kemiri (sangrai), taoge, daun bawang, kerupuk udang, jeruk nipis, telur asin, sambal terasi.

Cara membuat:

• Rebus iga daging dengan api kecil. Setelah empuk, gunakan air kaldunya kembali.
• Rebus air kaldu hingga mendidih
• Sembari merebus air kaldu, tumis bawang merah, bawang putih, keluak, kunyit yang semuanya sudah dirajang. Maukkan daun jeruk dan serai untuk memberikan aora sedap. Terahir masukkan daun bawang. Dan aduk rata.
• Setelah matang, masukkan tumisan ke dalam rebusan dagung. Masukkan pula bumbu-bumbu, seperti garam, merica, dan gula pasir, dan aduk hingga merata.
• Tunggu hingga matang, matikan airnya. Simpan rawon selama satu malam, agar bumbu betul-betul meresap ke dagingnya.

2. Sup bakso tahu

Siapkan 1 ikat sawi hijau, 2 liter kaldu ayam, 1 sdm minyak gorenga, 2 cm jahe, 3 siung bawang putih, garam secukupnya, dan merica secukupnya. Cara membuat:
• Memarkan jahe dan cincang halus bawang putih. Potong sawi ukuran kecil-kecil dan iris halus daun bawang.
• Tumis bawang putih sampai harum, tuangkan kaldu ayam dan tunggu sampai mendidih
• Setelah mendidih, masukkan jahe, merica, garam, minyak wijen, aduk hingga merata sampai mendidih. Setelah itu, masukkan sawi, aduk hingga layu.
• Terakhir, Anda hanya tinggal menuangkan taburan irisan daun bawang dan seledri untuk menambahkan aroma dan rasa dari kuahnya. Kemudian, masukkan bakso tahu yang sudah dibuat sebelumnya.

3. Ayam panggang bumbu kecap

 Menu Makanan untuk Acara Keluarga, menu makan sahur yang sehat, menu sahur sehat untuk diet, daftar menu sahur, resep menu sahur sebulan, menu sahur praktis untuk sebulan, menu sahur agar tidak lemas, menu sahur anak kos, makanan sahur agar kuat puasa, makanan yang baik untuk sahur dan berbuka puasa,
Ayam panggan bumbu kecap – Diminimalis.com

Siapkan 1 ekor ayam ukuran sedang (menyesuaikan tamu yang hadir), 2 buah jeruk nipis, 2 batang serai, kecap manis, merica bubut ½ sdt, air 150 ml, garam, asam jawa, gula pasir, daun jeruk, jahe, cabe merah, lengkuas 2 cm. Caranya:
• Lumuri ayam yang sudah dibersihkan dengan asam jawa, garam, air, dan perasan jeruk nipis. Diamkan setengah harian.
• Haluskan semua bumbu, lalu tumis.
• Saat menumis, tambahkan ayam dengan kecap, gula, air putih, dan tunggu hingga mendidih
• Setelah mendidih, kecilkan api. Masukkan ayam ke dalam tumisan dan bolak-balik. Matikan kompor setelah merata
• Kini ayam siap panggang!
Berpuasa seharian tentunya akan membuat Anda sekeluarga merasa lapar dan lemas. Karenanya, tidak ada salahnya untuk menyiapak masakan bersama keluarga sebagai salah satu aktifitas menunggu buka puasa. Nah, menu makanan untuk acara keluarga bisa menadi referensi.(us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed