Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Menyusun Menu Makan Sahur yang Sehat untuk Keluarga

Siapkan menu yang tepat untuk buka bersma keluarga - Diminimalis.com

Menyusun menu makan sahur yang sehat tentu menjadi hal penting yang harus dilakukan. Karena sebagaimana yang kita tahu, selain disunahkan oleh Rasulullah SAW, mengkonsumsi makanan dan minuman saat sahur bisa menjadi sumber tenaga saat menjalankan rutinitas saat berpuasa.
Namun, sebaiknya jangan sembarangan dalam memilih menu yang dikonsumsi. Karena jika mengkonsumsi makanan yang tidak tepat, justru malah membuat badan lemas dan tidak bertenaga sepanjang hari. Untuk itulah, saat bersantap sahur Anda harus memperhatikan menu makanan dan minuman yang ingin dikonsumsi. Sebaiknya, pilihlah menu makan sahur yang sehat dan kaya gizi, rendah gula serta rendah lemak.
Nah, kira-kira apa saja sih menu makanan sehat yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar menu santap sahur Anda saat bulan Ramadhan? Nah, berikut ulasannya :

menu makan sahur yang sehat, menu sahur sehat untuk diet, daftar menu sahur, resep menu sahur sebulan, menu sahur praktis untuk sebulan, menu sahur agar tidak lemas, menu sahur anak kos, makanan sahur agar kuat puasa, makanan yang baik untuk sahur dan berbuka puasa,
Menu sahur yang tidak berkualitas, akan membuat puasa kita melelahkan – Diminimalis.com

Daftar Menu Makan Sahur yang Sehat untuk Keluarga di Bulan Ramadhan

• Ikan, Daging dan Telur

menu makan sahur yang sehat, menu sahur sehat untuk diet, daftar menu sahur, resep menu sahur sebulan, menu sahur praktis untuk sebulan, menu sahur agar tidak lemas, menu sahur anak kos, makanan sahur agar kuat puasa, makanan yang baik untuk sahur dan berbuka puasa,
Ayam panggan bumbu kecap, yang cocok untuk menu sahur – Diminimalis.com

Dalam konsep makanan 4 sehat lima sempurna, ikan, daging dan telur termasuk dalam katagori konsep tersebut. Oleh karena itu, 3 item tersebut sangat penting untuk dimasukkan ke dalam daftar menu sahur keluarga Anda saat bulan Ramadhan tiba.

Daging ayam tanpa kulit dan segala macam jenis ikan merupakan lauk yang memiliki kadar protein yang tinggi dan rendah lemak, sehingga sangat baik dan sehat untuk dikonsumsi saat sahur. Perlu diketahui, protein berguna untuk memperbaki sel-sel jaringan dalam tubuh. Selain itu, makanan berprotein tinggi juga dapat membangun sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh Anda tidak mudah terserang penyakit.

Jika keluarga sudah mulai bosan dengan lauk ikan dan daging maka Anda bisa menyajikan menu lauk yang berbahan dasar telur. Sebutir telur ayam mengandung vitamin A, B2, B5, B6, B12, D, E, K, asam folat, fosfor, kalsium, selenium dan zinc. Selain itu, telur juga mengandung 77 kalori, 6 gr lemak dan 5 gr lemak yang sehat. Menyantap sebutir telur saat sahur dapat memberikan rasa kenyang dengan durasi yang lebih lama.

Selain ketiga lauk yang telah disebutkan, Anda juga bisa menyediakan varian lauk lainnya yang berasal dari olahan fermentasi kacang kedelai, seperti tempe dan tahu. Kandungan protein dalam tahu dan tempe juga tidak kalah hebatnya dengan ikan, daging dan telur, sehingga lauk ini juga cocok dimasukkan ke dalam varian menu makan sahur yang sehat.

• Sayuran

Jenis Sayur Sehat untuk sarapan, menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi, menu sarapan pagi sehat
sayur merupakan menu sahur yang sehat untuk keluarga Anda – diminimalis.com

Sayuran merupakan menu wajib yang harus Anda sertakan saat bersantap sahur di bulan Ramadhan. Masakan yang berkomposisi sayuran sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat makan sahur.

Selama lebih dari 12 jam, tubuh Anda tidak akan mendapatkan pasokan energi yang biasanya didapatkan dari hasil mengkonsumsi makanan dan minuman. Mengkonsumsi sayuran yang kaya akan serat, vitamin, mineral dan kalsium dapat membantu meningkatkan stamina tubuh Anda sehingga tubuh tidak mudah lelah dan letih selama menjalankan ibadah puasa.

Percaya atau tidak, mengkonsumsi sayuran yang memiliki kandungan serat tinggi dapat membantu menahan rasa lapar dalam perut Anda hingga lebih dari 12 jam. Adapun sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur adalah bayam, labu kuning, daun katuk, wortel, kentang dan sayuran hijau lainnya.

Selain itu, segala macam bentuk kacang-kacangan, seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang buncis dan kacang panjang ternyata juga sangat baik dikonsumsi saat makan sahur.

Perlu diingat bahwa Anda harus memperhatikan proses pengolahan sayur-sayur ini dengan baik. Hindari pengolahan yang menggunakan minyak goreng. Kalau bisa, olahlah sayuran tersebut dengan cara direbus saja. Selain mudah dan praktis, mengolah sayuran dengan cara direbus juga lebih menyehatkan karena tidak menggunakan minyak goreng yang mengandung lemak jahat.

• Buah-buahan

Jangan pernah lupa menyertakan buah-buahan ke dalam daftar menu penutup makan sahur Anda selama bulan Ramadhan. Buah-buahan mengandung banyak sekali vitamin, serat dan mineral yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa.

Meskipun sangat dianjurkan, namun tidak semua buah bisa Anda konsumsi saat bersantap sahur. Buah yang mengandung rasa asam, seperti jeruk, mangga, strawberry dan langsat sebaiknya tidak dikonsumsi. Buah-buahan seperti yang telah disebutkan tadi jika dikonsumsi saat perut masih dalam keadaan kosong dapat memicu meningkatnya kadar asam lambung, sehingga penyakit seperti maag justru akan mengganggu ibadah puasa Anda.

Adapun buah-buahan yang dianjurkan untuk disertakan dalam menu makan sahur adalah buah-buahan yang banyak mengandung serat dan mineral, seperti pisang, apel, buah naga dan melon.

• Kurma

Dalam sejarah Islam, buah kurma merupakan buah yang sering dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW. Selain disunahkan, buah kurma mengandung banyak nutrisi yang membuat tubuh Anda menjadi lebih bertenaga saat menjalankan ibadah puasa. Oleh sebab itu, buah yang satu ini tidak boleh tertinggal dalam susunan menu makan sahur keluarga Anda.

• Air Putih

Ketika berpuasa, lebih dari 12 jam tubuh tidak akan mendapatkan suntikan cairan, sehingga tubuh Anda akan mengalami dehidrasi. Untuk itulah, air putih sangat berperan besar dalam menjaga stamina tubuh manusia saat menjalankan ibadah puasa. Menurut ahli gizi, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 2  sebelum tidur, dan saat sahurkarena baik untuk kesehatan.

Hindarilah meminum minuman yang mengandung kadar kafein yang tinggi saat sahur. Adapaun minuman yang mengandung kafein contohnya adalah kopi, teh dan cokelat. Mengkonsumsi minuman ini dapat meningkatkan produksi urin, sehingga Anda akan sering bolak balik ke dalam toilet untuk buang air kecil.

Nah, itulah beberapa contoh menu makan sahur yang sehat untuk keluarga di bulan Ramadhan. Semoga bisa menjadi bahan referensi untuk Anda yang bingung dalam menyiapkan menu sahur sehat.(ar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.