Menu Lebaran yang Praktis Disajikan untuk Menjamu Tamu Saat Lebaran

Ketupat menjadi andalan untuk menu lebaran praktis - Diminimalis.com

Hari lebaran menjadi salah satu hari besar yang dinanti umat Islam. Tradisi saat lebaran yaitu berkumpul bersama dengan seluruh keluarga besar dan saling memaafkan. Menjelang lebaran, banyak hal yang perlu dipersiapkan. Salah satunya terkait menu lebaran yang praktis disajikan untuk menjamu para tamu yang datang di hari yang fitri.

Menu lebaran yang disajikan biasanya terdiri dari dua macam yaitu menu lebaran dengan hidangan berat dan kue-kue kering khas lebaran. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah agar bisa lebih menghemat pengeluaran saat lebaran. Beberapa menu Idul Fitri istimewa dibawah ini perlu Anda coba di rumah.

 Menu Lebaran yang Praktis, menu lebaran yang unik, contoh menu lebaran, menu lebaran 2017, gambar menu lebaran, macam hidangan lebaran, menu lebaran modern, makanan lebaran khas jawa, resep masakan lebaran tanpa santan
Ketupat menjadi andalan untuk menu lebaran praktis – Diminimalis.com

Menu Lebaran yang Praktis dan Khas sebagai Hidangan Berat Saat Hari Raya

Ini dia beberapa hidangan berat yang wajib ada saat lebaran. Kini Anda dapat membuatnya dengan resep berikut ini.

• Ketupat Lebaran

Resep Opor Ayam Lebaran, resep opor ayam lebaran enak, resep opor ayam spesial, resep opor kuning lebaran, resep opor ayam asli, resep opor putih lebaran, resep opor ayam ketupat lebaran, resep opor ayam sederhana, resep opor ayam kuning spesial
Opor merupakan menu yang cocok untuk disajikan saat lebaran – Diminimalis.com

Berbicara mengenai lebaran, maka tidak akan lengkap tanpa menu satu ini. Ya, ketupat merupakan salah satu menu khas lebaran yang legendaris. Ketupat ini kerap dijadikan sebagai pengganti nasi. Pembuatannya cukup mudah, Anda perlu membeli kerangka ketupat terlebih dahulu atau membuatnya sendiri dari janur.

Anda perlu merendam beras yang akan dimasukkan dalam ketupat selam kurang lebih 30 menit. Isilah ketupat dengan beras tersebut dengan takaran ¾ dari takaran ketupat. Jangan mengisi penuh ketupat tersebut dengan beras. Selanjutnya Anda hanya perlu memasukkan ketupat tersebut ke dalam panci yang telah berisi air mendidih dan tunggu hingga matang.

• Semur Daging Sapi

membuat Rendang ala Padang, resep rendang padang hitam, resep rendang padang sederhana, resep rendang padang asli minang, bumbu rendang padang spesial, resep rendang padang istimewa, resep rendang padang kering, resep rendang ayam padang, resep rendang padang pariaman
Semur daging sapi – Diminimalis.com

Jika pasangan ketupat saat lebaran biasanya adalah opor ayam, maka Anda perlu mencoba membuat semur daging sapi. Hidangan satu ini memiliki rasa yang enak dan berasal dari perpaduan rasa gurih dan manis. Hidangan ini cocok bagi Anda yang kurang menyukai kuah santan.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat hidangan yaitu daging sapi sesuai kebutuhan atau sebanyak 250 gr yang telah dipotong-potong, bawang putih dan bawang merah masing-masih 3 hingga 5 siung, cabai merah, kentang dua buah yang telah dipotong, tomat, jahe yang telah dipipihkan secukupnya, dan juga satu lembar daun salam. Selain itu diperlukan air secukupnya, minyak goreng untuk menumis, kecap, garam, gula jawa dan pasir secukupnya.

Cara pembuatan hidangan ini yaitu:

a) Anda perlu menghaluskan bumbu seperti cabai, bawang merah, dan bawang putih.
b) Tumis bumbu yang telah dihaluskan tersebut dan jangan lupa untuk ditambahkan jahe dan daun salam.
c) Masukkan daging ke dalam tumisan bumbu tadi dan tunggu hingga warna daging berubah.
d) Masukkan kentang ke dalam tumisan dan tambahkan air ke dalamnya
e) Masukkan kecap, gula pasir, gula jawa, garam ke dalamnya. Anda dapat menambahkan lada dan kayu manis bubuk secukupnya saja.
f) Tutup tumisan tersebut hingga air telah meresap dan semua daging telah empuk. Gunakan api yang kecil dalam proses tahap ini. Setelah itu hidangan siap untuk disajikan.
Itulah dua menu andalan dan khas lebaran yang sangat praktis dan mudah untuk dibuat. Menu khas lebaran lainnya seperti opor ayam, rendang daging sapi, sambal goreng ati dan ampela serta serundeng daging juga dapat menjadi pilihan Anda.

Menu Lebaran yang Praktis untuk Menjamu Para Tamu

Selain hidangan berat untuk menjamu para tamu, juga perlu menyediakan kue-kue kering di meja tamu saat lebaran. Untuk itu, Anda juga perlu menyiapakn peralatan wajib untuk membuat kue kering. Beberapa kue kering berikut ini cukup mudah untuk Anda buat sendiri.

Kue cokelat choco chips
Kue kering satu ini dapat menjadi pilihan sebagai menu saat lebaran. Kue yang bahan dasarnya dari tepung terigu dan lelehan cokelat ini sangat enak. Anak-anak tentu menyukai kue kering satu ini. Tambahan chips di atasnya membuat tampilan kue ini semakin cantik dan menarik untuk disajikan.

• Kue nastar
Kue kering lainnya yang dapat dibuat sendiri sebagai menu jamuan lebaran adalah kue nastar. Kue yang memiliki bentuk bulat disertai dengan isi nanas di dalamnya ini menjadi favorit banyak orang. Anda dapat menambahkan topping di atas kue nastar ini untuk menambah kelezatan kue kering ini.

• Putri Salju
Kue ini dinamakan kue salju karena diberi taburan gula atau bubuk berwarna putih yang manis. Kue ini memiliki tekstur lembut yang sangat enak ketika dimakan. Kue ini juga memiliki bentuk yang bermacam-macam, namun pada umumnya lebih banyak yang berbentuk bulan sabit.

Kue bawang
Camilan lebaran satu ini banyak ditemui tidak hanya saat lebaran. Kue yang memiliki tekstur krispi ini sangat cocok dinikmati saat lebaran. Kue yang memiliki bentuk panjang dan pipih ini menyerupai sebuah stick dan rasanya cukup unik. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah saat lebaran akan tiba.

Kastengel
Kue satu ini tentu sudah sangat familiar di mata para penyuka keju. Kue ini termasuk salah satu kue kering yang selalu menjadi kue andalan di saat lebaran tiba. Perpaduan rasa asin dan gurih menjadikan kue ini semakin enak untuk disantap. Pembuatannya pun cukup mudah asalkan Anda memiliki oven untuk membuatnya.

Dari berbagai menu berat dan ringan di atas, menu lebaran apa yang akan Anda pilih? Anda tidak perlu membeli berbagai kue kering sebagai jamuan lebaran nanti. Kini Anda dapat membuatnya sendiri di rumah karena pembuatannya cukup mudah. Menu lebaran yang praktis tersebut tentu akan membuat hari lebaran Anda bersama keluarga menjadi semakin menyenangkan. (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.