oleh

Menyajikan Menu Lebaran Sehat di Dapur Minimalis

Ketika sudah bekerja dan berkeluarga, pasti sulit untuk keluarga besar bisa berkumpul bersama. Salah satu momen yang bisa menyatukan mereka pastilah ketika lebaran tiba. Hari spesial tersebut tidak hanya ditunggu karena bisa saling bersilaturahmi, tapi juga ketika dapat menikmati hidangan menu lebaran sehat dan enak bersama-sama.

Akan tetapi, keinginan menyediakan menu lebaran sehat kadang menjadi terganggu karena dapur yang tidak nyaman. Alasannya bisa karena design dapur yang tidak memudahkan gerak ketika memasak atau penataan ruang dapur yang berantakan. Nah, berbicara mengenai desain dapur yang dapat menunjang kebutuhan tersebut, maka jawabannya adalah dapur minimalis.

Menyajikan Menu Lebaran Sehat di Dapur Minimalis, menu lebaran yang unik, menu lebaran yang praktis
Imbangi menu lebaran Anda dengan jenis masakan yang menyehatkan – Diminimalis.com

Tips Menata Ruangan agar Bisa Menyajikan Menu Lebaran Sehat di Dapur Minimalis

Berbicara mengenai ciri-ciri dapur minimalis, ada beberapa hal yang bisa mendeskripsikannya. Tentunya, hal ini tidak bisa dipisahkan dari sifat desain minimalis itu sendiri. Bukan berbicara mengenai ruang yang terbatas, tetapi lebih kepada penekanan terhadap sifat esensial dan fungsionalitas dari ruangan.

Biasanya, desain ruang minimalis dicirikan pada dekorasi yang sederhana dan pencahayaan yang terang. Nah, bagaimana dengan dapur minimalis? Berikut adalah beberapa tips untuk mendesain dapur minimalis.

1. Gunakan banyak ruang penyimpanan
Pada umumnya, ruang penyimpanan di dapur berbentuk lemari kabinet yang sangat berguna untuk menyimpan berbagai peralatan dapur. Perkakas yang terlalu banyak digantung atau diletakkan di luar akan membuat ruangan menjadi terlihat berantakan dan ramai. Dengan menyimpannya di dalam kabinet, ruangan di dapur jadi terlihat lebih longgar dan lebih banyak tempat untuk meletakkan makanan.

Ada jenis lemari kabinet dinding yang menempel di dinding atas hingga langit-langit. Tipe kabinet ini memanfaatkan ruang vertikal sehingga mengurangi potensi debu yang sering menempel di atasnya. Kabinet dinding biasanya digunakan untuk menyimpan bumbu masak, alat makan maupun perkakas berukuran kecil.

Selain kabinet dinding, ada kabinet bawah yang menyatu dengan meja dapur atau kitchen bar. Kabinet bawah ini biasanya digunakan untuk menyimpan perkakas yang berukuran besar seperti panci dan wajan, sehingga lebih aman ketika diambil. Banyak rumah dengan ruang dapur yang terbatas hanya menggunakan kabinet bawah saja untuk menyisakan ruang yang lebih luas di bagian atas.

2. Pilih warna yang terang

Desain Dapur Outdoor, desain dapur terbuka dengan taman, desain dapur semi outdoor, desain dapur mungil terbuka, kanopi untuk dapur terbuka, dapur terbuka menghadap taman, desain dapur terbuka dibelakang rumah, dapur terbuka di halaman belakang, desain dapur dekat taman belakang
Salah satu contoh desain dapur outdoor yang menawan dan sehat untuk digunakan memasak – Diminimalis.com

Ruangan minimalis cenderung didesain dengan warna yang terang seperti warna putih atau warna pastel yang lembut. Warna putih yang dominan membuat dapur menjadi terlihat lebih bersih dan luas. Anda bisa memadukan dengan warna lain yang agak gelap lewat perabot atau dekorasi kecil lainnya agar ruangan terlihat lebih hidup. Tapi, padukan 2-3 warna saja agar ruangan tidak terkesan terlalu ramai.

Dapur dengan warna terang membantu Anda untuk menyadari jika ada kotoran. Jadi, Anda bisa lebih sering membersihkan dapur, maka ruangan akan terjaga kehigienisannya. Ruang yang bersih juga akan mempengaruhi kebersihan makanan ketika diproses dan disajikan.

3. Buat sirkulasi udara yang baik
Dapur merupakan tempat yang banyak menghasilkan asap baik dari kompor maupun masakan. Jika tidak dibuat sirkulasi yang baik, maka dapur akan menjadi pengap, bahkan asapnya akan menyebar ke seluruh rumah. Maka dari itu, dapur minimalis juga perlu memperhatikan sirkulasi udara yang baik.

Anda perlu memperhatikan keberadaan jendela di dapur. Semakin banyak jendela, maka semakin baik pula sirkulasi udaranya. Udara yang mudah keluar masuk akan membantu menjaga kesegaran ruangan. Udara yang segar akan membuat makanan lebih awet dan peralatan memasak terjaga kesterilannya.

4. Beri pencahayaan yang baik

desain dapur klasik, Desain Dapur Tradisional dan Modern, dapur modern minimalis,dapur minimalis terbuka
Dapur dengan pencahayaan yang baik – diminimalis.com

Selain membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik, jendela yang banyak dan besar bisa memberikan pencahayaan yang cukup ke dalam ruangan. Pencahayaan yang baik membuat proses memasak lebih mudah. Ruangan yang terang juga terlihat lebih bersih, segar, dan longgar, sebagaimana ciri dapur minimalis.

Selain itu, semakin banyak cahaya matahari yang masuk ke ruangan, maka kelembaban ruangan menjadi lebih terjaga. Ruangan dengan kelembaban yang baik akan membuat bahan makanan yang disimpan di dapur menjadi lebih awet. Bahan makanan yang kondisi baik akan membuat masakan yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik pula.

5. Hindari terlalu banyak mengoleksi perkakas dapur
Walaupun Anda suka memasak, namun hentikan mengoleksi terlalu banyak perkakas dapur yang sama. Ciri dari desain dapur minimalis adalah menggunakan dekorasi yang sederhana sesuai dengan fungsinya.Jadi, semakin sederhana semakin baik.

Pembelian peralatan yang berlebihan hanya membuat penuh tempat penyimpanan. Apalagi, jika peralatan tersebut jarang digunakan, hanya akan berakhir sia-sia saja. Ingat bahwa dapur minimalis lebih menekankan pada peralatan memasak yang sederhana dan memiliki fungsionalitas.

6. Tambahkan dengan dekorasi yang sederhana
Walaupun dapur adalah tempat yang sangat sibuk dan mudah kotor, namun bukan berarti Anda menghindari menambahkan dekorasi tambahan. Dekorasi yang kecil namun sederhana justru dapat membantu mengubah suasana ruangan menjadi lebih hidup. Sebagai contoh, Anda bisa menambahkan pot tanaman, vas bunga, atau hiasan dinding yang sederhana namun terlihat cantik.

Tentunya, Anda ingin menyajikan sebanyak mungkin makanan yang beragam bagi keluarga Anda, bukan? Meskipun demikian, ada baiknya pilihlah menu yang sehat untuk mencegah kolesterol naik saat lebaran. Tetap perhatikan gizi seimbang, terutama jika anggota keluarga Anda ada yang menderita penyakit kolesterol.

Nah, demi menunjang kebutuhan memasak yang lebih nyaman, desain dapur minimalis di atas bisa coba Anda terapkan. Tata ruang yang sederhana akan memudahkan gerak Anda untuk memasak menu lebaran sehat. Ketika memasak lebih nyaman, maka Anda bisa fokus untuk menyajikan berbagai menu lebaran praktis dan istimewa.(us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed