Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Mengurus Sertifikat Tanah Sendiri, Mudah dan Murah

sertifikat tanah - diminimalis.com

Mengurus sertifikat tanah memang bukan perkara yang sulit jika Anda mengetahui prosedurnya. Jangan sampai kasus petani bawang di Brebes yang dimintai uang sebanyak 1 juta guna mengurus sertifikat tanahnya terulang kembali. Padahal, menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 128 Tahun 2015 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada kementrian agraria dan tata ruang / BPN (Badan Pertanahan Nasional)menyatakan bahwasannya biaya pengurusan sertifikat tanah hanya 50 ribu saja.

Mengurus sertifikat tanah
sertifikat tanah – diminimalis.com

Dari satu contoh kasus di atas seharusnya sudah cukup memberikan pelajaran kepada kita untuk memahami bagaimana cara pengurusan sertifikat yang benar, agar Anda tidak menjadi korban berikutnya. Pastinya, hidup Anda juga akan lebih tenang jika tanah dan bangunan yang ditempati sudah memiliki sertifikat resmi dari BPN. Jadi, ketahuilah dengan baik apa saja syarat pembuatan sertifikat tanah dan bagaimana prosedur permohonannya.

Prosedur mengurus sertifikat tanah

Sebagai panduan diminimalista, berikut kami berikan beberapa persyaratna yang harus dipenuhi saat pengurusan sertifikat tanah, agar terhindar dari para calo yang akan menguras uang Anda.

• mengisi formulir permohonan bermaterai yang memuat identitas diri, luas dan letak tanah, penggunaan tanah, pernyataan ats keberadaan tanah yang tidak dalam sengketa serta pernyataan penguasaan sepenuhnya atas fisik tanah.

• Fotocopy identitas (KTP, KK) pemohon dan kuasa apabila dikuasakan

• Bukti pemilikan tanah/alas hak milik adat/bekas milik adat, baik berupa girik atau yang lain

• Foto copy SPPT PBB Tahun berjalan

• Melampirkan lembar IMB

• Melampirkan bukti SSP/PPh sesuai dengan ketentuan

Baca juga: ijin mendirikan bangunan

Setelah semua persyaratan tersedia, Anda harus segera menuju ke kantor pertanahan di daerah Anda guna mendaftarkannya. Setelah petugas memeriksa kelengkapannya dan dinyatakan lengkap, maka akan ada petugas yang menuju lokasi dimana tanah tersebut berada untuk mengukurnya dan kemudian setelah selesai petugas akan menerbitkan surat ukur tanah beserta gambarnya untuk disahkan.

Mengurus sertifikat tanah
alur mengurus sertifikat tanah – diminimalis.com

Sertifikat baru akan segera terbit sekitar 1 sampai 2 bulan setelah petugas pertanahan mengumumkan hasilnya di kantor dan di Kelurahan tempat tinggal Anda, dengan catatan tidak ada yang memprotes hasil tersebut. Namun, jika ada orang yang merasa keberatan dengan hasil tersebut, maka akan segera diurus oleh petugas dari pertanahan.

Demikian ulasan singkat mengenai bagaimana cara mengurus sertifikat tanah yang harus Anda ketahui. Sertifikat tanah merupakan dokumen penting yang mesti Anda miliki. Dengan kepemilikan sertifikat akan semakin memperkuat kepemilikan Anda atas tanah tersebut jika suatu saat ada sengketa. Salam diminimalis (am).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.