oleh

Ternyata Begininalah Cara Mengupas Cat Dinding yang Efektif

Dinding merupakan salah satu elemen interior rumah yang kerap mengalami perbaikan. Seperti saat kita sudah mulai bosan dengan warna interior rumah, mengganti warna dinding menjadi alternatif terbaik untuk memberikan suasana baru. Mengupas cat dinding lama pun menjadi hal yang wajib dilakukan sebelum mulai mengecat dinding dengan warna yang baru.

Untuk mengganti warna atau motif dinding, umunya alternatif kita tertujua pada wallapaper atau wallstricker, yang bisa kita ganti modelnya akapanpun kita merasa bosan. Namun hal yang sama sebenarnya bisa diterapkan pada dinding yang hanya mengandalkan cat pelapisnya. Anda hanya perlu mempelajari teknis dasar untuk dapat emngganti mengupas cat dan mengga dengan warna baru sesuai keinginan. Nah, kadang karena kurang pahamnya kita tentang cara mengupas cat dinding, membuat kita merasa enggan untuk mengganti suasasana rumah dengan warna cat dinding baru.

Cara Mengupas Cat Dinding
Sebelum mengganti dengan cat baru, Anda perlu mengupas cat dinding dengan cara yang tepat – Diminimalis.com

Menegecat rumah sendiri sebenarnya mudah, namun sebelumnya Anda perlu mengupas cat dinding lama terlebih dahulu. Pengupasan cat dinding dapat menggunakan bahan kimia khusus ataupun tanpa bahan kimia sama sekali.

Langkah-langkah Mengupas Cat Dinding

Sebelum mulai mengupas cat lama di dinding, kita harus mempersiapkan aneka peralatan yang dibutuhkan saat proses pengerjaan. Di antaranya adalah cairan pengelupas cat dinding, kuas cat, sampai dengan sarung tangan. Pastikan Anda sudah mempesiapkan peralatan tersebut agar proses pengupasan cat bisa dilakukan dengan aman dan rapi.

1. Paint Remover

Sesuai namanya, fungsi dari paint remover ialah menghapus cat lama pada dinding. Di dalamnya terkandung bahan kimia sehingga kita harus menggunakannya dengan sangat hati-hati. Selain itu, jika paint remover terkena kulit maka akan menyebabkan reaksi kimia seperti gatal-gatal dan harus segera dibersihkan menggunakan air. Harga paint remover cat dinding bervariasi tergantung merk dan ukuran kemasan.

2. Kuas Cat

mengecat rumah sendiri, teknik mengecat tembok, cara mengecat tembok lama
Siapkan kuas untuk mengecat dinding rumah Anda – diminimalis.com

Kuas cat bisa kita temukan dengan mudah di toko material terdekat. Fungsinya dalam proses pengelupasan cat dinding adalah agar paint remover serta thinner bisa diaplikasikan secara merata. Pilih kuas cat yang ukurannya besar agar proses aplikasi paint remover maupun thinner bisa semakin cepat.

3. Thinner

Thinner dapat digunakan sebagai pengganti paint remover jika harga dari paint remover dianggap terlalu mahal. Fungsi thinner sendiri kurang lebih sama halnya seperti paint remover, yaitu mengelupas cat lama yang ada di dinding. Akan tetapi, kita harus bersabar jika menggunakan thinner karena cara kerjanya tidak secepat paint remover.

4. Ampelas

Ampelas juga material yang mudah ditemukan di toko bahan bangunan. Amplas biasanya digunakan dalam menghaluskan dinding setelah cat terkelupas. Dengan menggunakan ampelas, hasil pengelupasan cat pun terlihat lebih rapi karena ampelas bisa menghilangkan bagian yang susah dihapus oleh paint remover atau thinner.

5. Sarung Tangan

cara menggunakan cat waterproof, cara menggunakan aquaproof, cat aquaproof untuk genteng
Guinakan sarung tangan saat mengecat – Diminimalis.com

Sarung tangan yang digunakan bisa yang terbuat dari kain ataupun karet. Digunakannya sarung tangan terutama adalah agar tangan terhindar dari kontak langsung dengan cairan pembersih yang digunakan. Apalagi, paint remover serta thinner akan memiliki kandungan kimia yang berbahaya bagi kulit jika tersentuh langsung.

6. Sekrap Tangan

Sekrap termasuk dalam salah satu alat yang umum digunakan dalam proses renovasi atau pembangunan rumah. Selain itu, sekrap juga dapat dipakai guna mengelupas cat di dinding. Fungsi lain dari sekrap tangan adalah membersihkan kotoran pada keramik, seperti sisa semen kering yang masih menempel hingga cat yang sulit dikelupas.

Setelah semua bahan dan peralatan telah tersedia, saatnya kita memperhatikan cara mengupas plamir dinding di bawah ini. Sebelum memulai prosesnya, kenakan terlebih dahulu sarung tangan berbahan kain atau karet untuk melindungi kulit. Setelah siap, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Aplikasikan Paint Remover

Ambil kuas, lalu oleskan paint remover atau thinner di dinding yang hendak dihapus. Lakukan secara bertahap di bagian dinding tertentu yang memang sudah siap untuk dikelupas. Diamkan bagian dinding tersebut kira-kira 2 hingga 3 menit hingga terjadi reaksi, cairan akan berubah menjadi gelembung udara akibat reaksi kimia. Jangan diamkan cairan terlalu lama menempel di dinding karena akan membuatnya susah dikelupas.

2. Gunakan Sekrap Tangan

Jika gelembung telah muncul sebagai tanda bahwa cairan pembersih bereaksi, ambil sekrap tangan dan mulailah kelupas cat dinding pada bagian yang bereaksi tersebut. Lakukan hingga ke bagian-bagian lain secara menyeluruh dan merata. Jika semua bagian dinding telah terkelupas, siram permukaanya menggunakan air agar dinding bersih dari bahan kimia yang terkandung dalam remover maupun thinner. Tunggu dinding hingga mengering atau bantu pengeringan menggunakan lap.

3. Gosok Menggunakan Ampelas

Dinding yang telah kering dapat segera digosok menggunakan ampelas. Suara ampelas mungkin akan membuat ngilu pada awalnya, namun seiring gesekan ampelas ke dinding, suara yang membuat ngilu akan mereda. Setelah proses penggosokan menggunakan ampelas selesai, bersihkan dinding menggunakan kain lap dan kita bisa langsung mengecat ulang dinding tersebut.

Hal yang penting diperhatikan dalam melakukan pengupasan cat dinding ialah jangan sampai aroma dari paint remover atau thinner ini terhirup dalam jumlah banyak. Keduanya adalah bahan kimia yang dapat berbahaya bagi tubuh serta kesehatan apabila sampai mengenai kulit atau terkena mata.

Alternatif pengamanan tambahan yang bisa kita lakukan adalah menggunakan masker wajah. Di samping sarung tangan, masker wajah akan bermanfaat agar kita semakin aman dalam melakukan proses pengelupasan cat di bagian atas. Selain itu, penggunaan masker juga bisa meminimalisir alergi yang bisa ditimbulkan dari debu atau aroma remover.

Hal lain yang tak kalah penting dari proses pengelupasan cat dinding ini adalah membersihkan semua peralatan yang digunakan apabila proses sudah selesai. Menjaga kebersihan aneka peralatan merupakan hal yang penting agar terhindar dari kuman dan bakteri serta membuat peralatan tersebut masih dalam keadaan prima saat hendak digunakan kembali. Demikian persiapan dan juga cara mengupas cat dinding yang tepat. Selain soal keindahan, mengganti cat dinding juga harus mempertimbangkan faktor kesehatan.(us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed