Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Mengisi Waktu Sambil Menunggu Buka Puasa? Simak Tips Berikut

Menunggu buka puasa sebaiknya diisi dengan kegiatan yang positif - diminimalis.com

Mengisi waktu sambil menunggu buka puasa bisa dilakukan dengan melakukan berbagai aktifitas yang positif. Bagi ibu-ibu tentu saja yang biasa dilakukan adalah dengan menyiapkan masakan di dapur. Sedangkan bagi anak-anak kadang perlu diarahkan untuk melakukan kegiatan yang dapat mengalihkan dari rasa lapar, namun tidakmenguras banyak tenaga.

 tips mengisi waktu sambil menunggu buka puasa, tips mengisi waktu sambil menunggu buka puasa ramadhan, kegiatan ramadhan untuk anak
Menunggu buka puasa sebaiknya diisi dengan kegiatan yang positif – diminimalis.com

Mengisi Waktu Sambil Menunggu Buka Puasa

Berpuasa bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan, karena di bulan inilah kita bisa mencari pahala sebanyak-banyaknya dengan melakukan aktivitas yang bermanfaat. Pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan mengulas untuk Anda terkait tips mengisi waktu sambil menunggu buka puasa.

Bagi Anda yang bekerja, mungkin sebagian waktu Anda akan disibukkan dengan rutinitas pekerjaan sehingga tidak akan terasa meski sedang berpuasa sekalipun. Kegiatan-kegiatan yang Anda lakukan di bulan suci Ramadhan diharapkan dapat menambah keimanan dan terhindar dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa.

Hal yang paling lazim bisa kita lakukan sambil menunggu waktu berbuka, adalah dengan banyak-banyak membaca Al- Qur’an. Membaca Al-Qur’an merupakan aktifitas yang sangat dianjurkan saat bulan puasa Ramadhan. Meski banyak orang yang baru sempat membaca Al-Qur’an di malam hari, namun tak ada salahnya kita membacanya di siang aatu sore hari ketika sudah tidak ada lagi kesibukan lain yang kita kerjakan. Membaca Al qur’an di siang hari tidak membutuhkan banyak energi, sehingga aktivitas ini sangat tepat kita lakkan sambil menunggu buka puasa tiba.

aktivitas lain yang bisa Anda lakukan sambil menunggu buka, adalah dengan mendengarkan ceramah atau murotal (bacaan kitab suci Al qur’an). Saat bulan suci Ramadhan, kerpa dijadikan sebagai moment untuk mengkaji agama sebanyak-banyaknya. Mendengarkan ceramah ini sangat bermanfaat untuk menambah keimanan dan pengetahuan tentang islam yang kadang jarang kita sempatkan pada bulan-bulan lain. Sedangkan mendengarkan murotal bisa membantu kita untuk menghafal surat-surat yang ada di Al-Qur’an.

hidangan takjil dan buka puasa, makanan takjil dan buka puasa, hidangan takjil untuk buka puasa
Contoh menu takjil sehat untuk berbuka puasa – diminimalis.com

Di lain kesempatan, sekali-kali Anda bisa mengajak keluarga untuk jalan-jalan sambil belaja takjil. Anda bisa menghabiskan waktu Anda dengan melihat suasana keramaian di sore hari yang tidak biasa dilihat di luar bulan Ramadhan. Hal ini akan menjadi penting, karena Anda akan memiliki momen untuk lebih dekat dengan keluarga dengan jalan-jalan bersama.

Aktivitas yang tak kalah mengasyikkan adalah memasak bersama-sama di dapur. Mungkin hal ini terdengar sepele, namun hal sederhana ini bisa dijadikan sebagai kegiatan seru bagi keluarga Anda. Dari situ Anda bisa mencoba menu-menu baru atau bereksperiman dari referensi menu yang kita dapat dari majalah atau internet.

Tips terakhir yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah dengan melakukanolah raga ringan. Meskipun berpuasa, tubuh harus tetap fit dan sehat. Jadi, Anda tetap bisa berolahraga walau dalam keadaan sedang berpuasa. Anda bisa melakukan olahraga yang ringan dengan berlari-lari kecil di sore hari sembari menunggu waktu berbuka puasa. Semoga tips dari kami kali ini dapat menjadi referensi bagi Anda untuk bisa melakukan aktivitas positif sambil menunggu waktu berbuka tiba, semoga bermanfaat.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.