oleh

Kegiatan-kegiatan ini Bisa Mengisi Liburan Anak Anda Menjadi Berkesan

Libur sekolah merupakan momen yang paling ditunggu oleh anak yang masih sekolah. Di hari-hari awal liburan, mereka masih antusias menikmati libur dengan berbagai rencana kegiatan yang sudah mereka rencanakan sendiri. Namun di hari-hari berikutnya, mereka akan jenuh, karena masih ada sisa hari libur yang tak belum belum sempat mereka agendanya belum mereka rencanakan. Untuk itu, sebagai orang tua alangkah baiknya turut merancang agenda positif untuk mengisi liburan anak agar mereka tidak jenuh di rumah. Hal ini penting, sebagaimana Anda menyiapkan menu masakan harian untuk mereka.

cara mengisi liburan anak, aktivitas liburan di rumah, mengisi liburan sekolah yang bermanfaat, kegiatan liburan kreatif, mengisi liburan yang bermanfaa tips mengisi liburan sekolah, cara mengisi liburan panjang di rumah
Saat liburan, anak-anak perlu diberikan kegiatan yang positif dan mengasah keratifitas mereka – Diminimalis.com

Mengisi liburan anak dengan kegiatan positif

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa kegiatan yang cocok dilakukan untuk mengisi liburan anak Anda, diantaranya yaitu :

Berkemah

Berkemah bisa dilakukan di bumi perkemahan atau sekedar di taman rumah. Ajak buah hati Anda mereka mendirikan tenda, memasang tikar dan menyiapkan makanan ala perkemahan. Berkemah akan melatih anak bekerja-sama, mengenal lingkungan, menghadapi dan memecahkan masalah. Meskipun ini terlihat sederhana, namun bagi mereka, aktivitas ini merupakan pengalaman berharga yang sangat berkesan bagi mereka.

Bersepeda

Di pagi atau sore hari, ajak buah hati Anda untuk bersepeda, meski masih menggunakan sepeda roda tiga. Ajak keliling komplek, sambil membeli jagung bakar atau jajanan lain di taman. Nikmati makanan tersebut sambil istirahat dan menikmati suasana asri ataman, tentu ini sangat menyehatkan fisik dan pikiran buah hati Anda.
.
Berwisata ke kebun buah

Ajak anak ke tempat wisata perkebunan buah. Karena makan langsung strowberi atau apel hasil petikan sendiri sungguh menyenangkan. Aktivitas ini akan membuatnya mengenal mana buah yang sudah siap petik dan belum. Sensasinya jelas beda ketika mereka makan buah hasil membeli dari penjual buah. Meski mereka terbiasa makan buah yang sudah tersaji di atas meja, sebenarnya mereka mendambakan bisa sepuasnya memetik aneka buah secara langsung di pohon. Maka mengajak mereka berwisata ke kebun buah, merupakan kesempatan terbaik yang sudah lama mereka dambakan.

Memasak

Mengsisi liburan anak dengan mengajaknya memasak bersama merupakan aktivitas paling sederhana dan murah. Namun dapat memberi kesan besar bagi buah hati Anda. Ajari mereka mulai dari mencuci buah dan sayur, mengocok telur, mengambil bumbu, mengaduk adonan hingga menggoreng. Dengan begitu, buah hati mereka akan bangga menikmati hasilnya. Bila selama ini mereka susah makan, maka dengan ikut langsung proses memasak di dapur, mereka akan dengan antusias menikmati makanan hasil masakan mereka sendiri. Disini Anda juga bisa mengajarkan mereka pola masakan yang sehat, agar mereka tidak selalu kepingin dengan jajan luar yang tidak terjamin kesehatannya.

Ajak mereka mengunjungi kebun binatang

Setiap anak selalu penasaran dan ingin melihat langsung aneka hewan yang sering dilihat di buku maupun televisi. Maka mengajaknya berlibur ke kebun binatang bisa menjadi hadiah terindah bagi buah hati Anda. Sensasi melihat secara langsung berbagai hewan yang langka dan liar, merupakan pengalaman tak terlupakan bagi mereka. Terlebih bila buah hati Anda bisa aktif berinteraksi dengan hewan tersebut, misal sekedar main atau memberi makan. Tentu cara ini dapat membuat anak Anda girang dan bahagia.

Jadikan waktu liburan sebagai momen family time bersama anak

Bila pada hari-hari biasanya Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk bersama anak, maka pada hari libur ini Anda memiliki kesempatan untuk bisa menghabiskan waktu bersama buah hati tercinta.
Meskipun orang tua tetap tak bisa meninggalkan rutinitas sehari-hari, namun manakala anak-anak sudah memasuki liburan sekolah, maka luangkanlah untuk menghabiskan waktu waktu untuk menjalin kedekatan dengan anak, walaupun tidak sepanjang hari libur anak. Saat itu orang tua dan anak bisa saling berbagi cerita, menyampaikan uneg-uneg yang selama ini dipendam, atau sekedar seru-seruan di ruang keluarga atau taman samping rumah.

Tentu saja hal ini tak semua bisa dilakukan di hari-hari lain, maka pada kesempatan liburan sekolah, bisa dijadikan momen untuk meningkatkan intensitas kedekatan dengan anak, untuk memastikan bahwa mereka tetap mendapat perhatian utuh dari keluarga. Secara psikologis ini penting bagi mereka, supaya mereka tidak melampiaskan perhatiannya pada hal diluar keluarga mereka, akibat kurangnya kasih sayang yang didapat. Dari situ Anda juga bisa peka terkait hal-hal apa saja yang menjadi masalah, dan Anda saat itu Anda juga bisa membekali anak untuk membentengi diri dari dampak buruk pergaulan yang tidak jelas di luar rumah.

Ajak mereka untuk mengunjungi museum

Ada banyak jenis museum yang bisa menambah banyak wawasan baru untuk buah hati Anda. Anda bisa memilih museum pembangunan, museum transportasi museum sejarah dan lain sebagainya. Di sana, anak-anak akan mendapatkan berbagai pengetahuan baru yang tak semuanya didapat di sekolah. Ini merupakan pengalaman yang layak untuk mereka dapatkan dan sakan sangat berkesan bagi mereka.

Ajak anak untuk wisata kuliner

Sesekali memang perlu bagi buah hati Anda untuk mengenal ragam jenis masakan yang ada di Indonesia. Agar mereka tak jenuh dengan masakan rumah, dan bunda bisa sesekali libur memasak, maka jalan-jalan untuk wisata kuliner bersama keluarga layak masuk agenda liburan buah hati mereka. Kenalkan mereka berbagai kuliner Indonesia, agar tak hanya mengenal restoran junk food yang tidak baik untuk kesehatan mereka untuk jangka panjang. Karena moment ini tidak mesti dilakukan tiap hari, maka totalitaslah. Lupakan diet dan program-program food combine lainnya. Ini adalah saat ceating, dimana Anda perlu berlibur juga untuk mengkonsumsi pola yang sama, agar tidak jenus menjalani program diet berikutnya. Ini tidaklah masalah, karena hanya dilakukan sesekali saja, asal And atetap kembali disiplin menjalankan pola diet di hari-hari berikutnya.

Pesta Barbeque.

Pesta barbeque, Pesta barbeque di rumah, menu untuk acara barbeque
pilihlah daging berkualitas untuk pesta barbeque Anda – diminimalis.com

Pesta barbeque (BBQ) merupakan kegiatan pesta kecil-kecilan sambil mengolah produk daging dengan memanaskan daging pada alat panggang menggunakan media bara api, arang, atau charcoal (sejenis batu yang diperuntukkan bagi kegiatan BBQ). Pesta ini cocok dilakukan untukmenghilangkan penat akibat banyaknya rutinitas dan kesibukan yang hampir bisa membuat lupa bagaimana caranya untuk bersantai.
Anda bisa melakukan pesta barbaque kecil-kecilan di taman belakang rumah. Selain sebagai area hijau yang baik untuk kesehatan, taman di belakang rumah yang sudah dipagari juga dijadikan area pesta barbeque.
Bila Anda memerlukan gazebo untuk pesta barbeque Anda, saat ini banyak jasa yang menyewakan gazebo portable. Rental gazebo ini biasanya dgunakan untuk acara pesta pernikahan dan event- event di luar runagan.

Berkebun.

Ada begitu banyak manfaat mengajarkan anak mencintai tanaman. Anda bisa menerangkan tentang tanggung jawab universal manusia untuk menjaga kelestarian alam, atau bisa juga dengan menularkan rasa cinta pada anekatanaman yang ada taman maupun di dalam rumah minimalis Anda.

Di sisi lain, dengan mengajarkan anak untuk aktif merawat tanaman di sekitar rumah minimalis Anda, Anda akan mendapatkan moment untuk bisa menikmati kebersamaan bersama sang buah hati dengan cara yang paling sederhana tanpa perlu biaya mahal. Dan saat itulah, memori kebersamaan ini akan menjadi anchor (jangkar), diantara banyak ingatan dia pada kehangatan keluarga. Dan bila hal ini sudah mengena, maka anak tak akan mudah tergoda untuk banyak menghabiskan waktu di luaran sana yang tak semuanya bisa kita kontrol.

Demikian ulasan kami tentang cara mengisi liburan anak dengan kegiatan yang bermanfaat, semoga ulasan kami di atas dapat membantu Anda untuk memberikan berbagai rencana kegiatan positif yang bermanfaat untuk buah hati Anda saat libur sekolah. (ls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.