Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

4 Tips Mudah Menghitung Anggaran Membangun Rumah Minimalis

Untuk menghindari pengeluaran yang membengkak, maka Anda perlu menghitung dengan cermat, anggaran untuk membangun rumah Anda - Diminimalis.com

Rumah merupakan kebutuhan hidup yang esensial bagi manusia. Rumah memberikan rasa aman dan nyaman karena rumah melindungi manusia dari teriknya sinar matahari, derasnya guyuran hujan, dan kencangnya hembusan angin. Tentu saja untuk mendapatkan sebuah rumah yang aman dan nyaman bukanlah perkara yang mudah. Hal ini dikarenakan harga rumah yang aman dan nyaman kerap menjadi kendala, terutama bagi orang-orang yang berasal dari kelas ekonomi menengah ke bawah. Sehingga, menghitung anggaran membangun rumah yang minimalis harus dilakukan secara teliti, supaya tidak terlalu membebani keuangan.

Padahal dewasa ini, rumah yang aman dan nyaman tidak lagi dijual dengan harga yang selangit. Sekarang sudah ada rumah minimalis yang memberikan keamanan dan kenyamanan, sekaligus harga yang terjangkau bagi semua kalangan. Sesuai dengan namanya, rumah minimalis mengusung konsep pengaturan ruangan yang seefisien mungkin dengan menggunakan perabotan rumah yang sesedikit mungkin. Sehingga, rumah minimalis memiliki ruangan yang terlihat lapang.

Menghitung Anggaran Membangun Rumah, cara menghitung biaya bangun rumah type 36, cara murah bangun rumah, biaya bangun rumah type 45, cara menghitung bahan bangunan per meter persegi, menghitung biaya bangun rumah sendiri
Untuk menghindari pengeluaran yang membengkak, maka Anda perlu menghitung dengan cermat, anggaran untuk membangun rumah Anda – Diminimalis.com

Rumah dengan konsep minimalis sangat cocok untuk kehidupan di era modern ini atau di lingkungan perkotaan yang lahannya sudah sempit. Langkah pertama untuk membangun rumah minimalis adalah dengan menghitung anggaran membangun rumah. Anggaran untuk membangun rumah harus dirancang secara detail supaya semua kebutuhan yang diperlukan untuk membangun rumah tidak ada yang terlewat.

Cara Mudah Menghitung Anggaran Membangun Rumah Konsep Minimalis

Persiapan merupakan langkah pertama yang harus dilakukan untuk membangun rumah dengan konsep minimalis, khususnya persiapan biaya. Biaya bangun rumah type 36 harus dipersiapkan dengan jumlah yang cukup supaya pembangunan rumah dengan konsep minimalis bisa selesai dalam waktu yang cepat. Di bawah ini akan dipaparkan secara lengkap mengenai cara menghitung biaya bangunan rumah type 36 supaya uang yang dikeluarkan untuk membangun rumah dengan konsep minimalis bisa dikendalikan.

  1. Tentukan Tipe Rumah Minimalis yang Diinginkan
atap pelana, atap pelana minimalis, atap limasan, macam macam bentuk atap rumah
Tentukan tipe rumah Anda, sebelum mulai membangunnya – Diminimalis.com

Langkah pertama dalam menghitung anggaran membangun rumah adalah menentukan rumah minimalis seperti apa yang diinginkan. Perlu diketahui bahwa rumah dengan konsep minimalis terdiri dari beberapa tipe. Setiap tipe rumah minimalis memiliki luas lahan, luas bangunan, biaya pembangunan, serta konsep bangunan yang berbeda-beda. Pemilihan tipe rumah minimalis bisa dilakukan dengan mempertimbangkan jumlah penghuni rumah serta kemampuan finansial. Beberapa tipe rumah dengan konsep minimalis antara lain tipe 36, tipe 42, tipe 54, dan tipe 72.

2. Tentukan Metode Pembangunan Rumah

Setelah menentukan tipe rumah yang diidamkan, langkah menghitung biaya bangun rumah sendiri yang selanjutnya adalah dengan menentukan metode pembangunan rumah. Langkah ini tidak boleh dilakukan karena berkaitan dengan besarnya biaya yang dibutuhkan untuk membayar tukang bangunan atau pihak konstruksi yang membantu proses pembangunan rumah. Di dalam dunia konstruksi, ada dua jenis metode pembangunan rumah, yaitu harian dan borongan.

Jika memilih metode harian, Anda harus membuat kesepakatan dengan tukang bangunan atau pihak konstruksi mengenai upah yang harus dibayarkan setiap hari sekaligus menentukan berapa lama durasi kerja orang-orang yang membantu proses pembangunan rumah.

Sedangkan, jika memilih metode borongan, Anda akan membuat kesepakatan dengan tukang bangunan atau pihak konstruksi terkait biaya yang akan Anda bayarkan untuk membangun rumah sekaligus tenggat waktu pembangunan rumah. Anda akan membayar biaya pembangunan rumah jika pekerja bangunan berhasil menyelesaikan pembangunan rumah sesuai tenggat waktu yang ditentukan. Sehingga, Anda tidak perlu mengatur jam kerja bagi para pekerja bangunan.Kedua metode pembangunan rumah tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Tinggal bagaimana cara Anda untuk memilih metode pembangunan rumah yang sesuai dengan kebutuhan. Bila Anda ingin mendapatkan rancangan rumah terbaik, tak ada salahnya Anda konsultasi dengan arsitek, karena ada banyak hal yang dipertimbangkan oleh arsitek untuk merancang rumah terbaik/

3. Hitung Kebutuhan yang Diperlukan untuk Rumah Minimalis

Menghitung Anggaran Membangun Rumah, cara menghitung biaya bangun rumah type 36, cara murah bangun rumah, biaya bangun rumah type 45, cara menghitung bahan bangunan per meter persegi, menghitung biaya bangun rumah sendiri
Hitung anggaran yang akan Anda butuhkan untuk membangun rumah minimalis Anda – Diminimalis.com

Untuk mendapatkan rancangan biaya pembangunan rumah yang terperinci, Anda harus menghitung seluruh kebutuhan yang diperlukan untuk membangun rumah minimalis yang diidamkan. Banyaknya kebutuhan yang diperlukan untuk membangun rumah minimalis disesuaikan dengan luas lahan dan desain bangunan rumah. Jika sudah mempertimbangkan dua hal tersebut, Anda bisa memulai mencatat keperluan pembangunan rumah yang sifatnya pokok seperti batu bata, pasir, semen, batu, kawat, kayu, genteng, dan lain-lain. Kemudian, sesuaikan jumlah kebutuhan bangunan tersebut dengan kebutuhan.

Anda bisa berkonsultasi dengan pihak pekerja bangunan untuk mengetahui jumlah material yang dibutuhkan dan estimasi harga material tersebut. Jika material pokok untuk membangun rumah sudah dibeli, maka catatlah kebutuhan pembangunan rumah yang ‘kecil’ tetapi sangat penting, seperti daun pintu, gagang pintu, engsel, kusen, wastafel, ember, keran air, dan kebutuhan lain yang terlihat sepele tetapi harus ada di setiap rumah.

4. Siapkan Uang untuk Pembangunan Rumah

Jika Anda sudah menentukan tipe rumah, metode pembangunan, serta material pembangunan rumah, Anda bisa menjumlahkan berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah dengan konsep minimalis. Setelah mendapatkan jumlah biaya pembangunan rumah minimalis yang pasti, Anda bisa menyiapkan uang yang dibutuhkan untuk memenuhi semua kebutuhan pembangunan rumah.

Namun perlu diingat, bahwa Anda tidak disarankan menyiapkan uang untuk membangun rumah minimalis dengan jumlah yang sesuai dengan rancangan anggaran pembangunan rumah. Anda bisa menambahkan biaya pembangunan rumah sebesar beberapa juta Rupiah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga, seperti kenaikan harga lahan, kenaikan harga material, kenaikan upah pekerja bangunan, asuransi rumah, asuransi pekerja, dan masih banyak lagi.

Demikian penjelasan mengenai empat cara murah bangun rumah dengan konsep yang minimalis. Semoga penjelasan di atas bisa menjadi sumber referensi bagi Anda yang tengah dilanda kebingungan menghitung anggaran membangun rumah.(us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.