Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Menghilangkan Karang Gigi Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Menghilangkan karang gigi bisa Anda lakukan sendiri menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah minimalis Anda - diminimalis.com

Setelah tema do it yourself yang lalu kita mengulas tentang tema tentang pertukangan, kali ini ada baiknya kita mengulas tentang cara menghilangkan karang gigi sendiri. Seberapapun upaya kita memake over rumah untuk tampil menawan, semua harus dimulai dengan kedisiplinan merawat diri sendiri, mulai dari hal terkecil, sepakat?

cara membersihkan karang gigi, cara menghilangkan karang gigi dengan garam,   cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda,
Menghilangkan karang gigi bisa Anda lakukan sendiri menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah minimalis Anda – diminimalis.com

Karang gigi adalah tumpukan plak yang mengeras pada gigi yang mengandung bakteri. Hal ini disebabkan protein yang menumpuk pada gigi tidak sempurna dibersihkan sehingga terjadi pengerasan. Awalnya, karang gigi hanya berupa plak yang teksturnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu lunak. Namun, karena semakin menumpuk sehingga terjadi pengerasan.


Dampak dari karang gigi adalah gusi bengkak dan gigi berlubang. Itulah sebabnya mengapa kita wajib merawat kebersihan gigi. Sejatinya, kita merasa kalau gigi kita sudah bersih dan sehat. Merawat gigi dengan mengosok gigi dua kali sehari pagi selepas sarapan dan malam sebelum tidur nyatanya belum sempurna membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Sisa-sisa makanan inilah yang menjadi sumber bakteri, lalu menjadi plak dan akhirnya menjadi karang gigi.

Karang gigi dapat merusak email gigi dan membuat gigi menjadi kotor dan kuning di bagian pangkal gigi. Tentuya membuat kepercayaandiri Anda menurun karena gigi yang kurang bersih dan biasanya menimbulkan bau mulut. Berbagai cara membersihkan karang gigi perlu Anda lakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan prestasi Anda terlebih jika Anda sering bertemu orang banyak.

Menghilangkan Karang Gigi Sendiri dengan Mudah

Cara membersihkan karang gigi dapat Anda lakukan dengan biaya murah dan mudah Anda lakukan. Nah, ada beberapa tips untuk Anda dalam membersihkan karang gigi yang menempel pada gigi Anda.

1. Baking soda

Membersihkan rumah
Baking soda dapat digunakan untukmembersihkan karang gigi – diminimalis.com

Baking soda ternyata mampu membersihkan karang gigi pada mulut Anda. Caranya dengan membubuhkan baking soda pada pasta gigi yang akan anda gunakan untuk menggosok gigi. Cukup dengan membubuhkannya diatas pasta gigi lalu gunakan untuk menyikat gigi. Namun, tidak disarankan menggunakannya setiap hari karena kandungan dalam baking soda dapat merusak email gigi sehingga gigi mudah retak dan keropos. Cukup gunakan 1bulan sekali saja dalam penggunaan baking soda untuk membersihkan karang gigi.

2. Strawberi dan tomat

Buah strawberi dan tomat mengandung banyak vitamin C yang berguna sebagai antiokasidan yang mempu membunuh bakteri. Caranya buah strawberi digosokkan pada gigi Anda secara merata, dan tunggulah lebih kurang 10menit agar kandungan vitamin C pada strawberi bekerja melunakkan karang gigi dan membunuh bakteri penyebab plak. Lalu bersihkan dengan berkumur menggunakan air bersih dan sikat gigi menggunakan pasta gigi yang biasa Anda gunakan.

3. Arang Aktif

Membersihkan karang gigi dengan menggunakan arang aktif ternyata telah dilakukan sejak dulu. Arang aktif yaitu pembakaran bambu atau tempurung kelapa yang dibakar secara destilasi kering atau pembakaran tanpa menggunakan oksigen sehingga menghasilkan arang aktif. Arang aktif atau charcoal yang dicampur dengan minyak kelapa murni dan papermint dapat digunakan sebagai pasta gigi penghilang karang gigi.

4. Pewarna makanan

Pewarna makanan digunakan untuk mendeteksi letak-letak karang gigi yang menempel pada gigi. Caranya terlebih dahulu bibir diolesi dengan petroleum jelly agar pewarna makanan tidak menempel pada bibir. Campurkan pewarna makanan sebanyak 1 sdt dengan 1 sdm air. Campuran tersebut lalu digunakan untuk berkumur-kumur beberapa detik. Buang dan bercerminlah untuk melihat karang gigi yang menempel pada gigi Anda. Bagian gigi yang berwarna menunjukkan adanya karang gigi pada daerah tersebut. Lalu gosok gigi Anda dan fokuslah menyikat gigi pada daerah gigi yang berwarna tadi untuk merontokkan karang gigi Anda. Jangan lupa gunakan mounthwash untuk membasmi bakteri penyebab karang gigi.

Membersihkan karang gigi sejatinya mudah dan murah. Bahan-bahannya pun dapat Anda dapatkan pada dapur Anda. Namun, tidak ada salahnya Anda memeriksa kesehatan gigi dan mulut Anda ke dokter setiap 6 bulan sekali untuk menjaga gigi tetap bersih dan sehat, semoag bermanfaat (ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.