oleh

Mari Menghias Rumah Menyambut Ramadhan Bersama Keluarga

Ramadhan merupakan bulan suci yang selalu dinanti umat Islam. Tidak terasa, kedatangannya pun sudah bisa dihitung dengan jari, sehingga kita harus mempersiapkan diri dengan baik. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah dengan menghias rumah menyambut Ramadhan, agar nuansa kental bulan puasa semakin membuat keluarga kita bersemangat untuk memaksimalkan ibadah.

Hal pertama ketika menghias rumah menyambut Ramadhan adalah menentukan sudut mana yang akan didekorasi. Sebaiknya, lakukanlah perencanaan yang baik, agar bisa fokus pada tujuan dan juga menghemat budget. Sebagai contoh, agar atmosfir islami muncul di dalam rumah, Anda bisa menempelkan stiker dinding kaligrafi, dan meletakkan lampu khas Timur Tengah. Lampu tersebut bisa diletakkan di ruang makan, teras, dan ruang keluarga.

 menghias rumah menyambut ramadhan, dekorasi ramadhan, dekorasi ramadhan hotel, dekorasi ramadhan di mall
Karena Romadhan adalah bulan yang mulia, tak ada salahnya Anda mendekorasi rumah untuk menyambut bulan suci ini – Diminimalis.com

Tips Menghias Rumah Menyambut Ramadhan

• Menentukan Tema Warna

Mendekorasi ruangan bisa dengan mengaplikasikan warna tertentu yang menjadi kesukaan Anda. Berhubung dalam rangka menyambut Ramadhan, sebaiknya pilihlah warna yang identik dengan bulan suci ini, seperti warna putih, putih tulang, warna pastel, atau warna-warna terang. Apabila memilih putih sebagai dominasi warna, maka kombinasikan dengan warna pastel atau pun bold.

Biasanya, warna perak dan biru adalah warna yang identik dengan bulan Ramadhan. Anda bisa memilih salah satu atau mengombinasikannya. Selanjutnya, Anda pun bisa memilih sarung bantal sofa yang memiliki motif ala Timur Tengah, karpet warna senada dengan motif tertentu, dan hiasan dinding. Motif Timur Tengah akan menambah kekenataln nuansa Ramadhan di dalam rumah.

• Menempelkan Stiker Dinding

 menghias rumah menyambut ramadhan, dekorasi ramadhan, dekorasi ramadhan hotel, dekorasi ramadhan di mall
Tempelkanj stiker dinding untuk menyambut bulan Ramadhan – Diminimalis.com

Stiker dinding merupakan pilihan menarik dan praktis untuk menghias rumah. Sebaiknya pilih stiker dinding bertuliskan kaligrafi dengan warna tertentu, bisa hitam, keemasan atau pun perak. Sesuaikan dengan warna dinding Anda agar stiker bisa terlihat. Anda bisa menempelkannya di ruang makan, ruang keluarga, ruang tamu, dan mushola rumah.

Akan lebih baik apabila Anda memilih stiker dinding yang juga bertemakan Idul Fitri agar nantinya bisa ditempelkan selepas Ramadhan. Hal yang perlu diperhatikan adalah tempelkan stiker pada dinding yang kosong, tanpa ada hiasan lain agar stiker terlihat menonjol. Selain itu, stiker kaligrafi sudah cukup ramai sehingga kurang cocok dipadukan dengan hiasan lain.

• Menggunakan Aksesoris Khas Bulan Puasa

Bulan Ramadhan selalu mendatangkan rejeki berlimpah bagi siapa pun, termasuk para pengrajin aksesori rumah. Anda bisa memanfaatkan hiasan yang dibuat para pengrajin ini untuk mendekorasi rumah. Hiasan khas Ramadhan yang bisa dipajang antara lain miniatur masjid yang berwarna-warni, kaligrafi, miniatur kubah masjid, dan lampu berbentuk bulan sabit.

Lampu tersebut bisa Anda letakkan di meja, dan pilihlah desain lampu yang berbeda agar tampak lebih cantik. Hiasan seperti miniatur masjid atau kubah pun bisa Anda letakkan di meja-meja, dan bahkan bisa Anda gantungkan apabila miniatur tersebut terbuat dari kertas dengan kerangka bambu. Miniatur yang bergantung tersebut tentu akan menyemarakkan suasana rumah.

• Semarakkan Mushola di Rumah

Mushola yang ada di dalam rumah tidak boleh dibiarkan begitu saja ketika Ramadhan tiba. Percantik mushola rumah dengan melakukan dekorasi ulang seperti menggantungkan kaligrafi dinding, lukisan ka’bah, ukiran bertuliskan Allah dan Rasulullah, dan hiasan lain yang bernuansa islami. Selain itu, Anda juga bisa mengganti sajadah yang lama dengan sajadah baru yang memiliki motif lebih bagus.
Menghias Rumah Menyambut Ramadhan Bersama Anak-Anak

Di bawah ini ada beberapa kegiatan menyambut ramadhan bersama buah hati tercinta, diantaranya yaitu :

• Membuat Gambar Masjid

 menghias rumah menyambut ramadhan, dekorasi ramadhan, dekorasi ramadhan hotel, dekorasi ramadhan di mall
Buatlah hiasan yang menggambarkan nuansa Islami di rumah – Diminimalis.com

Menghias rumah dalam rangka menyambut Ramadhan memang mengasyikkan apalagi jika melibatkan anak-anak di dalam prosesnya. Agar si kecil semakin bersemangat untuk melakukan ibadah puasa dan ibadah lain selama Ramadhan, maka ajaklah juga mereka untuk menghias rumah. Salah satu yang bisa dibuat adalah menggambar masjid di kertas warna-warni.

Biarkan anak berkreasi saat menggambar masjid, kemudian hasilnya bisa ditempel di kamar mereka, di ruang keluarga atau ruang lain yang memungkinkan. Agar lukisan lebih rapi dan lebih awet, sebaiknya masukkan ke dalam pigura. Selain masjid, Anda juga bisa mengarahkan anak untuk menulis ‘Selamat Datang Ramadhan’ atau tulisan lain yang berkaitan dengan bulan puasa.

• Mewarnai Kaligrafi

Selain menggambar, mewarnai kaligrafi yang sudah jadi juga bisa menjadi pilihan lain yang bagus. Anda tinggal membeli kaligrafi hitam putih yang siap untuk diwarnai, dan juga perlengkapan mewarnai. Dampingi ketika anak mewarnai kaligrafi agar mereka kegembiraan menyambut Ramadhan, semakin membuat mereka semangat berpuasa. Hal ini termasuk salah satu kegiatan untuk mengisi waktu sambil menunggu waktu berbuka. Hasil mewarnai tersebut bisa dipajang di meja belajar anak, dinding kamar, atau pun lemari.

Membuat Hiasan dari Kertas

Anda juga bisa memanfaatkan kertas sebagai bahan membuat hiasan khas Ramadhan. Sebaiknya, gunakan kertas yang berwarna cerah agar membuat suasana rumah semakin ceria. Hiasan yang bisa dibuat antara lain bulan sabit, bintang, kubah masjid, dan tulisan Ramadhan. Agar bisa menggantungkan bulan sabit dan bintang, Anda bisa membuat pohon-pohonan dari ranting pohon.

Selain itu, Anda juga bisa membuat tempat lampu dari kertas dengan terlebih dahulu membuat kerangka dari bambu berbentuk bulat atau bentuk lain. Kemudian lapisi kerangka tersebut dengan kertas berwarna-warni. Lampu-lampu tersebut bisa Anda letakkan di meja atau pun digantungkan. Suasan Ramadhan semakin semarak dengan hiasan yang Anda buat bersama anak-anak.

Rumah merupakan bagian penting yang perlu diperhatikan dalam rangka menyambut bulan Ramadhan. Dengan mendekor ulang rumah dengan hiasan khas Ramadhan, maka akan memberikan semangat tersendiri bagi seluruh anggota keluarga dalam beribadah. Oleh sebab itu, menghias rumah menyambut Ramadhan sebaiknya dilakukan beberapa hari sebelum Ramadhan tiba agar saat puasa tiba, Anda dan keluarga bisa fokus memaksimalkan ibadah. (us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed