Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Terbukti! Kebiasan ini Dapat Menghemat Kuota Internet Secara Drastis

Dengan melakukan beberpa pola dan settingan tertentu, Anda bisa lebih menghemat penggunaan kuota internet Anda - Diminimalis.com

Menghemat kuota internet adalah hal penting yang wajib dilakukan, supaya pengeluaran bulanan tidak membengkak. Banyak cara yang bisa dilakukan agar kuota internet tidak boros, mulai dengan meminimalisir aktifitas mendownload video, menggunakan browser yang bisa mengkompres data, dan lain sebagainya. Nah, untuk tips selengkapnya, silahkan Anda simak penjelasan berikut ini.

cara menghemat kuota internet axis cara menghemat kuota internet xl cara menghemat kuota internet 3 cara hemat kuota telkomsel cara menghemat kuota di xiaomi cara menghemat kuota indosat ooredoo cara agar paket internet tidak cepat habis cara menghemat kuota youtube
Dengan melakukan beberpa pola dan settingan tertentu, Anda bisa lebih menghemat penggunaan kuota internet Anda – Diminimalis.com

Tips Menghemat Kuota Internet Secara Ampuh

1. Ubah fitur Maps Anda ke Mode Offline

cara menghemat kuota internet axis cara menghemat kuota internet xl cara menghemat kuota internet 3 cara hemat kuota telkomsel cara menghemat kuota di xiaomi cara menghemat kuota indosat ooredoo cara agar paket internet tidak cepat habis cara menghemat kuota youtube
Ubahlah fitur map ke mode offline – Diminimalis.com

Untuk mengatasi borosnya kuota dari penggunaan aplikasi Maps, Anda bisa mengubah pengaturan Maps ini dari mode online ke mode offline. Tekan pada Search Bar yang berada di bagian atas lalu geser ke bawah sampai pilihan `Save map to use offline’, kemudian pilih opsi save untuk berpindah ke mode offline.

2. Gunakan Aplikasi `Mailbox` Untuk Keperluan Email

Keperluan surat menyurat secara elektronik (email) seperti membuka email, mengunggah atau mengunduh file attachment dari email, tentu akan membuat kuota Anda tersedot banyak. Solusinya, Anda bisa mengunduh aplikasi Mailbox dari Dropbox yang telah tersedia diplatfom Android dan iOS untuk mengatasi hal ini. Dengan bantuan aplikasi ini, Anda bisa menyimpan data yang seharusnya tersedot ketika menggunakan email.

3. Pakai Browser yang Lebih Efisien

Saat ini banyak sekali browser yang bisa kita pilih. Biasanya masing-masing browser punya kelebihan tertentu. Nah, untuk Anda yang ingin menghemat kuota internet, maka sebaiknya pilih browser yang efisien, seperti Opera Mini dan sejenisnya. Karena browser tersebut memiliki fitur data-saving `video boost`, serta opsi lainnya yang bisa membuat penggunaan kuota diminimalisir sekecil mungkin. Tentunya sangat menguntungkan bukan?

4. Hilangkan tampilan iklan di browser

Saat tengah berkelana di dunia maya atau browsing, seringkali jari kita tak sengaja menyentuh tampilan iklan di website-website yang kita kunjungi. Nah, untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda memasang Adblock Plus guna memblokir atau mematikan tampilan iklan di browser atau di halaman website tersebut. Perlu diketahui, selain membuat tampilan halaman menjadi terganggu, iklan-iklan yang muncul tersebut bisa membuat kuota lebih boros.

5. Non-aktifkan Opsi Sinkronisasi yang Tidak Diinginkan

Opsi sinkronisasi memang cukup membantu. Namun, konskwensinya kuota Anda menjadi lebih boros. Nah, untuk itu, jika dirasa tidak terlalu penting, Anda bisa mematikan atau menonaktifkan akun yang tersinkronisasi otomatis tersebut. Caranya mudah, cukup masuk ke menu Settings > Accounts > kemudian pilih akun yang tidak ingin Anda sinkronisasikan.

6. Batasi Penggunaan Mobile Data dan Aktifkan Peringatannya

Batasi penggunaan mobile data dengan menggunakan fitur data usage warning dan limit system (biasanya opsi ini built-in pada semua smartphone yang menggunakan platform Android). Dengan melakukan setingan ini, Anda akan mendapat peringatan saat pemakaian kuota internet telah melampaui batas.
Cara mengatur atau mengaktifkan opsi pembatasan penggunaan data ini cukup mudah. Anda tinggal masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit dan tap untuk mengaktifkannya. Anda bebas menentukan batasan yang diinginkan.

7. Identifikasikan Aplikasi yang Menyedot Kuota Data

Perlu diketahui, ada beberapa aplikasi tertentu yang dalam pengoperasiannya membutuhkan kuota internet cukup besar, dibanding aplikasi yang lain. Nah untuk itu, jika dirasa tidak terlalu penting, sebaiknya Anda hapus aplikasi tersebut. Bagaimana cara menghapusnya? Pastinya sangat mudah.
Anda bisa mengetahui aplikasi mana saja yang menyedot banyak kuota dengan cara masuk ke menu Settings > Data Usage dan scroll ke bawah. Kemudian setelah menemukan aplikasi yang dimaksud, tinggal pilih opsi uninstall. Maka aplikasi tersebut akan terhapus dan kuota internet bisa lebih hemat.

8. Batasi Update Aplikasi, Kecuali Jika Terhubung dengan WiFi

Setiap aplikasi, biasanya akan diupdate secara berkala oleh pembuatnya. Tentunya setiap ada update diperlukan kuota yang tidak sedikit (tergantung jenis aplikasinya). Nah, supaya kuota internet Anda tidak membengkak, maka sebaiknya hanya melakukan update saat sedang terhubung dengan WiFi saja.
Cara mengaktifkkan pilihan ini tidaklah sulit, Anda bisa masuk ke Play Store kemudian pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

9. Menggunakan Aplikasi Kompresi Data

Aplikasi kompresi data yang bisa dipakai salah satunya adalah Onavo Extend, aplikasi ini dapat mengoperasikan semua aplikasi yang ada pada perangkat Android kita. Aplikasi ini ampuh dalam menghemat kuota internet meski tidak dapat melakukan kompresi video.

10. Pakailah Fitur Tethering Hanya untuk hal-hal Penting Saja

cara menghemat kuota internet axis cara menghemat kuota internet xl cara menghemat kuota internet 3 cara hemat kuota telkomsel cara menghemat kuota di xiaomi cara menghemat kuota indosat ooredoo cara agar paket internet tidak cepat habis cara menghemat kuota youtube
Pakailah fitur tathering hanya untuk hal-hal penting saja – Diminimalis.com

Berselancar di dunia maya memakai gadget atau smartphone, memang kurang memuaskan. Sebab tampilan layarnya sangat terbatas, sehingga jika ingin membaca informasi di suatu halaman website dengan tulisan kecil, cukup merepotkan. Hal inilah yang kemudian membuat kita tergoda membuka internet dari laptop, serta melakukan personal hotspot (tethering) dari smartphone ke laptop atau PC tersebut.
Nah tahukah Anda, dengan menjadikan smartphone sebagai personal hotspot (tethering) tersebut, akan cepat menghabiskan kuota internet kita. Jadi, jika memang tidak terpaksa, sebaiknya jangan melakukan hal tersebut.

11. Matikan Ponsel Saat Tidur

Orang menghabiskan waktu rata-rata sekitar 6-8 jam untuk istirahat malam. Bayangkan bila Anda selalu membiarkan ponsel menyala terus menerus saat tidur. Data internet terus tersedot padahal Anda tidak sedang berselancar atau memakai ponsel. Tentunya hal yang sangat merugikan bukan?

Jadi idealnya, selalu mematikan smartphone atau setidaknya aktifkan fitur Airplane Mode sebelum Anda tidur. Cara ini cukup ampuh dalam menghemat kuota internet Anda.
Nah, demikian diatas beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghemat kuota internet. Selamat mencoba, dan semoga Anda juga bisa menerapkan kebiasaan bijak dalam menggunakan gadget pada keluarga tercinta. (ar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.