Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

5 Cara ini Dapat Menghemat Anggaran Renovasi Rumah Secara Drastis

Agar anggaran membangun rumah Anda tidak membengkak, Anda perlu paham cara mengefisienkan anggaran tersebut saat sebelum mulai mengeksekusi renovasi rumah Anda - Diminimalis.com

Hampir semua pembangunan rumah, anggaran riilnya melenceng dari RAB(Rencana Anggaran Belanja) yang direncakan. Bisa jadi lebih, bisa jadi kurang. Ini merupakan hal yang lazim terjadi. Tapi banyak yang anggaran riilnya membengkak, lantaran saat eksekusi, ada biaya-biaya lain yang melebar kemana-mana. Agar hal tersebut nantinya tidak terjadi, Anda bisa mengikuti beberapa tips menghemat anggaran renovasi rumah di bawah ini.

menghemat anggaran renovasi rumah, membangun rumah murah dan cepat, tips membangun rumah dengan dana terbatas
Agar anggaran membangun rumah Anda tidak membengkak, Anda perlu paham cara mengefisienkan anggaran tersebut saat sebelum mulai mengeksekusi renovasi rumah Anda – Diminimalis.com

Menghemat anggaran renovasi rumah

Sebenarnya anggran membangun atau merenovasi rumah bisa ditekan sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran dengan sangat efisien. Caranya bagaimana? berikut beberapa langkah mengehmat anggaran membangun rumah yang bisa Anda terapkan.


1. Rencanakan konsep pembangunan dengan matang

Sebagai langkah awal, rencanakanlah pembangunan rumah Anda, mulai dari dana, ukuran bangunan, hingga target waktu pembangunan. Rencana ini nantinya diperlukan untuk monitoring proses pengerjaan, agar selalu kembali pada track yang tepat. Jika implementasi pembangunan rumah melenceng dari rencana, tentu akan berimbas pada biaya yang harus dikeluarkan. Sebagai contoh molornya waktu pembangunan sudah pasti akan menambah biaya tukang.

Oleh sebab itu, pilihlah tukang profesional yang benar-benar ahli dalam bidangnya, sehingga mampu mengerjakan pembangunan rumah sesuai dengan apa yang telah direncanakan.Pemborosan bisa juga dari segi desain yang selalu berubah-ubah karena perencanaan bangunan yang tidak matang. Untuk itu, desain harus sudah fiks sebelum pengerjaan dimulai, agar tidak ada perubahan di tengah pembangunan. Membangun dengan cara tambal sulam, biasanya akan membuat biaya membengkak tidak sesuai dengan rencana anggaran awal.

2. Lakukan Riset Harga Bahan Bangunan

Harga bahan bangunan yang semakin tinggi menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan secara matang. Tak sedikit orang yang menunda pembangunan rumahnya karena harga bahan bangunan masih tinggi. Agar kebutuhan dana bisa diperkirakan, maka lakukanlah riset tentang harga bangunan yang Anda butuhkan.

Anda jangan ragu keluar masuk toko-toko bangunan untuk menanyakan harga material yang dibutuhkan, mulai dari semen, pasir, batu bata, besi, dan lain sebagainya. Alangkah baiknya Anda juga  membandingkan harga tersebut karena dengan beberapa toko bahan bangunan lain. Dengan demikian, Anda memeiliki banyak pilihan harga dan kualitas yang disesuaikan dengan dana Anda.

3. Gunakan desain tipe minimalis

Desain rumah ini dinilai lebih efisien dalam penggunaan bahan bangunan, namun tetap terkesan modern dan mewah. Sesuai dengan desainnya yang minimalis, rumah tipe ini hemat ruang, sehingga tak banyak menghabiskan banyak bahan material.

4. Buat rancangan bata ekspos

cara membuat dinding bata expose
dinding batu bata ekspos dengan corak putih dapat memberikan kesan klasik dan indah- diminimalis.com

Anda bisa lebih berhemat  apabila membiarkan dinding bata tidak dilapisi acian. Konsep ini dinamakan bata ekspos. Selain dapat berhemat, Interior Anda dapat terlihat cantik, bila Anda bisa mengoptimalkan finishingnya.

5. Membuat ruangan multifungsi

Rumah yang memiliki banyak ruangan cenderung memakan biaya lebih mahal, karena membutuhkan metrial yang lebih banyak. Untuk menghematnya, buatlah ruangan multifungsi. Misalnya dapur yang dijadikan satu dengan ruang makan. Pembuatan ruangan multifungsi ini sesuai dengan desain rumah tipe minimalis. Tidak butuh banyak ruangan, sehingga lebih hemat dalam penggunaan bahan bangunan.

Demikian ulasan kami tentang tips cara menghemat anggaran renovasi rumah. Semoga tips di atas dapat membantu Anda untuk lebih menghemat pengelauran saat hendak membangun rumah, semoga bermanfaat. (ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.