Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

MENGHADIRKAN PERPUSTAKAAN ISLAMI DI RUMAH MINIMALIS

MENGHADIRKAN PERPUSTAKAAN DI RUMAH #rumahkusurgaku - diminimalis.com

Membaca merupakan aktivitas yang bisa dilakukan oleh setiap anggota keluarga dan memiliki manfaat yang sangat banyak. Bagi anak, terbiasa membaca akan menjadikannya mampu menyerap, mengolah serta memahami informasi dan ilmu. Buku-buku yang baik akan membantu mengembangkan kemampuan berpikir mereka menjadi lebih matang dan tertata.

MENGHADIRKAN PERPUSTAKAAN DI RUMAH #rumahkusurgaku - diminimalis.com
MENGHADIRKAN PERPUSTAKAAN DI RUMAH #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Bagi orang tua, kebiasaan membaca menjadikan mereka semakin bijaksana dengan luasnya ilmu dan pengetahuan yang ia kuasai. Mereka juga akan lebih mampu mengendalikan emosi, mengatasi setiap persoalan dengan pikiran jernih, serta mengutamakan kebersamaan dalam menyelesaikan permasalahan.


Kebiasaan keluarga untuk membaca perlu ditunjang adanya sarana pendukung, baik berupa bahan bacaan maupun tempat untuk membaca. Menghadirkan perpustakaan di rumah menjadi solusi yang tepat. Perpustakaan rumah tidak harus luas, dan tidak harus di satu ruangan. Bila ruangan di rumah terbatas, perpustakaan bisa diletakkan terpisah di beberapa lokasi berdasarkan karakter keluarga, jumlah keluarga atau perbedaan usia.

Perpustakaan di rumah minimalis Anda bisa berupa rak atau lemari buku, baik yang ditempatkan secara permanen atau yang bisa dipindahkan. Bisa pula memanfaatkan celah kosong seperti di bawah tangga, di sudut ruangan atau di ruang sempit sekalipun. Sebaiknya letakkan perpustakaan di tempat yang mudah dilihat dan mudah dijangkau agar memudahkan anggota keluarga untuk membacanya. Anda bisa juga melihat tips lain seputar perpustakaan di rumah.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Perpustakaan Minimalis Pribadi dan Cara Mendesainnya

Memilih koleksi buku perpustakaan keluarga

Koleksi perpustakaan rumah bisa dibuat variatif sesuai dengan minat dan kegemaran anggota keluarga. Namun demikian, jangan sampai ada bacaan yang tidak mendidik, mengandung pornografi atau terdapat keburukan di dalamnya. Berikan bimbingan dan penjelasan kepada anggota keluarga untuk membaca buku-buku yang baik dan bermanfaat.

Jangan lupakan buku-buku Islami dengan beragam tema. Koleksi sirah nabawiyah, kisah para nabi, biografi salafus shalih, buku-buku akhlak, akidah, ibadah, dan bacaan-bacaan bergizi lainnya. Dapat pula menyediakan majalah Islami, baik majalah anak maupun majalah yang dapat dibaca untuk semua usia.

Bahan bacaan yang perlu dihindari adalah bacaan yang memuat kisah-kisah tahayul dan dongeng. Mungkin sebagian orang berargumen bahwa mereka sekedar memberi pelajaran melalui hikmah di dalam cerita. Alasan ini terkesan wajar, namun menceritakan kisah yang penuh kebohongan, apalagi mengandung unsur tahayul dan kesyirikan, tidak tepat diberikan kepada anggota keluarga. Banyak kisah Islami yang menarik dan bersumber dari rujukan shahih yang dapat dijadikan sebagai gantinya.

Baca juga artikel menarik berikut >>  ENGKAULAH USTADZAH TERBAIK DI RUMAH INI

Dampak buruk dari kisah dongeng adalah anak akan terbuai dengan kisah atau tokoh di dalamnya, meskipun sebenarnya kisah itu tidak pernah terjadi. Apalagi jika ceritanya dibumbui dengan khurafat, tahayul atau mengandung kesyirikan, tentu lebih berbahaya. Misalnya kisah Aladin dan lampu wasiat, adalah dongeng yang dapat merusak akidah anak, karena adanya manusia yang bersahabat dengan jin, permadani terbang, cincin sakti dan sebagainya. Sayangnya, banyak orang menganggap dongeng ini sebagai kisah Islami, padahal banyak muatan yang bertentangan dengan syariat Islam.

bahaya bacaan yang tidak baik #rumahkusurgaku - diminimalis.com
bahaya bacaan yang tidak baik #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Menghadirkan perpustakaan di rumah sangat penting, sekalipun dalam bentuk sederhana. Pilih bahan bacaan yang tepat, kemudian biasakan membaca. Memberi contoh nyata dengan sering membaca dan membahas isi bacaan akan sangat bermanfaat bagi anggota keluarga. Selamat memulai. (aa)

Leave A Reply

Your email address will not be published.