oleh

Menghadirkan Mushola di Rumah Agar Buah Hati Rajin Shalat

Membiasakan sejak dini kepada sikecil untuk selalu rajin beribadah sangat perlu untuk dilakukan. Karena apabila sejak dini sudah dibiasakan atau diterapkan kebiasaan yang baik maka, kebiasaan tersebut akan terbawa dan akan terbiasa ia lakukan hingga ia telah dewasa kelak. Untuk itu, orang tua perlu bekerja sama dalam meningkatkan semangat sikecil dalam beribadah. Banyak sekali cara untuk menigkatkan semangat ibadah sikecil, salah satunya yakni menghadirkan mushola di rumah. Dan banyak hal yang perlu diperhatikan untuk membuat mushola ini agar sikecil dapat terpacu semangatnya dalam beribadah.

Menghadirkan Mushola di Rumah, Menyiapkan acara berbuka puasa bersama, konsep acara buka bersama yang menarik, konsep acara buka bersama unik, game seru untuk acara buka bersama, games buka puasa bersama, kata kata acara buka bersama, kegiatan buka puasa bersama, tips buka bersama, acara dalam buka bersama
desainlah mushola di dalam rumah Anda dengan Indah – Diminimalis.com

Menghadirkan Mushola di Rumah

Berikut beberapa tahapan yang harus diperhatikan untuk menghadirkan mushola di rumah untuk meningkatkan semangat sikecil dalam beribadah :

1. Desain Interior

tata ruang rumah minimalis.com
Mushola dengan desain interior yang elegan – diminimalis.com

Dalam penataan desain interior perlu sekali dalam mengetahui kesukaan warna, kartun, hewan, atau karakter yang disukai sikecil. Karena untuk membuat desain interior agar lebih menarik perlu dibuat dengan pemilihan cat dinding dengan warna yang disukai sikecil, atau membuat bentuk karakter hewan, kartun agar ketika ia memasuki ruangan mushola tersebut, ia merasa gembira , senang ketika melihat desain dinding yang bertemakan warna atau karakter yang difavoritkan olehnya.

Selain itu, untuk desain ruangannya perlu diberikan lampu yang berwarna putih gading agar menambah kesan cozy ketika hendak memasuki ruangan. Dan selanjutnya desain pintu. Pada pemilihan warna pintu sebaiknya diberikan warna terang yang pastel, dan dibagian luar dapat diberikan nama mushola dengan karakter font yang menarik. Juga dapat disertakan nama sikecil agar ia lebih semangat dan senang ketika hendak akan memasuki mushola.

2. Peralatan shalat yang lengkap
Kelengkapan peralatan di dalam mushola juga harus menjadi opsi yang harus diperhatikan untuk Ayah Bunda. Karena semakin lengkap peralatan yang tersedia, maka akan membuat siapa saja yang datang ke mushola Anda akan lebih membuat seseorang tersebut merasa nyaman dan ingin berlama-lama di mushola Anda.

Demikian pula pada sikecil, maka lengkapilah ruangan mushola Anda dengan perlatan atau perlengkapan yang selengkap mungkin. Peralatan yang harus disertakan yakni : mukena , sajadah, kopyah atau peci untuk dewasa dan anak-anak , tasbih , Al-quran, iqro, dan Jus amma. Pada pemilihan mukena pilihlah warna dan karakter yang disukai sikecil. Dan pada sajadah, plihlah sajadah yang begambar lucu, 3D, dan mudah dilipat agar sikecil selalu bersemangat dalam melakukan ibadahnya.

3. Pernak-pernik

mendesain Mushola di Rumah Desain Mushola di Rumah, desain mushola pribadi, desain interior mushola dalam rumah, desain mushola unik, desain mushola mungil di teras belakang rumah, mushola minimalis didalam rumah, ukuran mushola dalam rumah, desain mushola modern, desain tempat wudhu dalam rumah
Berilah pernak-pernik pendukung ibadah Anda- Dimnimalis.com

Kesesuaian pemilihan dan peletakkan dengan tepat pernak-pernik dapat menjadikan ruangan mushola Anda membuat mushola dalam ruangan keluarga Anda terlihat hidup. Pernak-pernik yang bisa Anda gunakan untuk membuat indah ruang mushola Anda yaitu keligrafi Allah dan Muhammad yang dapat diletakkan searah dengan arah kiblat sholat , dan diletakkan berjajar pada dinding bagian depan.

Pemilihan kata-kata kiasan yang memberikan semangat dalam beribadah juga dapat digantungkan pada tembok bagian samping kanan dan kiri. Lalu, peletakkan pengharum ruangan juga perlu diperhatikan,. Letakkan pengharum ruangan di pojok dinding bagian atas. Pengharum ini berfungsi aga tetap menjaga kesegaran pada ruangan mushola Anda. Sebaiknya pilihlah pengharum yang dapat disetting agar otomatis mengeluarkan aroma segar sesuai dengan jangka waktu yang Anda inginkan.

4. Jadwal Shalat
Jangan sampai Ayah Bunda melupakan meletakkan atau menyertakan jadwal shalat didalam mushola. Karena jadwal shalat perlu dibuat agar sikecil mudah untuk mengetahui waktu-waktu dilaksanakannya shalat tersebut. Ayah Bunda juga bisa menggunakan waktu shalat yang digital atau yang dapat berjalan seperti pada masjid-masjid. Apabila ingin membuat jadwal sendiri, dapat membuat dengan motif atau font tulisan yang menarik dan menyesuaikan font size yang dapat dilihat dengan jelas oleh sikecil. Lalu, letakkan jadwal shalat tersebut di dinding bagian depan agar dapat mudah dijangkau dan dilihat oleh siapapun yang hendak memasuki mushola, khususnya untuk sikecil.

5. Pemberian Pendingin ruangan
Untuk dapat menjaga kesegaran dan kelembapan udara pada mushola yang Ayah Bunda buat di ruang keluarga ini penting juga untuk memberikan pendingin ruangan dalam hal ini AC (Air Conditioner) ataupun pemberian kipas angin. Ketika dilakukan shalat berjamaah, dan yang ikut berjamaah berjumlah banyak, pasti didalam ruangan mushola akan terasa gerah atau panas.

Untuk itu perlu diberikan pendingin ruangan , agar membuat ruangan tetap segar dan tidak mengganggu ibadah kita. Terutama untuk sikecil, karena kita juga mungkin mengetahui bahwa anak-anak pasti akan lebih merasa tidak nyaman dan betah ketika berada didalam ruangan yang panas dan gerah. Untuk itu pengadaan pendingin ruangan harus diperhatikan untuk menjaga kenyamanan ketika berada didalam mushola Anda.

6. Pemilihan karpet
Nah ayah bunda, pada step ini juga tidak kalah pentingnya untuk dapat membuat sikecil semangat dalam beribadah ketika didalam mushola rumah Anda. Yakni pemilihan alas karpet. Mengapa pemilihan alas karpet juga penting dan perlu untuk diperhatikan?. Karena motif dan warna pada karpet juga dapat menarik perhatian kepada siapa saja yang hendak memasuki mushola rumah Anda.

Terutama untuk sikecil, yang masih suka dengan gambar atau karakter kartun atau hewan yang membuat ia semangat dalam melakukan hal apapun. Nah pada pemilihan motif warna dan karakter karpet perlu disesuaikan agar semangat sikecil ketika melakukan ibadah juga dapat meningkat, dan membuatnya ingin kembali lagi dalam mushola. Dan untuk pemilihan tekstur karpet sebaiknya pilihlah karpet dengan bulu yang halus dan lembut agar membuat siapapun yang memasuki mushola merasa nyaman ketika sedang beribadah.

Demikian ulasan kami tengang cara menghadirkan mushola di rumah, untuk meningkatkan semangat beribadah sikecil ketika didalam mushola didalam ruang keluarga Anda. (ul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed