oleh

Inilah Cara Tepat Menghadapi Macet Saat Mudik lebaran

Mudik dan macet merupakan salah satu cerita yang akan dihadapi oleh pemudik ketika dalam perjalanan. Mengapa mudik identik dengan macet karena memang orang akan melakukan perjalanan di hari dan waktu yang sama untuk pulang ke kampung halamannya. Menghadapi macet saat mudik menjadi salah satu yang perlu anda kerjakan ketika sedang mudik.

Kemacetan yang panjang tentunya akan membuat para pemudik menjadi bosan. Sehingga diperlukan upaya khusus untuk Menghadapi macet saat mudik agar perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Setidaknya anda sebagai pemudik tidak akan merasa stres ketika sedang dalam perjalanan jauh. Sebab jika pemudi stres maka resiko kecelakaan bisa saja terjadi.

 Menghadapi Macet Saat Mudik, menghindari macet saat mudik, solusi macet saat mudik
Hadapilah kemacetan dengan pikiran yang tenang – Diminimalis.com

Menghadapi Macet Saat Mudik Dengan Tepat

Macet ketika perjalanan mudik tentu saja akan membuat pemudik merasa stres. Angka kecelakaan lalu lintas yang sering sekali terjadi bisa saja muncul karena tingkat stres yang tinggi saat sedang diperjalanan. Berikut langkah antisipasinya:

tips melatih anak puasa, persiapan menjamu makan keluarga besar, persiapan membuka restoran, contoh menu makanan lamaran, daftar menu makanan lamaran, menu pilihan untuk acara lamaran, menu makanan untuk acara lamaran sederhana, cemilan untuk acara lamaran, contoh konsep restoran, modal membuka restoran kecil
Perhatikan waktu yang tepat untuk keberangkatan Anda – Diminimalis.com

• Langkah pertama menghadapi macet saat mudik lebaran adalah dengan memilih waktu yang tepat untuk keberangkatan anda. Jangan sampai anda memilih waktu berangkat yang bersamaan dengan pemudik lainnya. Misalnya untuk pemilihan tanggal keberangkatan, jangan pilih tanggal keberangkatan yang sama persis dengan yang dipilih oleh orang lainnya.

• Langkah berikutnya adalah jangan pilih jam keberangkatan yang sama. Ada beberapa waktu yang merupakan waktu yang sering sekali dipilih oleh pemudik untuk melakukan perjalanan pulang ke kampung halamannya. Biasanya terjadi pada pagi dan sore hari. Maka pilih saja waktu berangkat pada malam hari atau dini hari untuk menghindari ledakan pengguna jalan.

• Jika ternyata anda sudah melakukan hal ini namun tetap saja anda menemukan ledakan jumlah pemudik yang memenuhi perjalanan pulang anda, maka sebaiknya anda beristirahat untuk mempersiapkan diri dengan baik saat akan melanjutkan perjalanan.

• Waktu keberangkatan yang tepat sebaiknya jangan pilih pada saat awal musim liburan tiba. Sebab jika anda berangkat saat musim liburan mulai tiba maka akan terjadi ledakan jumlah orang yang ikut melakukan perjalanan. Akibatnya anda akan merasa stres saat sedang dalam perjalanan mudik.

• Jangan lupa untuk melakukan pantauan kondisi lalu lintas saat sedang perjalanan. Melakukan pantauan arus lalu lintas secara rutin tentunya akan membantu anda jika anda ingin terhindar dari resiko kemacetan. Pilih beberapa situs berita yang ikut memberitakan pantauan arus mudik.

• Jangan pernah lewati jalanan atau jalur yang sangat rentan terjadi kemacetan. Biasanya pada liputan arus lalu lintas akan muncul beberapa prediksi kapan waktu yang kemungkinan terjadi kemacetan parah dan kapan tanggal dan jam saat lalu lintas lengang. Pantauan ini sangat membantu anda agar terhindar dari kemacetan. Anda bisa ikuti juga perkembangan arus lalu lintas melalui situs berita dari pihak kepolisian setempat.

• Jika anda memiliki akun media sosial, usahakan untuk mengikuti akun media sosial dari beberapa provider yang menyediakan informasi pantauan lalu lintas secara langsung. Minimal akan ada postingan mengenai kondisi lalu lintas di jalur yang akan anda lalui melalui media sosial.

Agar Tidak Stres Saat Macet

Stres yang disebabkan oleh kemacetan lalu lintas memang sama sekali tidak diharapkan. Sehingga sebagai pengguna jalan yang bijaksana harus melakukan langkah antisipasi agar anda sama sekali tidak stres meskipun sedang dalam kemacetan panjang:

Tips Mudik Menggunakan Mobil, persiapan mudik membawa balita, tips menyetir perjalanan jauh, perlengkapan mudik, tips perjalanan jauh dengan mobil, perlengkapan mudik dengan mobil, servis mobil untuk perjalanan jauh, peralatan yang harus dibawa saat mudik, persiapan berkendara mobil jarak jauh
Pilihlah alternatif jalur yang bebas macet – Diminimalis.com

• Guna menghindari kemacetan, maka langkah penting yang harus anda lakukan adalah memilih jalur yang bebas macet. Kuasai jalur mudik yang akan anda lalui. Minimal dengan anda menguasai jalur yang akan anda lalui maka kemungkinan besar anda akan terlibat kemacetan akan semakin tipis. Pilih jalur yang cenderung sepi sehingga mempercepat perjalanan anda.

• Pilih saja beberapa jalur alternatif untuk perjalanan anda. Sebab jalur alternatif tersebut sengaja dipersiapkan untuk anda yang ingin bebas dari kemacetan. Cari informasi mengenai jalur alternatif yang bisa anda lalui dan sudah dipersiapkan untuk menghindarkan anda dari kemacetan.

• Manfaatkan teknologi informasi untuk mencari beberapa rute alternatif yang memungkinkan untuk anda tempuh. Sehingga jika anda memilih jalur alternatif, maka anda tidak akan terlibat kemacetan jika anda memilih jalur alternatif.

Persiapan untuk mudik terutama jika biasanya anda mengalami kemacetan memang penting anda lakukan. Sebab jika anda tidak mempersiapkan diri menghadapi segala kemungkinan yang terjadi, maka perjalanan mudik anda menjadi tidak menyenangkan. Macet parah dan panjang akan anda alami jika anda tidak memiliki beberapa pilihan atau alternatif jalan yang harus anda tempuh jika ingin menghindari kemacetan.

Jika anda tidak ingin stres atau pusing karena terlibat kemacetan saat dalam perjalanan mudik, usahakan untuk tidak memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi. Gunakan saja kendaraan umum seperti bus, kereta api atau pesawat. Sebab jika semua orang menggunakan kendaraan pribadi maka potensi kemacetan tidak akan anda hindari. Penggunaan kendaraan umum mampu mengurangi kemacetan dan tingkat stres anda saat perjalanan.

Mempersiapkan diri terutama saat menghadapi kemacetan bisa juga anda lakukan dengan mempersiapkan beberapa musik yang membuat anda stres. Anda juga bisa persiapkan alat pijat khusus untuk membuat tubuh anda yang lelah menjadi kembali segar. Meskipun sedang macet panjang, jika tubuh anda sama sekali tidak lelah maka anda tidak akan stres.

Dengan memahami persiapan saat mudik, tentu Anda akan lebih siap apabila diperjalan menghadapi macet saat mudi. Terutama jika anda membawa seluruh anggota keluarga melalui perjalanan darat yang panjang serta melelahkan untuk anda lakukan. (an)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed