Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Mengganti Kain Sofa Lama Dengan Baru Semudah Mengganti Baju

mengganti kain sofa lama - diminimalis.com

Sebelum Anda memutuskan untuk membuang sofa lama yang sudah terlihat kusam dan membosankan alangkah baiknya Anda mencoba mengganti kain sofa dengan yang baru. Penggantian sofa tentunya tidak semurah biaya ganti kain sofa. Dari sisi ini Anda tentunya akan jauh diuntungkan, sehingga anggaran yang ada bisa Anda manfaatkan untuk keperluan lainnya.

mengganti kain sofa
mengganti kain sofa lama – diminimalis.com

Bagi sebagian Anda mengganti kain pada sofa mungkin satu hal yang sulit. Namun , jika Anda mau bersabar dan bertanya pada ahlinya, tentunya mengganti kain sofa sendiri bisa Anda lakukan. Selain hasil yang diharapkan akan sesuai, Anda juga akan merasakn kepuasan tersendiri dikarenakan telah berhasil melakukan hal baru.

Cara mengganti kain sofa sendiri

Namun, sebelum Anda melakukan pergantian pada kain sofa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasil yang diharapkan bisa maksimal. Beberapa hal ini juga turut menjadikan sofa tetap nyaman saat digunakan dan berumur lebih panjang serta memiliki tampilan yang tetap ‘kece’.

Rangka furnitur

Rangka merupakan bagian yang cukup vital di dalam sofa. Sofa yang sudah lama digunakan tentunya akan menjadikan rangka penyusunnya berubah. Anda harus teliti dengan cermat bagaimana kondisi rangka sofa secara menyeluruh. Jika kondisi rangka sudah terlalu rusak, mengganti kain sofa menjadi percuma dilakukan karena sofa akan rusak dan tidak bisa dipakai lagi.

Jahitan kain pelapis

Pada beberapa jenis sofa ada yang menggunakan metode jahitan berbeda. Ada metode Jahitan mati dan jahitan biasa. Pada jahitan mati, Anda cukup langsung melapiskan bahan baru yang hendak Anda pasang pada sofa. Sedangkan pada jahitan biasa, Anda perlu melepas keseluruhan kain sofa yang sudah lama tersebut agar hasilnya bisa maksimal.

Lapisan busa

 

mengganti kain sofa
mengecek busa sofa – diminimalis.com

Saat Anda membongkar sofa akan terlihat lapisan busa bagian dalam. Pada sofa lama, lapisan busa biasanya sudah kempis dan tidak mau mengembang lagi. Jika busa sudah terlalu kempis, Anda bisa langsung menggantinya. Namun, jika lapisan busa masih terlihat baik, Anda cukup mengganti kain sofa dengan yang baru.

Lapisan cat

Lapisan cat atupun pernis pada sofa lama biasanya sudah pudar dan terkelupas.anda bisa melakukan cat ulang maupun pernis kembali pada furnitur tersebut agar terlihat baru lagi. Pengecatan ulang sebaiknya Anda lakukan sebelum memasang kain sofa yang baru agar kain tidak terkena cat.

Setelah keempat langkah di atas Anda lakukan, proses mengganti kain sofa dengan yang baru pun sudah siap dilakukan. Semakin teliti Anda melakukan empat hal di atas, semakin baik pula hasil yang akan didapatkan. Selamat mencoba (am).

Baca juga: kain pelapis sofa

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.