Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Mengembalikan Stamina Setelah Puasa dengan Pilihan Menu yang Tepat

Agar dapat mengembalikan stamina setelah puasa, diperlukan menu berbuka yang tepat - Diminimalis.com

Setelah seharian berpuasa, tubuh biasanya akan kehilangan banyak tenaga. Padahal, di malam hari terdapat berbagai aktivitas yang harus dilakukan termasuk juga melaksanakan salat tarawih. Agar tidak kehabisan tenaga, perlu sekali cara efektif mengembalikan stamina setelah puasa.

Bagaimana caranya mengembalikan stamina setelah puasa? Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Anda jika ingin stamina tubuhnya kembali setelah berpuasa. Beberapa cara yang dimaksud benar-benar bisa membuat stamina tubuh kembali.

 Mengembalikan Stamina Setelah Puasa memulihkan energi setelah puasa, makanan yang tepat untuk memulihkan energi setelah puasa
Agar dapat mengembalikan stamina setelah puasa, diperlukan menu berbuka yang tepat – Diminimalis.com

Inilah Cara Efektif Mengembalikan Stamina Setelah Puasa

• Berbuka dengan yang manis

Cara efektif yang paling dianjurkan adalah berbuka dengan yang manis. Hal ini pun direkomendasikan di dunia kesehatan dan juga anjuran dari agama. Berbuka dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis, sangat ampuh untuk mengembalikan stamina terutama yang berasal dari fruktosa alami seperti kurma atau madu murni.

Tips Menu Buka Puasa Irit, menu buka puasa sederhana dan praktis, menu buka puasa yang praktis, menu buka puasa untuk diet, resep buka puasa sederhana, menu buka puasa berkuah, menu buka puasa kuliner, menu buka puasa dari telur, menu takjil buka puasa
Kurma termasuk makanan yang dapat memulihkan stamina dengan cepat – Diminimalis.com

Namun perlu diingat, anjuran berbuka dengan yang manis juga perlu diperhatikan soal jumlah gula yang masuk ke tubuh. Berbuka dengan makanan dan minuman manis yang terlalu banyak, tidak direkomendasikan karena tentu akan membuat gula darah tidak normal.

Selain itu, tidak semua yang terasa manis dianjurkan untuk digunakan sebagai menu berbuka puasa. Contohnya saja minuman bersoda, walaupun rasanya manis namun bukanlah minuman yang direkomendasikan. Usahakan untuk berbuka dengan makanan dan minuman manis yang berasal dari alam dan bukan pemanis buatan.

• Menyantap hidangan buka puasa secara perlahan

Walaupun dalam keadaan lapar, Anda harus mengontrol diri untuk tidak makan secara terburu-buru. Hidangan buka puasa harus dikonsumsi secara perlahan demi membuat makanan menjadi lebih lembut agar lambung dan sistem pencernaan lebih terbantu.

Menyantap hidangan buka puasa secara perlahan sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal, hal ini bisa memperlama proses pencernaan dan penyerapan sumber tenaga di dalam tubuh, yang mengakibatkan stamina tidak cepat kembali setelah berpuasa.

• Menu berbuka puasa yang seimbang

Perlu diketahui, menu buka puasa yang baik bukan hanya sekadar makanan dan minuman manis saja. Anda perlu juga memperhatikan keseimbangan gizi dari menu berbuka puasa, terutama memperhatikan karhohidrat, protein dan juga lemak. Pilihlah makanan yang tidak hanya sekadar enak dan menyegarkan, namun juga memenuhi kebutuhan gizi Anda. Cara ini juga efektif untuk mengupayakan menu berbuka yang irit namun sistimewa.

Saat bulan puasa tiba, banyak orang yang seringkali melupakan keseimbangan menu makan. Padahal, hal ini juga berdampak pada kebugaran baik dalam waktu singkat maupun jangka panjang. Jangan hanya memanjakan lidah dan tenggorokan saja, perlu juga Anda memenuhi kebutuhan gizi dengan memperhatikan menu makanan yang seimbang.

• Tidak makan terlalu kenyang dalam satu kali waktu

Tips Menu Buka Puasa Irit, menu buka puasa sederhana dan praktis, menu buka puasa yang praktis, menu buka puasa untuk diet, resep buka puasa sederhana, menu buka puasa berkuah, menu buka puasa kuliner, menu buka puasa dari telur, menu takjil buka puasa
Hindari makan terlalu kenyang dlaam satu waktu – Diminimalis.com

Ketika waktu berbuka puasa tiba, Anda sebaiknya menahan diri terlebih dahulu untuk makan besar. Jika ingin mengkonsumsi makanan, usahakan agar tidak terlalu kenyang. Makan terlalu kenyang ketika buka puasa, justru akan membuat Anda lemas dan mengantuk, sehingga aktivitas malam hari termasuk tarawih akan sulit dilakukan.

Sebaiknya ketika adzan magrib tiba, Anda membatalkan puasa dengan buah kurma, teh manis, atau makanan dan minuman manis yang tergolong ringan. Jika Anda mengkonsumsi berbagai makanan dalam satu kali waktu, stamina tubuh justru akan sulit kembali, karena tubuh akan kepayahan mencerna semua makanan yang masuk.

Selain memperhatikan cara mengembalikan stamina tubuh setelah berpuasa, perlu juga diketahui apa saja makanan buka puasa yang cepat pulihkan energi. Beberapa makanan yang direkomendasikan antara lain sebagai berikut:

• Kurma

Buah kurma menjadi makanan yang paling dianjurkan untuk menu berbuka puasa. Buah yang satu ini sangat mampu mengembalikan stamina tubuh begitu cepat lantaran mengandung fruktosa yang mudah dicerna. Kebutuhan tubuh akan gula akan membuat tubuh menjadi kembali berenergi walaupun hanya memakan beberapa buah kurma. Selain kandungan gulanya, buah yang satu ini juga direkomendasikan karena cukup berbagai nutrisi yang sangat baik seperti vitamin, serat, dan antioksidan.

• Pisang

Buah pisang juga dikenal sebagai buah yang baik untuk berbuka puasa. Bahkan, pisang telah menjadi makanan yang selalu dikonsumsi para atlet sebelum berolahraga, karena memang bisa memberikan stamina begitu cepat. Pisang mengandung glukosa dan fruktosa yang tentunya bisa menjadi sumber energi.

Selain dapat memulihkan stamina, buah pisang juga bisa memberikan efek kenyang yang lebih lama. Buah ini sangat cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa ketika Anda ingin makan besar setelah ibadah salat tarawih.

• Madu

Selain buah kurma dan pisang, madu murni juga bisa diAndalkan untuk memulihkan stamina setelah berpuasa. Sama seperti dua buah yang telah disebutkan di atas, madu murni juga memiliki kandungan yang dapat membuat tubuh berenergi karena kandungan gula alami didalamnya. Bahkan, para ahli gizi merokomendasikan madu murni sebagai pemanis untuk minuman teh yang biasa dikonsumsi ketika berbuka puasa.

• Apel

Buah yang satu ini cenderung tidak populer dalam kategori buah yang dapat memulihkan stamina pasca berpuasa. Hal ini disebabkan karena apel tergolong buah yang tidak berkalori tinggi. Namun, buah apel menjadi direkomendasikan untuk menu berbuka puasa karena mengandung mineral dan vitamin yang tinggi, sehingga tetap bisa menghadirkan energi tubuh secara cepat.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai cara efektif mengembalikan stamina setelah puasa. Jika dilakukan dengan benar, dijamin Anda bisa mendapatkan stamina tubuh secara cepat setelah berpuasa dan tetap memiliki tubuh yang sehat. Sehingga, berbagai aktivitas malam hari termasuk menjalan salat tarawih bisa dilakukan dengan penuh semangat. (an)

Leave A Reply

Your email address will not be published.