Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Mengatur Instalasi Listrik untuk Rumah Minimalis, Begini Caranya

Instalasi listrik pada rumah minimalis perlu diatur dengan baik agar dapat bekerja secara optimal - diminimalis.com

Mengatur instalasi listrik untuk rumah minimalis perlu dilakukan dengan cara yang tepat. Bila hal ini dilakukan asal-asalan, maka akan banyak resiko yang akan timbul pada jangka panjang. Dengan penataan listrik rumah yang benar, juga dapat mengurangi daya listrik yang terbuang sia-sia karena salah pada pengaturannya.

mengatur instalasi listrik, cara mengatur instalasi listrik, mengatur instalasi listrik sederhana
Instalasi listrik pada rumah minimalis perlu diatur dengan baik agar dapat bekerja secara optimal – diminimalis.com

Salah satu contoh kesalahan instalasi listrik misal terlalu banayk mengelompokkan saluran listrik dalam kabel yang sama. Di satu sisi hal ini baik, namun bila terlalu dominan, ini akan menjadi masalah bila salsah satu jalur rusak dan perlu dibenahi, maka seluruh arus litsrik terkait harus dimatikan. Pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan mengulas untuk Anda tentang cara mengatur instalasi listrik yang tepat untuk rumah minimalis Anda.

Mengatur Instalasi Listrik dengan Baik dan Benar

Karena pentingnya pengaturan instalasi listrik pada rumah, maka diminimalis akan mengulas tentang cara mengatur intsalasi listrik dengan baik dan benar untuk Anda. Di bawah ini beberapa tips intalasi listrik dengan posedur yang aman.

Mempelajari isi box MCB

Terlebih dahulu Anda harus mempelajari dan mengerti susunan dan jalur setiap kawat dari kabel yang masuk ke dalam box MCB. Ini penting, karena kesalahan posisi pemasangan kawat dari kabel pada bagian ini akan berefek pada seluruh jaringan kabel yang terpasang. Jika ada Anda menemukan kesalahan letak pemasangan kawat dari salah satu kabel tersebut, Anda bisa memperbaikinya secara langsung atau setelah instalasi kabel baru terpasang. Tetapi, yang terpenting Anda harus benar-benar mengerti terlebih dulu jalur yang benar dari setiap kawat tersebut.

Usahakan untuk membuat sambungan kabel sesedikit mungkin

Jalur kabel yang tertanam di dinding tanpa dilindungi pipa PVC, lebih baik diganti untuk dimatikan. semua kabel yang memiliki kondisi seperti itu, baik stopkontak maupun saklar lampu, sebaiknya diganti dengan jalur kabel baru menggunakan teknik “out bow” (diluar dinding). Seandainya terdapat sambungan kabel yang tidak sempurna tertanam di dinding dan kelembaban pada dinding cukup tinggi, hal ini dapat menyebabkan hubungan arus pendek (korsleting).

Bila Anda awam terhadap kelistrikan, sebaiknya gunakan jasa biro teknik listrik profesional

Untuk Anda yang tidak terlalu paham tentang kelistrikan, sebaiknya pemasangan instalasi listrik di rumah dilakukan oleh orang yang profesional atau mengerti tentang seluk-beluk listrik. Anda bisa menggunakan jasa biro teknik listrik yang sudah terbiasa menyambung peralatan listrik untuk kebutuhan rumah tangga.

Selain memahami cara instalasi listrik dengan benar, Anda juga perlu bisa memahami cara mencegar korslteing listrik. Ada banyak kasus kebakaran rumah sering disebabkan oleh korsleting listrik. Untuk itu ada beberapa hal yang harus di perhatikan untuk mencegah bahaya kebaran yang disebabkan korsleting listrik.

1. Percayakan pemasangan instalasi rumah Anda pada instalatir yang terdaftar sebagai anggota AKLI (Assosiasi Kontraktor Listrik Indonesia) dan terdaftar di PLN. Secara legal instalatir mempunyai tanggung jawab terhadap keamanan instalasi.

cara menghemat listrik, cara menghemat listrik di rumah, cara menghemat listrik pulsa
steker yang tidak diugunakan lebih baik dicabut demi menghemat listrik – diminimalis.com

2. Jangan menumpuk steker atau colokan listrik terlalu banyak pada satu tempat karena sambungan seperti itu menyimpan panas yang akhirnya dapat mengakibatkan korsleting listrik.

3. Jangan menggunakan material listrik sembarangan yang tidak standar walaupun harganya murah.

4. Gunakanlah sekring yang masih bagus dan gantilah sekring putus dengan yang baru.

5. Lakukan pemeriksaan secara rutin terhadap kondisi isolasi pembungkus kabel, bila ada isolasi yang terkupas atau telah menipis, segera dilakukan penggantian.

6. Gunakan jenis dan ukuran kabel sesuai peruntukan dan kapasitas hantar arusnya.
Demikian ulasan kami tentang cara mengatur intsalasi listrik pada rumah minimalis denganbaik dan benar, semoga bermanfaat.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.