Cara Efektif Mengatasi Susah Tidur Tanpa Bantuan Obat

Salah satu penyebab susah tidur adalah desain kamar yang tidak kondusif - diminimalis.com

Apakah Anda sering mengalami insomnia? Meski sudah berjam-jam berbaring di atas tempat tidur, beberapa orang mengaku sulit untuk bisa terlelap dengan cepat. Bila Anda sering mengalami hal tersebut, ada baiknya Anda memahami cara mengatasi susah tidur.

Insomnia merupakan kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan tidur pada setiap malam. Perlu diketahui bahwa terlalu sering mengalami susah tidur dapat memberikan banyak dampak negatif. Jadi, memang sebaiknya Anda mempelajari akibat susah tidur dan solusinya jika mengalami permasalahan serupa.

Mengatasi Susah Tidur cara jitu mengatasi susah tidur cara mengatasi susah tidur siang obat tradisional susah tidur cara mengatasi insomnia dengan cepat tips mengatasi sulit tidur tanpa obat, hal hal yang sebainya dilakukan seblum tidur, aktivitas sebelum tidur, amalan sebelum tidur
Salah satu penyebab susah tidur adalah desain kamar yang tidak kondusif – diminimalis.com

 Mengatasi Susah Tidur Tanpa Obat

Ada banyak orang yang hanya mengalami kesulitan tidur malam secara temporer. Namun, beberapa orang lain bisa bertahun-tahun tidak bisa tidur nyenyak karena insomnia. Secara medis, penyebab gangguan tidur tersebut bisa berbeda-beda pada setiap individu. Jadi, kondisi yang dialami setiap individu pun membutuhkan solusi yang berbeda. Maka, untuk mengatasi susah tidur, Anda perlu memahami berbagai penyebab utamanya.

Pada umumnya, penyebab susah tidur bisa disebabkan oleh:

Bahaya Tidur di Lantai, Bahaya Tidur di Lantai keramik, bahaya tidur di kasur tanpa ranjang
Stres membuat tidur kita tidak berkualitas – diminimalis.com

– rasa cemas
– stress
– depresi
– penyakit mental seperti skizofrenia atau bipolar
– gangguan kesehatan fisik
– mengonsumsi obat-obatan yang menyebabkan susah tidur
– pola hidup yang buruk, contohnya waktu tidur yang tidak menentu atau mengganti waktu tidur dari malam menjadi siang
– pola makan yang tidak tepat, contohnya makan besar atau minum minuman yang mengandung kafein tinggi
– lingkungan kamar tidur yang tidak nyaman

Apakah Akibat Susah Tidur dan Solusinya?

Berikut adalah beberapa akibat yang bisa dialami ketika seseorang sering mengalami gangguan tidur.
– penurunan konsentrasi
– sulit untuk berpikir jernih
– mudah pelupa
– mudah marah atau emosi
– mata bengkak, ada lingkaran hitam di bawah mata, dan kulit menjadi kusam
– memicu depresi
– gangguan kesehatan
– meningkatkan resiko kematian

Lalu, apakah susah tidur cukup diatasi dengan mengonsumsi obat tidur saja? Belum tentu. Seperti telah disebutkan di atas bahwa ternyata penyebab gangguan tidur bisa sangat beragam. Oleh karena itu, penanganan yang dibutuhkan pun akan berbeda-beda tergantung penyebabnya.

Ada satu cara mengatasi susah tidur malam yaitu dengan menata ulang ruangan Anda. Ya, tahukah Anda bahwa kamar tidur yang kotor dan tidak nyaman bisa memicu seseorang kesulitan untuk tidur nyenyak? Bayangkan saja seseorang tidur di atas kasur yang penuh tumpukan baju atau di lantai kamar yang kotor. Penataan kamar secara sembarangan juga bisa membuat kamar terlihat penuh sesak dan membuat Anda tidak nyaman.

Jadi, cobalah untuk mengecek kamar tidur Anda. Lihat kondisi sekeliling kamar dan pikirkan apakah kondisi kamar Anda nyaman untuk digunakan tidur. Jika tidak, ini artinya kamar Anda butuh perubahan, bukan mengkonsumsi obat-obatan. Karena menata ruang bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi susah tidur yang Anda alami.

Tips Menata Ruangan Agar Tidur Lebih Nyaman

1. Pilih perabotan yang dibutuhkan saja

kamar tidur dengan tv , desain kamar tidur dengan tv, posisi tv di kamar tidur
Tempatkan perabot yang dibutuhkan saja pada kamar Anda – diminimalis.com

Rumah dengan desain minimalis berfokus pada esensionalisme dan fungsionalitas. Jadi, apa yang ada di dalam ruangan hadir karena memiliki fungsi sesuai dengan kebutuhan yang dicari. Meletakkan barang-barang yang tidak memiliki fungsi termasuk untuk dekorasi di dalam ruangan hanya akan membuat ruangan terasa penuh dan berantakan.

Cobalah untuk menentukan perabot apa saja yang Anda butuhkan di dalam ruang tidur.
Selain itu, menata meja kecil di samping tempat tidur juga tidak ada salahnya. Misalnya, Anda bisa meletakkan lampu tidur atau buku yang bisa dibaca sebelum tidur. Anda pun bisa menghiasi dengan tanaman atau foto. Hal-hal kecil seperti ini juga bisa mengurangi rasa khawatir dan membuat Anda bisa tersenyum sebelum tidur.

2. Letakkan semua barang pada tempatnya

Kamar yang berantakan akan menyebabkan pikiran kita menjadi berantakan juga. Jadi, jangan sampai membiarkan barang-barang berserakan tidak pada tempatnya. Letakkan setiap barang sesuai dengan tempatnya agar rapid an kamar terasa luas. Kesalahan seperti ini terkadang membuat kamar memiliki ambience yang buruk.

Ada baiknya Anda menggunakan perabot yang multifungsi. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan barang-barang yang kecil. Setelah selesai digunakan selalu pastikan untuk menaruhnya kembali ke dalam tempat penyimpanan agar tidak berserakan di luar.

3. Tentukan tekstur pada tempat tidur

Warna pada kamar juga bisa memengaruhi suasana di dalamnya. Warna-warna lembut seperti warna pastel sering dipilih karena menimbulkan rasa nyaman dan tenang di ruangan. Namun, beberapa orang mungkin merasa warna ini terlalu membosankan.

Nah, Anda bisa berkreasi dengan menambahkan tekstur untuk membuat ruangan lebih hidup. Contohnya, Anda bisa menghadirkan tekstur dari bantal berbulu, seprai, atau tirai yang sesuai tema. Anda bebas memilih teksturnya asalkan masih senada dengan keseluruhan desain interior ruangan. Sebaiknya tekstur yang dihadirkan sebagai aksesoris saja, jangan dominan agar tidak terlihat memenuhi ruangan.

4. Meletakkan tanaman di dalam ruangan

Tanaman hijau maupun bunga bisa menjadi aksesoris ruangan yang esensial untuk kamar tidur. Anda bisa meletakkan satu pot bunga kecil di atas meja. Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk menggantungnya di jendela agar tanaman bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup. Salah satu tanaman yang cocok untuk diletakkan di kamar adalah Tillandsia, yang dapat hidup menggantung di udara.

Memang ada sedikit perdebatan bahwa tanaman bisa mengeluarkan karbon dioksida pada malam hari yang tidak baik untuk kesehatan manusia. Namun, karena jumlahnya hanya sedikit, hal tersebut tidak perlu dipermasalahkan. Yang terpenting, elemen alami dari alam ini bisa meningkatkan energi dan menyegarkan ruangan agar waktu tidur menjadi lebih nyaman.

Poin-poin di atas membantu Anda untuk mempelajari apa saja akibat susah tidur dan solusinya. Jika Anda sering mengalami kesulitan tidur, maka jangan terburu-buru mengonsumsi obat tidur. Cobalah sedikit mengubah sudut pandang dan keadaan di sekeliling Anda. Mungkin gangguan tidur yang Anda alami disebabkan oleh hal-hal kecil di sekeliling Anda.(us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.