Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Mengatasi Genteng Bocor Sendiri, Tanpa Bantuan Tukang

Genteng bocor sebenarnya bisa kita atasi sendiri tanpa bantuan tukang - diminimalis.com

Mengatasi genteng bocor sendiri maksudnya dilakukan oleh diri sendiri tanpa bantuan tukang, bukan gentengnya yang bocor sendiri hehe. Yap, kadang urusan kenteng bocor memang cukup merepotkan.Beda dengan kerusakan-kerusakan rumah lain, letaknya yang di atas reng rumah, membuat kita kesusahan untuk menjangkaunya.

mengatasi genteng bocor sendiri, pelapis atap bocor, mengatasi atap bocor
Genteng bocor sebenarnya bisa kita atasi sendiri tanpa bantuan tukang – diminimalis.com

Inilah yang membuat sebagain dari kita lebih memilih meminta bantuan tukang untuk mengatasinya. Namun adakalanya tak setiap saat orang yang kita butuhkan bisa kita andalkan pada situasi yang krusial. Saat musim hujan, kadang kesempatan untuk memperbaiki genteng sangat sempit.

Bila saat itu, kebetulan tidak ada orang yang bisa kita minati bantuan,maka satu-satunya pilihan adalah mengatasinya sendiri, sebelum nanti hujan kembali turun. Memang ini cukup merepotkan, tapi bila dibiarkan saja, nantinya akan berakibat lebih buruk dari sekarang.

Mengatasi Genteng Bocor Sendiri dengan Mudah

Kebocoran yang terjadi, sebenarnya bisa disebabkan oleh sejumlah hal, mulai dari genteng yang bergeser, genteng retak, rusak dan lain sebagainya. Agar kenyamanan penghuni rumah selalu terjaga, maka kebocoran harus diperbaiki sesegera mungkin.

Terkadang ada pemilik rumah yang meremehkan masalah kebocoran ini dan hanya akan memperbaikinya jika kebocoran sudah parah. Padahal mengatasi genteng yang bocor sedini mungkin jauh lebih baik agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Pada dasarnya, cara mengatasi genteng bocor sendiri  sangatlah mudah. Asalkan Anda tahu betul penyebab genteng mengalami kebocoran. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi genteng yang bocor tanpa meminta bantuan tukang.

1. Melapisi genteng dengan lapisan Pelindung

Anti Bocor.Apabila genteng bocor karena ada yang retak atau berlubang, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan cat pelapis khusus anti bocor. Lapisan anti bocor ini sangat mudah diaplikasikan, bahkan untuk orang awam sekalipun. Karena Anda hanya perlu mengecat tembok dan genteng seperti sedang mengolesinya saja.

Jika sudah dioleskan cat atau lapisan anti bocor, dan masih terjadi kebocoran, maka Anda bisa mencoba mengatasinya dengan cara lain. Selain melapisi tembok dan genteng dengan cat anti bocor, Anda juga bisa menggunakan lapisan karpet khusus anti air. Anda hanya perlu memasangnya pada area genteng yang bocor saja.

2. Perbaiki atau Ganti Genteng yang Bocor tersebut.

Atap yang bocor karena genteng retak atau rusak sebenarnya sangat jarang, kecuali jika memang genteng yang dibeli cacat atau tidak berkualitas.Tapi jika genteng bocor karena retak atau pecah, maka cara terbaik adalah mengganti genteng yang rusak tersebut dengan genteng baru yang berkualitas bagus agar tidak terjadi masalah kebocoran lagi di kemudian hari.

3. Perbaiki Talang Air 

persiapan musim hujan, persiapan mengahadapi musim hujan, persiapan menjelang musim hujan
Talang yang kotor membuat aliran air hujan tidak maksimal – diminimalis.com

Bisa jadi penyebab kebocoran genteng ruman Anda dikarenakan talang air yang rusak dan mampet. Maka Anda perlu mengecek dan memperbaiki talang air tersebut.

4. Membersihkan genteng 

Cara mengatasi genteng bocor sendiri adalah membersihkan genteng secara teratur. Terkadang, genteng yang kotor karena dedaunan atau kotoran yang menyelip pada bagian sela-sela membuat genteng mudah sekali melorot sehingga menyebabkan kebocoran saat hujan. Daun yang menumouk juga membuat aliran air saat hujan tidak lancar, dan bisa masuk ke celah genting kemudian tembus ke dalam rumah. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk dari kotoran agar genteng tidak melorot atau menyebabkan genangan air saat hujan.

Jika cara di atas tidak juga bisa membantu Anda mengatasi masalah genteng yang bocor, maka cara terbaik yang bisa dilakukan adalah merombak ulang atap bangunan rumah Anda. Karena bisa jadi, atap yang bocor tersebut disebabkan oleh konstruksi rumah yang kurang baik seperti bentuk atap yang tidak proporsional, kemiringan yang tidak standar, dan lain sebagainya. Sekian ulasan mengenai cara mengatasi genteng bocor sendiri, semoga bermanfaat.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.