Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Mengatasi Dinding Lembab Saat Musim Hujan Dengan 4 Langkah Jitu

dinding lembab pada rumah minimalis - diminimalis.com

Mengatasi dinding lembab merupakan keiginan setiap orang, terutama pada saat musim hujan dengan tingkat curah hujan yang tinggi. Beberapa bagian di dalam rumah biasanya rembes atau bahkan hingga bocor sehingga memicu timbulnya lembab dan membuat tembok kita berjamur dengan warna yang akan merusak keindahan rumah.

Lembab pada dinding ini tidak hanya disebabkan oleh hujan ataupun bocor, namun beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhinya seperti sirkulasi udara. Sehingga Anda harus melakukan beberapa cara agar tembok dinding di rumah Anda tidak lembab.


Dinding lembab bisa membuat suhu di dalam ruangan menjadi dingin. Bila hal itu terjadi, maka udara menjadi tidak sehat dan bisa berdampak buruk kepada seluruh anggota keluarga. Dinding lembab tidak hanya disebabkan oleh hujan ataupun bocor, ada juga yang disebabkan oleh kualitas dinding yang buruk. Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa antisipasi agar dinding di rumah Anda tidak lembab.

Penyebab dinding lembab lainnya juga bisa karena proses pengacian dilakukan saat plesteran belum kering sempurna. Sifat air yang fleksibel dapat melewati celah kecil apalagi jika air dalam jumlah banyak seperti hujan deras. Solusi yang bisa kita lakukan cukup mudah, yaitu dengan memperbesar sedikit retak-retak rambut tersebut dan tutuplah retakan dengan plamir tembok. Tunggu hingga plamir mengering sempurna, barulah kita lakukan finishing.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Membersihkan Rumah Setelah Banjir Bisa Anda Lakukan dengan Cara Ini

Dinding lembab kadang juga kita jumpai pada dinding rumah yang belum diplester. Daya kapiler membuat air hujan meresap melalui pori-pori material dinding, menembus ketebalan dinding dan membentuk pola air pada dinding.

Pengacian dinding merupakan bagian dari proses finishing pembangunan dinding rumah. Sebagus apapun teknik pengacian, akan menjadi percuma bila kualitas dinding tidak bagus, untuk itu perhatikan beberapa hal berikut sebelum Anda mulai mengaci dinding, demi mencegah dinding lembab

Kemudian Anda bisa melanjutkan dengan memberi lapisan waterproof ke dinding yang berhadapan langsung dengan hujan. Alangkah baiknya, Anda memasang kanopi ataupun menanam pohon di dekat dinding luar untuk mengurangi dampak guyuran hujan.

 

Mencegah Dinding Lembab, cara Mencegah Dinding Lembab, mengatasi Dinding Lembab, mengatasi tembok lembab
dinding lembab pada rumah minimalis – diminimalis.com

Mengatasi Dinding Lembab dengan 4 Langkah

1. Memeriksa Atap dan Talang rumah.

Atap dan talang rumah merupakan bagian rumah yang sangat rentan menimbulkan kebocoran sehingga harus diperiksa dengan teliti. Masalah pada atap dan talang rumah biasanya adalah retak halus yang terkadang terlihat oleh mata namun air tetap dapat merembes ke dalamnya. Sehingga jika ada atap dan talang yang retak walaupun sedikit sebaiknya diganti atau diperbaiki.

Mencegah Dinding Lembab, cara Mencegah Dinding Lembab, mengatasi Dinding Lembab, mengatasi tembok lembab Exhaust fan Kamar Mandi, Exhaust fan Kamar Mandi yang bagus, fungsi Exhaust fan Kamar Mandi
pemasangan keramik kamar mandi bisa mencegah dinding menjadi lembab- diminimalis.com

2. Memasang Keramik di dinding kamar mandi

Kamar mandi merupakan salah satu bagian rumah yang rentan terhadap lembab, hal ini dikarenakan aktivitas selama di kamar mandi menggunakan banyak air . sehingga memasang keramik di dinding kamar mandi menjadi salah satu solusi jitu untuk menghindarkan kamar mandi Anda dari lembab dan pada akhirnya dapat membuat bau tidak sedap.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Tips Sederhanan Untuk Memilih Handle Pintu Rumah Minimalis

3. Menggunakan Cairan Anti Jamur / fungisida

Jika dinding rumah Anda terlanjur berjamur maka akan sangat sulit untuk menghilangkannya dengan cara biasa, sehingga Anda memerlukan cairan anti jamur untuk membersihkannya. Cairan ini terkadang memiliki formula yang agak keras sehingga saat menggunakannya hidarilah berkontak langsung dengan kulit Anda.
Jika jamur di dinding sangat banyak dan mengganggu, maka langkah paling cepat untuk membasminya adalah dengan menyemprotkan cairan anti jamur atau fungisida yang banyak di jual di pasaran

4. Membuka Jendela dan Pintu

Lembab pada dinding juga dapat diakibatkan oleh udara yang mengandung air. Oleh karena itu bukalah pintu dan jendela rumah Anda terutama pada pagi hari agar udara di rumah Anda dapat bersilkulasi dan digantikan oleh udara baru yang lebih segar.

Masih banyak lagi cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah dinding rumah lembab, namun dengan melakukan 4 hal tersebut diatapun sudah cukup membantu menghilangkan lembab di rumah Anda tercinta. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara merawat dinding eksterior rumah agar tahan lama di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls.)

Merawat dinding eksterior rumah agar tahan lama

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.