Cara Efektif dan Alami Mengatasi Demam Anak Tanpa Obat

Ada berbagai cara untuk mengatasi demam anak tanpa obat - Diminimalis.com

Ketika anak tiba-tiba demam, orang tua pasti akan langsung panik. Karena takut hal buruk terjadi pada si buah hati. kebanyakan  orang tua ada yang langsung memberikan obat penurun panas. Akan tetapi penggunaan obat terus menerus, tidak aman digunakan. Untuk itu, akan lebih baik bila orang tua paham cara mengatasi demam anak tanpa obat.

Anda tak perlu buru-buru memberikan anak obat. Tapi lihatlah kondisinya dan coba atasi demam anak tanpa obat terlebih dahulu. Demam merupakan respon tubuh terhadap suatu bakteri, virus atau lainnya yang menunjukan kekebalan tubuh yang baik. Walaupun demam tidak membahayakan, Anda harus tetap mewaspadainya, terlebih apabila demamnya sudah sangat tinggi.

mengatasi demam anak tanpa obat, obat menurunkan panas anak tradisional, obat penurun panas anak 6 tahun, obat demam anak yang bagus, menurunkan demam anak dengan bawang merah, cara mengatasi anak panas di malam hari, obat demam tradisional, mengatasi demam pada anak 2 tahun, buah penurun demam
Ada berbagai cara untuk mengatasi demam anak tanpa obat – Diminimalis.com

Sebenarnya anak-anak tidak baik bila mengkonsumsi obat berbahan kimia. Sebenarnya Anda masih bisa mengatasi demam anak dengan memahami penanganan yang tepat, diantaranya yaitu:

Cara Cek Demam Pada Anak

Bagaimana cara cek, bahwa seorang anak mengalami demam atau tidak. Cara paling mudah tentunya dengan memakai termometer. Untuk itu, selalu sediakan termometer di rumah Anda. Untuk anak umur 0-3 bulan, bila suhunya mencapai 38 derajat celcius, lebih baik segera dibawah ke dokter. Untuk umur 3-6 bulan, Anda bisa memberikan pengobatan alami. Bila sudah diberi penanganan tapi tak kunjung turun, segeralah di bawa ke dokter.

Mengetahui Gejala yang harus Diwaspadai

Ada beberapa gejala yang harus Anda waspadai ketika anak Anda demam. Berikut ini contohnya:

Cara mendidik anak hiperaktif, terapi anak hiperaktif di rumah, mengarahkan anak hiperaktif, mengatasi anak hiperaktif dengan metode bermain
Anak sering menangis meruapakan salah satu tanda munculnya demam – Diminimalis.com

• Anak mengantuk sepanjang hari dan terlihat lesu.

• Muncul ruam merah dan kulit pucat.

• Sulit bernapas.

• Nafsu makan menghilang.

• Telinga terasa sakit. Untuk anak balita, ditandai dengan sering menarik telinganya.

• Batuk terus menerus.

• Sering menangis.

• Diare, muntah dan lain sebaganya.

Tapi untuk anak yang berumur di bawah 3 bulan, bila sudah panas tinggi. Lebih baik untuk segera membawanya ke rumah sakit. Jangan dibiarkan terlalu lama. Walaupun tidak muncul gejala-gejala di atas.

Cara Mengatasi Demam Anak Tanpa Obat

Lalu bagaimana cara mengatasi demam anak tanpa obat? Ketika anak demam, jangan langsung buru-buru memberikannya obat penurun panas. Coba ikuti beberapa cara berikut ini.

• Kompres dengan menggunakan air hangat, atau dimandikan dengan air hangat. Bisa letakan handuk dibagian ketiak atau kepala

• Anda juga bisa mengompres dengan menggunakan cuka sari apel yang ditambahkan dengan air hangat. Ini akan membantu menurunkan demam

• Jangan gunakan alkohol untuk mengompres anak, karena akan merusak kulit.

• Jika sudah bisa makan, cobalah untuk memberikan sup hangat. Bisa sup kaldu , sup ayam atau bubur hangat. Bisa ditambahkan dengan nurtrisi lainnya, seperti buah, telur, hati, sayur dan lainnya.

Manfaat minum air putih setelah bangun tidur, Manfaat minum air putih setelah bangun tidur pagi khasiat mium air putih hangat, Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur, minum air putih di malam hari, diet menggunakan air putih
Pastikan konsumsi air putih buah hati Anda cukup, untuk menghindari dehidrasi – diminimalis.com

• Selalu penuhi kebutuhan cairan anak, salah satunya dengan air putih, karena banyak manfaat air putih untuk kesehatan. Jangan sampai tehidrasi, karena bisa membahayakan anak. Anda bisa memberikan asi, air putih atau susu formula.

• Gunakan pakaian yang nyaman, jangan gunakan pakaian yang terlalu tebal dan berlapis-lapis. Karena akan membuat demam tidak cepat turun.

• Buka baju anak, kemudian peluk di dekat dada Anda. Kulit langsung bersentuhan dengan kulit. Kemudian tutup tubuh Anda dan anak dengan selimut. Hormon oksitoksin yang dikeluarkan, akan membuat kondisinya lebih baik

• Istirahatkan anak dengan sebaik mungkin. Biarkan tidur disebelah Anda dan pantau terus suhunya.

Kapan Harus diberi Obat Penurun Demam?

Lalu kapan waktu yang tepat untuk memberikan obat penurun demam? Sebelum memberi obat, perhatikan dulu penyebab anak Anda demam, apakah karena bakteri, virus atau lainnya. Demam karena flu, biasanya akan turun setelah 2-3 hari. Bila infeksi bakteri terkadang bisa 3 hari lebih, tergantung tingkat keseriusannya.

Bila anak masih dalam keadaan aktif bergerak, pemberian obat tak diperlukan. Anda bisa memakai cara diatas terlebih dahulu. Bila anak sudah lesu dan sering menangis, barulah diberi obat penurun panas..

Bila memang panas semakin tinggi, lebih baik untuk membawanya ke dokter. Setiap pemberian obat, harus dengan dosis yang tepat, karena setiap usia memiliki dosis obat yang berbeda-beda.

Mulai sekarang tak perlu panik lagi, bila anak mengalami demam. Sebaiknya Anda jangan langsung buru-buru memberikan obat.  Anda bisa melakukan cara alami untuk menurunkan demam. Karena pemberian obat terus menerus tidak baik untuk tumbuh kembang anak.

Itulah cara mengatasi demam anak tanpa obat. Semoga memberikan informasi yang bermanfaat buat Anda.(ck)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.