oleh

Cara Terbaik Mengatasi Anak Terlambat Bicara atau Speech Delay

Mengetahui cara mengatasi anak terlambat bicara sebenarnya tidak hanya diperuntukkan bagi orang tua yang mengalami mengalami problem tersebut pada buah hatinya. Sebenarnya kita semua juga perlu untuk mengetahui solusi dari masalah speech delay atau keterlambatan bicara pada anak. Jika Anda tidak memiliki anak yang mengalami masalah tersebut, paling tidak Anda bisa membagikan tips ini kepada orang lain yang kesusahan membuat anaknya cepat berbicara.

Sebenarnya, langkah terbaik yang harus dilakukan oleh orangtua adalah pencegahan atas problem anak terlambat bicara. Masalah ini memang bisa disebabkan adanya gangguan pendengaran atau gangguan mental. Namun, kurangnya stimulasi atau rangsangan dari orangtuanya adalah penyebab terbesar dan paling sering membuat anak menjadi susah untuk bisa berbicara. Maka dari itu, dibandingkan harus mengatasi anak terlambat bicara maka sebaiknya disadari betul pentingnyaa peran orangtua untuk memperbanyak stimulasi anak untuk cepat berbicara.

Mengatasi anak terlambat bicara, anak terlambat bicara apakah autis, obat tradisional untuk anak telat bicara, obat anak terlambat bicara, kelebihan anak terlambat bicara, anak terlambat bicara 4 tahun, vitamin untuk anak telat bicara, anak telat bicara 3 tahun, ciri anak tidak bisa bicara
Speech delay atau anak terlambat bicara, bisa diatasi dengan beberapa tahapan – Diminimalis.com

Cara Mengatasi Anak Terlambat Bicara

Jika memang anak sudah terlanjur mengalami keterlambatan bicara terutama ketika telah memasuki usia 3 tahun, maka lakukanlah cara-cara mengatasi anak susah bicara berikut ini:

• Mengajak anak anak berbicara

Indera penglihatan dan pendengaran memang akan berfungsi secara alami saat bayi telah lahir ke dunia. Namun untuk urusan berbicara, perlu sekali peran aktif dari orangtua dan orang sekitar untuk mengajaknya berkomunikasi. Jangan biarkan anak mudah untuk dituruti permintaanya terutama saat telah menginjak usia 6 bulan dan ajaklah berbicara terlebih dahulu.

Untuk anak yang sudah berusia 2 atau 3 tahun namun belum bisa berbicara, ketegasan dan ketelatenan orangtua dalam mengajak berkomunikasi wajib diperhatikan. Dalam setiap aktivitas, usahakan untuk membuat anak terlebih dahulu mengungkapkan apa keinginan dan apa yang dirasakan walaupun Anda telah memahaminya. Misalnya ketika meminta makan atau meminta diambilkan suatu barang, berikan waktu untuk si kecil berusaha mengungkapkan keinginannya agar bisa merangsang kemampuan berbicaranya.

• Mengajak berkomunikasi

Mengobrol dengan anak penting sekali untuk merangsang anak berbicara. Walaupun obrolannya tidak mendapatkan respon yang tepat, para orangtua tetap perlu mengajaknya berbicara secara rutin setiap saat. Mulai dari pagi hari hingga menjelang tidur, lakukan komunikasi yang intens termasuk dalam hal sederhana, misalnya menyapa anak.

Mengajak berkomunikasi juga bukan hanya sekadar Anda berbicara pada anak, namun juga meminta anak untuk menjawab pertanyaan. Tentu saja cara ini membuat Anda lebih sering mengajukan pertanyaan dibandingkan hanya memberikan pernyataan pada anak. Buatlah komunikasi setiap saat yang membuat anak menjadi berkewajiban untuk menjawab bukan, hanya sekadar menganggukkan kepala.

Contoh sederhananya ketika ingin diambilkan suatu barang, maka jangan berikan bantuan dengan menunjuk satu per satu barang yang ada. Berikan kesempatan dan ajak anak untuk menyebutkan barang yang diinginkan dengan begitu anak Anda akan terus memaksa diri agar bisa berbicara.

• Bersosialisasi

Mendidik Anak Usia di Bawah 10 Tahun, cara mendidik anak laki-laki usia 10 tahun, perkembangan anak usia 10 tahun, psikologi anak umur 9 tahun, cara mendidik anak laki laki usia 9 tahun, perkembangan anak usia 9-10 tahun, cara mendidik anak usia 9 tahun menurut islam, cara mendidik anak laki laki usia 12 tahun, perkembangan anak usia 9 tahun
Ajaklah anak bersosialisasi untuk agar dia lebih proaktif untuk berkomunikasi – Diminimalis.com

Mengajaknya bersosialisasi ternyata juga menjadi cara yang tepat untuk mengatasi masalah keterlambatan bicara pada anak. Keterlambatan anak dalam berbicara bisa jadi karena mentalnya yang terlalu malu untuk berucap. Sebaiknya, ajak si kecil untuk ke luar rumah dan bertemu dengan orang banyak sembari tetap mengajak anak untuk berkomunikasi.

Anda bisa upayakan anak bersosialiasi dengan mengajakknya keluar rumah di sore atau pagi hari untuk bertemu tetangga terdekat. Membiasakan anak memiliki mental berbicara ini sanagt mudah dan efektif untuk dilakukan. Bisa juga dilakukan upaya lain seperti sering mengajak ke acara kantor, keluarga, dan mengajaknya jalan-jalan.

• Jauhkan gadget dan televisi

Menciptakan Ruang Bermain bagi Anak Rumahan mendidik anak introvert, penyebab anak introvert, anak introvert di sekolah, ciri anak introvert, anak ekstrovert, anak introvert yang sukses, kelebihan anak introvert, penyebab orang menjadi introvert, latar belakang introvert
Jauhkan anak dari gadget dan televisi, agar dia bisa bersosialisasi dengan orang lain – Diminimalis.com

Jika anak terlalu dibiasakan untuk diberikan hiburan dari gadget dan televisi, maka besar kemungkinan akan membuat anak menjadi malas berkomunikasi. Jika terjadi hal tersebut, anak Anda akan lebih susah dirangsang untuk berbicara. Lakukan perlahan-lahan untuk membuat si kecil biasa tanpa gadget dan televisi.

Bahaya gadget dan televisi seringkali tidak disadari oleh banyak orangtua. Sebelum anak benar-benar kecanduan gadget, maka kita harus bisa mencegahnya sedini mungkin. karena gadget kadang dijadikan sarana  untuk membuat anak menjadi tenang dan bisa ditinggal beraktivitas. Kebiasaan ini akan membuat anak menjadi malas berbicara karena asik dengan tontonan dilayar.

• Mendongeng

Salah satu upaya untuk mengajak berkomunikasi dengan si kecil adalah dengan mendongeng. Pemberian stimulasi sesering mungkin juga harus dilakukan dengan cara-cara yang efektif. Sejumlah pihak menyarankan untuk memberikan rangsangan berkomunikasi dengan cara mendongeng.

Permainan intonasi nada dalam hal menceritaka suatu kisah akan membuat anak menjadi tertarik untuk berkomunikasi. Bukan hanya sekadar menceritakan suatu kisah, namun juga perlu mengajak anak untuk sesekali berbicara saat Anda sedang mendongeng. Salah satunya adalah dengan menirukan suara hewan dalam sebuah cerita yang dibacakan, atau menirukan suara Anda ketika memerankan suatu tokoh cerita.

• Mengajak bernyanyi

Selain mendongeng, upaya lainnya yang juga menyenangkan adalah dengan mengajaknya bernyanyi. Si kecil wajib dirangsang untuk berucap dengan berbagai cara yang efektif namun juga menyenangkan agar tidak membuat dirinya malas atau bosan. Maka dari itu, bernyanyi menjadi upaya yang wajib untuk dicoba.

Perdengarkan lagu-lagu anak yang memiliki nada dan lirik yang ceria. Jangan lupa bantu anak untuk menghafal lirik lagu sehingga membuat dirinya juga terangsang untuk ikut bernyanyi. Memperdengarkan lagu anak bukan dengan menggunakan alat seperti headset atau earphone, namun sebaiknya menggunakan pengeras suara yang terbuka.

Itulah tadi penjelasan mendalam mengenai bagaimana cara mengatasi anak terlambat bicara. Dari penjelasan tadi, sangat jelas bahwa peran orangtua dan orang disekitarnya sangat penting untuk membuat Anda menjadi terangsang untuk berbicara dengan cepat atau sesuai dengan waktu normal. Percuma saja Anda memberikan asupan makanan terbaik, rumah modern seperti rumah minimalis, atau pakaian yang mahal. Jika Anda tidak sering mengajak berkomunikasi dan melakukan berbagai cara mengatasi anak terlambat bicara tadi, maka anak pun akan kesulitan untuk bisa berbicara.(an)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed