Cara ini Terbukti Efektif untuk Mengakrabkan ART dengan Anak

Kembangkan bakat masing-masing anak kembar Anda meski tidak sama - Diminimalis.com

Keberadaan asisten rumah tangga (ART) saat ini banyak dicari khususnya di daerah perkotaan. Tuntutan biaya hidup serta tingkat pendidikan yang tinggi menyebabkan banyak suami dan istri sama-sama bekerja. Oleh karena itu, banyak pasangan memerlukan bantuan ART untuk menangani tugas-tugas domestik rumah tangga. Sebagai orang yang berasal dari luar keluarga, keberadaan ART mungkin masih terlalu asing bagi anak-anak, sehinggabutuh waktu untuk bisa membaur bersama. Untuk itu, diperlukan cara mengakrabkan ART dengan anak yang tepat supaya berbagai pekerjaan di rumah tidak terhambat, akibat masih renggangnya hubungan antara ART dengan anak.

mengakrabkan ART dengan anak, cara membuat ART betah di rumah, ciri ART idaman
Ada banyak hal seru yang bisa dilakukan ART dan anak untuk saling mengakrabkan diri – Diminimalis.com

Anak-anak pada awalnya mungkin sulit menerima kehadiran ART karena sosoknya yang asing. Akan tetapi, perilaku yang baik dan ramah lama-kelamaan akan membuat anak semakin akrab dengan ART baru. Anda patut sedikit waspada jika ART sudah bekerja dalam waktu yang cukup lama namun cara mengakrabkan ART dengan anak yang telah Anda lakukan tidak kunjung berhasil. Anak-anak umumnya bisa mengenali mana orang yang benar-benar tulus dan mana yang memiliki niatan tertentu. Jika anak tidak kunjung menerima kehadiran ART, bisa jadi merupakan sinyal adanya sesuatu yang tidak beres dengan ART Anda.

Mengakrabkan ART dengan Anak dalam Waktu relatif Singkat

Orang tua yang bekerja akan membuat anak lebih banyak menghabiskan waktu bersama ART atau pengasuhnya di rumah. Agar interaksi keduanya bisa berjalan dengan baik, diperlukan hubungan yang baik pula antara ART dengan anak. Sebagian besar ibu pasti menginginkan ART yang mudah dekat dengan anak supaya mempermudah pekerjaan ART dan membuat anak tidak rewel.

Interaksi antara ART dan anak pasti terjadi sebagai mekanisme alami manusia menghadapi situasi yang baru. Anak yang masih berusia dini membutuhkan masa adaptasi yang berbeda-beda tergantung karakter anak dan usaha yang dilakukan oleh orang dewasa di sekitarnya. Berikut ini beberapa cara mengakrabkan ART dengan anak kecil yang cukup efektif untuk dicoba :

1. Libatkan anggota keluarga pada masa-masa awal adaptasi dengan ART baru

Sebaiknya jangan tinggalkan anak hanya bedua dengan ART pada masa awal mereka bertemu. Anak mungkin akan lebih sulit untuk beradaptasi dengan orang yang benar-benar asing tanpa bantuan anggota keluarga yang dekat dengan mereka. Anda bisa melibatkan diri sendiri atau pasangan untuk mendampingi anak, mengenalkannya dengan ART baru dan mengajak anak berinteraksi langsung dengan melibatkan ART baru Anda.

Anda juga bisa meminta bantuan keluarga dekat seperti nenek atau kakek untuk membantu sekaligus mengawasi kinerja ART baru Anda. Anda ataupun anggota keluarga lainnya bisa menilai secara langsung reaksi anak terhadap ART baru tersebut. Reaksi anak ini bisa menjadi pertimbangan apakah ART tersebut bisa diandalkan atau tidak.

2. Berikan informasi yang cukup mengenai hal-hal yang disukai anak

cara membuat slime, cara membuat slime mudah, cara membuat slime dengan shampoo
Slime bisa dibuat dengan cara yang mudah dan aman untuk kesehatan kulit anak – diminimalis.com

Anda bisa memberi tahu ART baru Anda tentang hal-hal yang disukai dan tidak disukai anak Anda agar proses pendekatan ART dapat berjalan dengan lebih baik, misalnya bila anak Anda hobi membuat slime atau bermain squishy, maka sampaikan hal tersebut pada ART baru Anda. Dengan begitu, ART Anda akan memiliki bahan untuk bisa mengakrabkan diri dengan buah hati Anda.

3. Ajak anak dan ART bepergian ke tempat hiburan

Anak biasanya akan lebih mudah akrab dengan seseorang jika berinteraksi dalam keadaan senang. Anda bisa mengajak anak dan ART untuk berekreasi ke taman hiburan. Biarkan ART mendampingi anak Anda secara langsung untuk mencoba berbagai wahana permainan dengan tetap mengawasinya secara penuh. Cara mengakrabkan ART dengan anak melalui permainan ini biasanya cukup efektif untuk membuat anak menerima dan merasakan kehadiran ART baru di dalam keluarga.

4. Jadikan diri Anda sebagai role model bagi si kecil

Anak usia balita biasanya cenderung meniru apapun yang ada di sekitarnya. Kondisi ini bisa Anda manfaatkan untuk memberikan contoh yang baik pada anak tentang bagaimana bersikap yang baik dan benar kepada ART baru. Cara mengakrabkan ART dengan anak balita ini bisa dilakukan dengan memperlakukan ART dengan baik dan sopan. Anda bisa menjadi perantara yang menghubungkan ART dengan anak. Ajak keduanya berkomunikasi secara aktif supaya terbangun interaksi langsung yang bisa mengakrabkan keduanya.

Jika Cara Mengakrabkan ART dengan Anak Tidak Kunjung Berhasil

Meskipun masa adaptasi tiap orang berbeda, Anda perlu curiga jika setelah beberapa bulan anak Anda tidak kunjung menerima kehadiran ART baru dan terus menerus melakukan penolakan. Anda mungkin tidak mengetahui apa yang terjadi pada anak Anda dan ART ketika Anda dan pasangan sedang berada di kantor. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, anak-anak cenderung lebih bisa menilai ketulusan seseorang.

Mereka akan bereaksi secara jujur tanpa dibuat-buat. Anda perlu melakukan sedikit observasi lebih untuk mengetahui penyebab sikap kurang bersahabat dari anak Anda. Anda bisa menanyakan pada tetangga di sekitar rumah mengenai perilaku ART yang terlihat oleh mereka.

Bisa jadi ada sesuatu yang ganjil yang hanya terjadi ketika anak hanya berdua dengan ART. Jika terbukti ada sesuatu yang tidak beres, Anda bisa segera mengambil keputusan untuk memberhentikan ART Anda dan mencari penggantinya.

Jangan langsung mengambil kesimpulan bahwa ART Anda melakukan kesalahan jika ART baru Anda tidak kunjung berhasil mengambil hati putra-putri Anda. Bisa juga ART Anda tidak melakukan sesuatu yang salah, tetapi memang sikap bawaannya cenderung pendiam dan sulit akrab dengan anak-anak.

Jika ini yang terjadi, keputusan akhir tetap di tangan Anda, apakah akan tetap mempekerjakan ART tersebut atau mencari ART lain yang lebih cocok dengan anak. Cara mengakrabkan ART dengan anak yang tepat dan berhasil tentu bisa memberikan rasa aman dan percaya untuk meninggalkan anak berdua dengan ART.(us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.