oleh

Inilah Alasan Pentingnya Mengajari Anak Memasak di Dapur

Memasak merupakan kegiatan mengolah bahan pangan yang membutuhkan kreatifitas. Biasanya memasak dilakukan oleh seseorang untuk menghasilkan makanan yang berguna dalam pemenuhan asupan gizi dalam tubuh. Tidak hanya orang dewasa, kini banyak anak-anak yang pAndai memasak, terbukti dari munculnya pencarian ajang berbakat dalam bidang masa di televisi. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika kita mulai mengenalkan dan mengajari anak memasak sejak dini.

Tidak hanya untuk mengasah kemampuan, namun mengajari anak memasak juga bisa berguna untuk membangun kedekatan antara orang tua dan anak. Interaksi yang baik antara orang tua dan anak sangat diperlukan pada masa pertumbuhan, sehingga dapat kita terapkan salah satunya melalui kegiatan memasak. Melalui memasak, anak-anak juga mendapat banyak pelajaran seperti kefokusan, kedisiplinan dan mengenali cita rasa. Ketiga hal tersebut sangat istimewa karena tidak bisa didapatkan di sembarang tempat.

Mengajari anak memasak, cara mengajarkan anak memasak, cara mengajari anak memasak
Ada banyak nilai positif dari kegiatan mengajari anak memasak di dapur – Diminimalis.com

Tips Mudah Mengajari Anak Memasak

Memasak merupakan kegiatan positif yang biasa dilakukan oleh ibu dan anak di rumah. Melibatkan anak melakukan kegiatan positif merupakan bentuk apresiasi atas eksistensi mereka. Jika orang tua memberi kepercayaan kepada anak untuk memasak, tentunya mereka akan merasa dianggap telah mampu dan bermanfaat untuk menyelesaikan pekerjaan rumah. Pada artikel ini akan dibahas tips bagi orang tua untuk mengajari anak memasak dengan baik sebagai berikut.

1. Ajak anak untuk membantu memasak di dapur.

Sebagai langkah awal untuk mengajari anak memasak, kita bisa mulai dengan meminta bantuan mereka agar ikut memasak dan menyiapkan makanan. Ini sebagai pancingan agar mereka bisa belajar dengan sendiri, apa saja yang dibutuhkan dan yang perlu dilakukan ketika memasak. Beri perintah mereka untuk memotong,merebus atau mencuci sayur dan lauk pauk. Hal ini bisa berguna merangsang pemikiran anak kita, agar menemukan cara mereka sendiri untuk menyelesaikan perintah.

2. Kenalkan dengan bahan dan peralatan dapur.

Tips Memasak Sehat, cara mengolah sayuran dengan baik, cara memasak sayur agar gizinya tidak hilang, Furniture Dapur Sehat, Furniture Dapur Sehat sejahtera, tips Dapur Sehat , Mendekorasi dapur sempit, cara Mendekorasi dapur sempit, dekorasi dapur minimalis
Kenalkan anak dengan berbagai peralatan dapur – diminimalis.com

Biarkan anak-anak menyentuh dan bermain menggunakan bahan serta peralatan dapur, setidaknya jangan memberi larangan kepada mereka. Membatasi aktifitas anak bisa menimbulkan rasa takut dan hilangnya rasa percaya diri pada anak untuk mengembangkan bakat dan kreatifitasnya. Sebisa mungkin ajak anak Anda untuk mengenali berbagai jenis sayur-mayur, lauk-pauk serta peralatan dapur yang dimiliki satu per satu. Ha ini bertujuan agar mereka terbiasa untuk menggunakannya.

3. Sabar dan telaten mengajari anak memasak.

Sebagai orang tua, kita harus sabar dan telaten mengajari anak apalagi untuk memasak. Jangan memarahi anak jika mereka salah memasukkan bumbu atau memasak tidak sesuai prosedur. Biarkan mereka menyelesaikan proses memasak hingga selesai dan hasil masakan telah terhidang. Setelah mereka mencicipi rasa masakan yang telah dibuat, mereka akan mengerti kekurangan dari hasil masakannya. Beri arahan secara pelan agar mereka mengerti dimana letak kesalahannya.

4. Luangkan waktu dan bangun suasana menyenangkan.

Luangkan waktu Anda untuk bisa melakukan kegiatan memasak bersama anak meskipun hanya di rumah minimalis Anda. Bangun suasana yang nyaman dan seru dengan anak agar mereka merasa senang setiap kali memasak. Ingatlah mengajari anak memasak tidak sama dengan seorang guru yang mengajar murid di sekolah. Beri ruang sebebas mungkin pada anak untuk mengeluarkan tingkat kreatifitasnya melalui memasak di dapur.

Kita harus selalu membangun suasana positif ketika mengajari anak memasak. Hal ini penting karena kegiatan memasak bisa menjadi sarana untuk menyalurkan bakat serta emosi anak. Jika sekali saja kita memberi suasana negatif ketika memasak, hal itu akan menghilangkan rasa keinginan anak untuk memasak.

5. Jaga keamanan dan kebersihan anak saat memasak.

Dalam kegiatan memasak, pastikan Anda menjaga keamanan dan keselamatan anak dari kompor yang panas atau pisau serta benda lain yang tajam. Ambil alih dan suruh anak untuk menyimak proses masak ketika berhubungan dengan kompor atau pisau. Jika Anda rasa anak sudah cukup mengerti dan mampu untuk melakukannya, Anda bisa mempersilahkan mereka untuk mengerjakannya namun tetap dengan pengawasan ekstra.

Selain itu jangan lupa untuk selalu mengingatkan anak agar mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun, sebelum dan setelah selesai memasak. Ajak anak untuk membersihkan sampah, untuk mewujudkan dapur besrsih, anti kuman di rumah Anda. Hal ini secara tidak langsung bermanfaat untuk melatih kedisiplinan anak sejak dini. Khususnya untuk Anda yang memiliki dapur minimalis, selalu jaga kebersihan dapur agar tidak terlihat berantakan.

6. Coba berbagai resep masakan.

resep memasak rendang empuk, resep membuat rendang empuk, bumbu rendang daging sederhana, resep rendang padang,
Cobalah berbagai resep masakan untuk dipelajari buah hati Anda – Diminimalis.com

Manfaatkan waktu Anda untuk mencoba berbagai resep masakan bersama anak tercinta di rumah. Ajak anak untuk bereksperimen memasak makanan dengan berbagai bahan makanan dan menciptakan resep baru. Membuat kue kering atau puding bisa menjadi alternatif mudah untuk mengajarkan anak memasak, karena bahan dan proses membuatnya tidak sulit. Anda juga bisa mengajak anak memasak makanan yang menjadi kesukaan mereka untuk menarik minat anak.

Mengikutsertakan anak melakukan kegiatan positif yaitu memasak, merupakan hal yang sangat bagus. Siapa tahu ini bisa menjadi pijakan awal untuk mengembangkan bakat memasak anak dan berkembang menjadi hobi yang bermanfaat. Bagian terpenting dari mengajari anak memasak adalah biarkan mereka mereka untuk menyalurkan kreatifitas di dapur.(ck)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.