Cara Menyulap Eksterior Agar dapat Menerima Tamu di Luar Ruangan

Ruang tamu eksterior yang nampak menawan - Diminimalis.com

Ruang tamu adalah tempat yang sering kali mendapatkan perhatian khusus. Hal ini karena ruang tamu tidak hanya di gunakan oleh penghuninya saja, tetapi juga orang lain yang datang bertamu di rumah. Ada banyak konsep ruang tamu yang dapat Anda pilih, salah satunya adalah menyediakan spot khusus untuk menerima tamu di luar ruangan.

Menerima tamu di luar ruangan kini menjadi salah sat tren baru. Ada banyak desain ruang tamu yang dibuat sedemikian rupa dengan model outdoor ala cafe. Hal ini tentunya akan membuat tamu lebih terkesan karena ruang tamu kita berbeda dari kebanyakan ruang tamu pada umumnya.

Menerima Tamu di Luar Ruangan ruang tamu eksterior, ruang tamu minimalis mewah, inspirasi ruang tamu minimalis, ruang tamu minimalis type 36ruang tamu minimalis 3x3, desain ruang tamu tanpa kursi, desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3, ruang tamu sederhana kecil
Ruang tamu eksterior yang nampak menawan – Diminimalis.com

Memberikan sentuhan khusus pada rumah idaman kita tentunya dapat menjadi salah satu hal yang sangat menarik. Jika anggaran Anda mencukupi, Anda tentunya dapat dengan leluasa membuat beragam ide dan kreativitas di dalam rumah Anda. Membuat ruang tamu di luar ruangan dapat menjadi salah satu pilihan yang dapat Anda lakukan.

Ada beberapa jenis tamu yang biasanya berkunjung ke rumah kita. Tamu menurut jenisnya dapat dibagi menjadi 2 kelompok besar. Jenis tamu yang pertama adalah tamu yang datang dengan tujuan formal. Jenis tamu yang kedua adalah tamu yang datang dengan tujuan non formal misalnya saja keluarga, sanak saudara, atau teman yang berkunjung.

Nah, kita dapat membuat dua ruang tamu yang kita fungsikan sesuai dengan tamu yang datang ke rumah. Misalnya saja, kita bisa menerima tamu dengan tujuan formal di dalam ruangan. Kemudian, menerima tamu dengan tujuan non formal di ruang tamu luar yang lebih santai.

Ruang tamu luar ruangan dapat menjadi opsi untuk memberikan kesan alami dan sejuk. Apalagi, Indonesia merupakan negara tropis, sehingga sangat cocok untuk membuat ruang tamu luar ruangan yang cozy. Anda bisa juga melengkapinya dengan pohon rindang dan tanaman pot untuk membuat spot tersebut terkesan sejuk, tentu saja jika lahannya memungkinkan.

Menerima Tamu di Luar Ruangan? Kenapa Tidak!

Tidak perlu ragu untuk membuat ruang tamu di luar ruangan walaupun Anda hanya memiliki sedikit ruang terbuka. Anda akan membuat tamu lebih merasa nyaman dengan konsep ruang tamu yang lain dari biasanya ini.

Nah, bagi Anda yang merasa tertarik membuat ruangan khusus tamu secara outdoor, berikut beberapa hal yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

Menerima Tamu di Luar Ruangan ruang tamu eksterior, ruang tamu minimalis mewah, inspirasi ruang tamu minimalis, ruang tamu minimalis type 36ruang tamu minimalis 3x3, desain ruang tamu tanpa kursi, desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3, ruang tamu sederhana kecil
Salah satu contoh ruang tamu di eksterior rumah yang indah di malam hari – Diminimalis.com

1. Luas lahan terbuka yang dimiliki

Dalam membuat ruangan tamu di luar, Anda tentunya harus memerhatikan berapa luas lahan terbuka yang Anda miliki. Hal ini untuk menyesuaikan desain ruang terbuka yang Anda inginkan serta perabot seperti apa yang cocok untuk ruang terbuka Anda.

Luas lahan juga sangat penting untuk memilih tanaman jenis apa yang tepat sebagai tambahan ruang terbuka. Anda tentunya tidak dapat menempatkan pohon rindang jika hanya memiliki lahan sempit, Anda bisa memilih tanaman rambat sebagai pengganti untuk memberikan suasana teduh.

2. Jenis kursi

Untuk menerima tamu, hal kedua yang harus Anda perhatikan adalah kursi. Kita tentunya akan menyediakan tempat duduk untuk tamu kita, kan? Nah, dalam memilih jenis tempat duduk yang akan Anda beli, Anda harus pertimbangkan materialnya.

Ini sangat penting karena kursi tersebut nantinya akan kita letakkan di luar ruangan. Beberapa jenis kayu misalnya, tidak tahan jika terlalu sering terkena hujan dan mudah lapuk. Material besi yang tidak diberi pelapis anti karat tentunya akan rawan kerusakan karena air hujan bersifat korosif (menyebabkan karat).

Jika Anda masih bingung dalam memilih jenis kursi yang tepat, Anda dapat berkonsultasi dengan jasa desain interior atau menanyakan pada penjual furniture perabot tentang apa yang dapat diletakkan di luar ruangan dan awet walau sering terkena hujan.

Jika Anda ingin cara yang lebih sederhana, Anda bisa memilih jenis kursi yang berbahan plastik. Kursi dengan bahan plastik tentunya akan lebih awet dan tidak mudah rusak saat terkena hujan. Terlebih lagi, kursi plastik dapat dengan mudah diangkat dan dipindahkan ke tempat teduh saat hujan karena ringan.

Kini, ada banyak jenis dan model kursi dan perabot plastik yang dapat Anda pilih. Ada banyak desain unik yang terbuat dari plastik sehingga mudah dibongkar-pasang. Ada juga jenis yang dapat dilipat atau ditumpuk dengan mudah sehingga tidak makan tempat ketika disimpan.

fungsi pergola pada taman, desain pergola kayu, pengertian pergola, beda pergola dengan kanopi, beda pergola dengan gazebo, pergola adalah, Pergola Taman Minimalis, Pergola Taman, desain Pergola Taman
ruang tamu di bawah pergola yang indah – diminimalis.com

3. Pergola dan naungan

Agar Anda dapat tetap menikmati suasana outdoor walaupun rintik hujan mulai jatuh, Anda bisa tambahkan pergola sebagai peneduh atau payung besar pada ruang tamu outdoor. Pilihan ini cocok diterapkan di lahan sempit maupun lahan luas.

Selain pergola, Anda juga dapat memilih jenis naungan lainnya seperti gazebo, saung, atau naungan dengan bentuk seperti teras. Anda bisa membuatnya dengan material kayu agar terkesan lebih etnik, atau material lainnya yang sesuai dengan konsep rumah.

4. Suasana privat

Hal terakhir yang perlu Anda perhitungkan adalah mengatur atmosfir yang diinginkan. Jika Anda ingin suasana menerima tamu yang nyaman dan tenang, memilih halaman belakang sebagai ruang tamu outdoor dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda akan merasa lebih privat dan tamu akan merasa lebih nyaman.

Itu tadi ulasan mengenai alternatif desain untuk menerima tamu di luar ruangan dan hal yang harus Anda perhatikan saat membuatnya. Semoga ulasan kali ini dapat membantu Anda memutuskan desain ruangan terbaik untuk menyambut tamu Anda. Tentunya pilihan harus Anda sesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Semoga bermanfaat! (us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.