oleh

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendidik Anak Perempuan

Anak adalah amanah orang tua, dan mendidiknya merupakan kewajiban, terlebih bila memiliki anak perempuan. Ada banyak hal yang harus diajarkan pada anak perempuan yang sebenarnya penting untuk kita berikan. Terlebih di zaman sekarang ini, banyak banyak efek negatif dari pergaulan tidak jelas id luar rumah. Untuk itu, mendidik anak perempuan harus dilakukan sedini mungkin, untuk membekalinya menjadi pribadi terbaik dan melindungi dari berbagai input buruk di luar rumah.

 cara mendidik anak perempuan, mendidik anak perempuan cara rasulullah, cara mendidik anak perempuan sejak dini, cara mendidik anak perempuan usia 10 tahun, cara mendidik anak perempuan usia 5 tahun, keutamaan mendidik anak perempuan
Ada banyak pendidikan yang harus diajarkan bagi anak perempuan Anda – Diminimalis.com

Mendidik anak perempuan

Sebagaimana memiliki anak laki-laki, memiliki anak perempuan juga tak kalah menyenangkan dan membanggakan. Lihatlah, bagaimana ia berkembang dengan segala kekhasan sifat alamiahnya. Mampukah kita mendidik anak perempuan agar kelak menjadi pribadi yang memesona dan luar biasa? Berikut beberapa tips mendidik anak perempuan yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengajarkan pendidikan agama kepada mereka

Yang terpenting adalah bagaimana orang tua mampu menanamkan keimanan pada anaknya. Jika keimanan sudah ditanamkan pada diri anak itu dengan baik, maka hal ini merupakan upaya yang tepat untuk mencegah pengaruh negatif yang datang dari pergaulan di luar rumah.

Sebagai orang tua, kita harus sepakat, bahwa bekal yang sangat berharga untuk seorang anak perempuan adalah agama. Karena tidak sedikit laki-laki yang memilih calon istri berdasarkan pemahaman agamanya. Maka menumbuhkan kecintaan anak kepada agama harus dilakukan sedini mungkin, dengan proses bertahap. Meski orang tua harus sabar mendidiknya, namun hasil yang dituai di masa mendatang sangatlah bermanfaat.

Membiasakan dengan adab dan akhlak mulia

Anak perempuan bisa bersikap sopan santun jika ia mampu paham bagaimana menerapkan adab yang baik. Maka semenjak usia kecil, Anda wajib mengajarkan perihal akhlak dan adab kepada mereka. Karena akhlak yang mulia, merupakan cerminan hasil keseriusan orang tua yang paham akan tanggung jawab besar ini.

Jangan sungkan untuk memuji prestasi mereka

Anak perempuan adalah anak yang peka akan perasaannya, anak perempuan lebih senang jika dipuji atau diberi penghargaan akan setiap yang ia lakukan. Oleh sebab itu untuk merawat anak perempuan perlulah mengajarkan hal-hal yang terpuji sejak awal, tidak hanya itu. Ketika anak perempuan melakukan hal yang terpuji maka berilah ia pujian agar semangat dalam melakukan hal-hal terpuji itu.

Hal itu hanya untuk memancing agar anak mau melakukan hal-hal terpuji. Tetapi bukan berarti setiap hari memujinya, karena ditakutkan akan membuat anak menjadi besar kepala nantinya. Pujian diberikan bila memang hal yang dibuat anak itu benar-benar baik. Meskipun untuk awal tidak mengapa selalu memuji anak perempuannya.

Mengajarkan anak untuk menjaga pakaiannya

Urusan berpakaian merupakan perkara penting yang harus dipahami oleh setiap perempuan. Karena pakaian yang tidak benar, akan dapat mendatangkan hal buruk baginya. Banyak pelecehan seksual yang dialami perempuan, berawal dari cara dia berpakaian yang kurang menutup. Bila Anda keluarga muslim, maka wajib untuk mengajarkan mengenakan jilbab sedini mungkin.

Mengajarkan mereka untuk rajin mengurus rumah

Suatu hari kelak, anak perempuan akan tingga jauh dari orang tua. Anak perempuan akan tinggal bersama mertua, maka dia harus paham bagaimana cara membahagiakan mertua. Salah satu caranya adalah bisa diandalkan dalam mengurus rumah.

Mengajarkan anak untuk belajar masak

Tips Memasak Sehat, cara mengolah sayuran dengan baik, cara memasak sayur agar gizinya tidak hilang
Ajarillah anak perempuan Anda untuk terampil memasak di dapur- diminimalis.com

Kemampuan menyajikan memasak sehat merupakan skill dasar yang harus dikuasai oleh para perempuan. Ini kaitannya dengan kewajibannya terhadap suami dan anak-anaknya kelak. Jangan sampai gara-gara tidak bisa memasak, timbul berbagai perkara yang mulanya kecil lama-lama akan membesar. Padahal urusan memasak bukanlah hal teknis yang harus dipelajari dengan njlimet. Memasak itu simpel, bahkan sebagian laki-laki bisa melakukannya. Namun bila ada perempuan yang tidak bisa memasak, tentu hal ini teramat naif, dan jangan sampai anak perempuan Anda termasuk dari anak yang tidak paham cara memasak yang benar.

Mengajarkan anak menjaga diri

Seorang anak perempuan harus bisa menjaga kehormatan dirinya. Jangan sampai direndahkan kehormatannya, gara-gara dia sendiri yang tidak menjaga kehormatannya. Jangan sampai auratnya terbuka, sehingga mudah bagi laki-laki yang bukan mahromnya untuk memandang auratnya. Selain berdampak dosa, hal ini akan mendatangkan resiko besar kedepannya.

Selain soal aurat, menjaga diri juga terkait dengan intensitas berhubungan dengan orang lain. Meski dia sudah menutupo aurat dengan benar, namun cara berinteraksi dan berkomunikasi dengan laki-laki lain harus ada batasan dan jangan sampai berlebihan. Karena hal ini akan mendatangkan efek buruk bagi mereka sendiri.

Mengajarkan untuk menyayangi anak kecil.

Perempuan yang memiliki kepekaan dan rasa sayang terhadap anak kecil, merupakan nilai tambah tersendiri. Karena suatau saat mereka akan menjadi seorang ibu, maka sejak awal, mereka harus terbiasa memiliki sikap dan perasaan sayang terhadap anak kecil. Jangan sampai dia terbiasa memperlihatkan perilaku kasar dan tidak baik untuk dicontoh oleh anak-anaknya kelak.

Kembangkan potensi dan bakat utama mereka

Setiap anak memiliki bakat masing-masing yang harus diasah agar semakin cemerlang. Maka, selain keterampilan-keterampilan dasar di atas, pengajaran spesifik terkait bakat alaminya harus diasah agar tidak tenggelam akibat fokusnya teralihkan pada pelajara-pelajaran lain. Disinilah peran penting orang tua untuk mengarahkan bakat alaminya pada hal yang positif. Karena orang tua adalah orang yang paling paham terkait bakat alami sang buah hati. Bila perlu pilhkan bimbel terbaik untuk buah hati Anda.

Demikian ulasan kami tentang apa saja yang harus diajarkan oleh para orang tua bila memiliki anak perempuan. Semoga dengan mengajarkan hal-hal yang diperlukan untuk anak perempuan, mereka kelak akan menjadi aset yang berharga bagi orang tua dan orang-orang di sekitarnya, semoga bermanfaat. (ls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed