oleh

Tips Mendesain Teras Cantik dan Nyaman untuk Rumah Minimalis

Memiliki rumah dengan teras yang cantik dan nyaman tentu diinginkan semua orang. Sayangnya beberapa orang merasa bingung untuk bisa mendesain teras cantik dan nyaman, terutama untuk teras dengan lahan yang sempit. Seiring tren rumah minimalis yang banyak diminati, teras dengan lahan sempit tetap bisa dibuat cantik dan menarik.

Mendesain teras di lahan yang luas dengan teras di lahan sempit tentu berbeda. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, jika Anda akan membuat teras dengan lahan yang tidak terlalu luas. Berikut adalah beberapa tips mendesain teras di lahan sempit agar terlihat cantik dan nyaman.

tips mendesain teras cantik dan nyaman rumah minimalis - diminimalis.com
tips mendesain teras cantik dan nyaman rumah minimalis – diminimalis.com

Tips Mendesain Teras di Lahan yang Sempit

Apabila area teras Anda termasuk mungil, jangan berkecil hati karena tips berikut bisa menjadi referensi untuk mendesain teras mungil supaya terlihat cantik dan nyaman.

1. Desain teras rumah minimalis

Hal yang perlu menjadi pertimbangan utama adalah desain teras. Ada banyak referensi untuk desain teras kecil depan rumah yang bisa dicari di internet. Salah satunya adalah dengan desain kayu atau bambu.

Memilih lantai kayu bisa membuat kesan cantik dan nyaman pada teras Anda yang mungil. Memberikan tambahan furniture berbahan kayu atau bambu dapat menjadi pilihan untuk desain teras rumah minimalis. Lantai atau pun furniture berbahan kayu tersebut mampu memberikan kesan damai atau nyaman. Jadi teras mungil Anda akan terlihat lebih menarik untuk disinggahi.

2. Jangan banyak pembatas

Jika Anda memiliki teras yang tidak terlalu luas, hindari memasang pembatas yang terlalu banyak. Anda bisa menjadikan perabot untuk alternatif pembatas. Teras rumah kecil sederhana akan terlihat lebih banyak ruang atau space. Apabila Anda memasang tembok atau pembatas di seluruh penjuru teras, maka teras rumah Anda akan semakin terlihat sempit.

Untuk Desain minimalis sekarang bahkan menjadikan teras sebagai ruang tamu. Jadi teras Anda bisa lebih luas karena menyatu dengan ruang tamu. Namun perlu memperhatikan furniture yang digunakan apabila Anda membuat ruang tamu terbuka di bagian teras rumah. Hindari menggunakan perabot atau furniture yang berukuran terlalu besar.

mendesain teras cantik dan nyaman rumah minimalis - diminimalis.com
mendesain teras cantik dan nyaman rumah minimalis – diminimalis.com

3. Ruang bersantai dengan kursi gantung

Untuk mengakali teras yang sempit, Anda bisa mengurangi penggunaan perabot yang diletakkan di lantai. Seperti mengganti kursi santai di teras Anda dengan kursi gantung. Kursi yang digantung bisa membantu Anda dalam mendesain teras cantik dan nyaman di lahan yang sempit.

Kursi gantung akan membuat ruang terlihat lebih luas. Cukup pasang dua kursi gantung di teras. Anda juga bisa menambah meja kopi kecil. Anda bisa menggunakannya untuk meletakan minuman hangat atau pun camilan saat bersantai di teras.

4. Gunakan kanopi jika teras Anda menghadap arah matahari

Kanopi sangat berguna untuk Anda yang terasnya menghadap ke barat atau arah matahari. Untuk mengurangi silau karena sinar matahari, Anda bisa memasang kanopi di bagian teras. Jadi Anda tetap bisa nyaman bersantai di teras. Jika perlu, Anda bisa menambahkan pot bunga untuk menambah kesan sejuk.

Penataan bunga di teras rumah sebaiknya menggunakan pot mungil. Namun jika teras Anda lebih banyak berupa lahan atau taman, Anda tidak perlu menggunakan pot. Langsung tanam tanaman di tanah atau lahan depan teras Anda.

Anda bisa memilih tanaman yang tidak terlalu besar tetapi cukup membantu memberi kesan sejuk di teras. Seperti tanaman pucuk merah yang sekarang menjadi salah satu yang banyak disukai. Pucuk merah memiliki daun yang kecil namun lebat. Jadi akan terlihat rapi dan sejuk untuk teras yang mungil.

5. Memilih cat berwarna terang

Tips yang bisa membantu Anda menciptakan teras mungil yang cantik adalah dengan pemilihan warna cat. Sebaiknya pilih warna yang terang untuk mendesain teras cantik dan nyaman pada area yang tidak terlalu luas. Anda bisa menggunakan warna putih atau warna-warna yang kalem.

Cat dengan warna kalem akan membuat teras Anda terlihat lebih luas. Selain itu, cat yang kalem juga membantu menciptakan ruang yang terang. Anda bisa menggunakan satu warna untuk seluruh teras. Jika ingin tambah variasi, Anda bisa memberikan sedikit warna lain yang kontras namun jangan terlalu dominan.

Anda bisa menggunakan warna kontras untuk sisi tepi jendela atau pintu teras. Hindari membuat sebuah pola dengan cat yang berwarna kontras dengan warna cat utama. Untuk teras mungil akan lebih cantik dan rapi, apabila tidak terlalu banyak desain pada warna cat.

menata teras cantik rumah minimalis dengan perabot - diminimalis.com
menata teras cantik rumah minimalis dengan perabot – diminimalis.com

6. Ruang kosong di teras

Membuat teras dengan ruang kosong yang lebih banyak bisa menjadi pilihan untuk Anda yang terasnya benar-benar sempit. Anda tidak perlu menambah furniture atau pun perabot di teras rumah. Biarkan teras kosong, dan jika ingin duduk santai, Anda bisa menggunakan karpet untuk duduk.

Teras-teras kosong seperti ini bisa dipercantik dengan bunga. Anda juga bisa mencari contoh bentuk teras rumah yang cantik tanpa menggunakan tambahan perabot. Berbagai pilihan bentuk teras untuk rumah minimalis tersedia banyak di internet.

Anda bisa mencari referensi di sana atau menjadikan salah satunya untuk desain teras rumah minimalis Anda. Walaupun tidak ada kursi atau meja di teras, ruang depan rumah tersebut tetap bisa terlihat menarik dengan pot kecil berisi bunga cantik.

Demikian beberapa tips dalam mendesain teras cantik dan nyaman untuk teras mungil di rumah minimalis. Tentunya Anda bisa menentukan sendiri mana yang sesuai dengan kondisi atau posisi teras Anda. Selamat berkreasi. (us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed