Mendesain Taman Unik untuk Rumah Minimalis yang Cantik dan Kreatif

Rawatlah rumput pada taman Anda - Diminimimalis.com

Tinggal di rumah bergaya minimalis kini tengah menjadi tren. Selain harganya tergolong murah, rumah minimalis membuat sang penghuni rumah semakin kreatif dalam menciptakan desain dan suasana rumah yang nyaman sesuai dengan karakter sang pemilik. Apalagi dengan ide membuat taman unik yang tentunya akan semakin membuat rumah minimalis menjadi terlihat segar.

Ide membuat taman unik sangat baik diterapkan untuk rumah minimalis. Selain sebagai penghijauan di rumah Anda, taman juga bisa menjadi tempat kumpul keluarga yang hangat. Taman juga bisa menjadi tempat mengembalikan pikiran Anda setelah jenuh karena seharian melakukan aktivitas, baik bekerja maupun mengurus rumah.

taman unik, cara membuat taman kecil di depan rumah, cara membuat taman rumah sederhana, taman kelas kreatif, cara membuat taman sendiri, membuat taman minimalis di lahan sempit,
Contoh taman unik di rumah minimalis yang cantik – Diminimimalis.com

Namun terkadang ada beberapa kendala yang menjadi penghambat seseorang memiliki taman di rumah minimalis. Seperti misalnya, bingung menata taman depan rumah agar kelihatan eye-catching, bingung menentukan tanaman yang cocok, hingga bingung menentukan sudut mana yang akan dijadikan penempatan taman di rumah minimalis. Untuk itu, perlu Anda ketahui terlebih dahulu sudut-sudut mana saja dalam rumah minimalis yang cocok dijadikan taman unik.

Mendesain Taman Unik di Sudut Rumah Minimalis

Menciptakan suasana asri di rumah tentu sudah merupakan kewajiban sang pemilik rumah agar seluruh penghuni rumah betah dan nyaman berada di rumah. Daripada harus jauh-jauh ke taman kota, kini Anda bisa menikmati taman yang tak kalah indah di dalam rumah.

Lantas, di sudut mana sajakah yang cocok untuk dijadikan lahan taman untuk rumah bergaya minimalis? Berikut kami berikan ide membuat taman mungil di rumah minimalis.

1. Taman depan rumah membuat rumah lebih asri

cara membuat taman kecil di depan rumah, cara membuat taman rumah sederhana, taman kelas kreatif, cara membuat taman sendiri, membuat taman minimalis di lahan sempit,
Taman di depan rumah yang asri – Diminimalis.com

Letak taman di depan rumah memang sudah sangat umum dijumpai di berbagai rumah. Taman yang berada di depan rumah akan memberi kesan asri dan sejuk pada rumah Anda. Semua orang yang lewat melihat rumah Anda tentu akan terkesan dengan keasriannya.

Hal yang perlu diperhatikan saat menempatkan taman di depan rumah, yakni setiap tanaman harus mendapatkan perhatian dan perawatan ekstra. Apalagi taman depan rumah pasti akan lebih mudah terkena debu jalanan. Hal ini kerap dialami oleh mereka yang memiliki rumah tepat di tepi jalan besar.
Pilihlah rerumputan untuk membuat tampilan taman tidak gersang. Ada berbagai jenis rerumputan yang bisa Anda pilih. Jika sekiranya taman di depan rumah akan sering diinjak, pilihlah rumput gajah yang tahan akan injakan.

2. Taman belakang rumah memberi kesan nyaman pada rumah minimalis

Penempatan taman di belakang rumah tentunya akan menimbulkan kesan asri dan hangat. Namun, memang kesan ini hanya dapat dinikmati oleh keluarga atau penghuni rumah karena letaknya yang tidak terlihat oleh orang luar. Meski tidak sering terkena debu jalan, taman belakang tak boleh lepas dari perhatian.

Tanaman yang ditempatkan di taman belakang biasanya jarang terkena matahari akibat tertutup oleh bangunan-bangunan di sekelilingnya. Karenanya, jika Anda ingin menempatkan taman di belakang rumah, pastikan sinar matahari yang masuk sesuai dengan jenis tanaman yang ada. Jangan lupa untuk menambahkan rumput yang tahan injakkan seperti rumput gajah untuk taman belakang rumah Anda. Rumput jenis tersebut cocok ditanam di taman belakang yang biasa difungsikan untuk kumpul bersama anggota keluarga.

Anda juga bisa menambahkan tanaman imut, seperti bonsai, bunga kamboja, dan tanaman hias lainnya atau pepohonan, seperti pohon kelengkeng mini. Lengkapi pula taman dengan aksen batu alam, untuk mempermanis tampilan taman. Gunakan kreativitas Anda untuk mengkreasikan susunan batu pada taman milik Anda.

3. Taman di dalam rumah yang menyejukkan

Jika Anda ingin memberi sedikit aksen nature di rumah minimalis Anda, tempatkanlah taman di dalam rumah. Taman di dalam rumah sudah cukup menjadi tren sejak beberapa tahun lalu. Taman ini dinilai dapat memberikan tampilan rumah menjadi lebih menarik.

Jangan khawatir akan kerepotan mengurusnya karena mengurus taman di dalam rumah tak jauh beda dengan mengurus taman di luar rumah. Justru taman dalam rumah jauh lebih praktis karena umumnya area taman dalam rumha ukurannya lebih kecil.

Biasanya, taman daam rumah diletakkan di tempat yang strategis atau yang butuh pencahayaan lebih, seperti:

– Ruang tengah karena strategis dan sering dijadikan tempat berkumpul banyak orang
– Bagian pojok sebuah ruangan
– Bagian sisi dinding yang kosong
– Di bawah tangga

Ada beberapa kreasi taman dalam rumah seperti taman kering, basah, dan vertikal. Jangan lupa untuk menyesuaikan kreasi taman dengan tema ruangan Anda. Rumah minimalis dengan aksen taman di dalamnya tentu akan lebih memberi kesan nyaman dan elegan.

4. Taman atap rumah solusi ramah lingkungan

cara membuat roof top, cara membuat roof top garden, cara membuat taman di atas atap, Taman Atap Rumah, Taman Atap Rumah minimalis, taman atap rof garden
roof garden dengan tanaman lebat yang rindang – diminimalis.com

Pernahkah Anda melihat taman hijau di atap sebuah gedung? Tentu pernah karena memang taman di area roof top kerap kali ditempatkan di gedung-gedung tinggi. Namun, tentu tidak ada salahnya jika Anda menempatkannya di rumah Anda, karena membuat roof garden sebenarnya mudah.

Roof garden atau taman atap rumah sangat baik untuk rumah minimalis Anda. Selain berfungsi sebagai lahan hijau, taman di atap rumah juga menyerap polusi yang ada di sekitar rumah. Namun, tentunya Anda harus menyiapkan ruang khusus pada bagian atap.

Jika ingin menempatkan taman di atap bangunan rumah Anda, maka pastikan jika rumah Anda tidak dikelilingi oleh bangunan tinggi. Hal ini agar taman di bagian atap terkena sinar matahari. Selain itu, taman atap rumah harus diaplikasikan pada dak beton yang memiliki konstruksi yang kuat.

Demikian ide membuat taman mungil di rumah. Keberadaan taman tentu sangat baik bagi rumah Anda. Karenanya, ide membuat taman unik sangat diperlukan.(us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.