Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Mendesain Perpustakaan Pribadi di Rumah dengan Simpel dan Mudah

perpustakaan pribadi sekaligus dilengkapi kersi dan meja baca - diminimalis.com

Meski Anda pecinta konsep rumah minimalis, bukan berarti Anda tak membutuhkan interior khusus sebagai ruangan perpustakaan pribadi Anda. Anda tentu tak akan membiarkan suatu saat buku-buku yang Anda beli akan menumpuk dan tidak tertata dengan baik karena tidak memiliki tempat khusus untuk menyimpannya. Maka pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan memberikan beberapa tips mendesain perpustakaan pribadi di rumah minimalis Anda.

Mendesain Perpustakaan Pribadi di Rumah, desain perpustakaan mini di rumah, membuat perpustakaan pribadi, desain perpustakaan pribadi, desain perpustakaan pribadi minimalis, desain ruang perpustakaan pribadi
perpustakaan pribadi sekaligus dilengkapi kersi dan meja baca – diminimalis.com

Mendesain perpustakaan pribadi di rumah minimalis

Mungkin tak susah mendesain perpustakaan pribadi bila Anda memiliki rumah dengan ukuran yang besar. Namun bagi Anda pemilik rumah minimalis, jangan khawatir, Anda tetap dapat memiliki perpustakaan pribadi sebagai tempat menata buku-buku Anda dengan baik, berikut tipsnya.

1. Manfaatkan ruang bawah tangga

desain perpustakaan pribadi, desain perpustakaan pribadi minimalis, desain ruang perpustakaan pribadi
perpustakaan pribadi yang memanfaatkan ruang di bawah tangga – diminimalis.com

Bagi Anda yang memiliki rumah berlantai dua. Anda bisa memanfaatkan ruang bawah tangga untuk meletakkan buku-buku Anda disana. Hal ini selain menghemat kebutuhan tempat, Anda tetap dapat membuatnya tampil dengan desain yang rapi dan cantik. Sisi ruang tersebut akan semakin elok, manakala Anda juga mendesain tangga tersebut dengan rancangan yang menawan. Sehingga ada dua elemen apik yang saling berpadu untuk membuat ruangan tersebut semakin indah. Selain memberikan nilai estetika tinggi, ruang tersebut  tentu memberikan manfaat yang tak kalah besar sebagaimana fungsi utamanya, yaitu tempat menyimpan buku-buku kesayangan Anda di rumah.

2. Gunakan ruang kerja

Bila Anda memiliki ruang kerja di rumah, tidak ada salahnya jika di dalam ruangan tersebut Anda fungsikan juga salah satu sisinya sebagai perpustakaan pribadi. Anda tinggal mempergunakan salah satu sisi ruangnya untuk ditempatkan rak buku, tanpa harus membuatnya di ruangan lain. Dengan adanya rak buku di ruang kerja Anda, Anda juga bisa lebih intens membaca karena tidak ada hal-hal lain yang bisa mengalihkan fokus Anda.

3. Buat rak buku dengan desain yang efisien

furniture melayang, cara membuat rak dinding melayang, cara membuat rak dinding ambalan
tumpukan buku menempel di dinding yang nampak melayang – diminimalis.com

Tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan dinding rumah sebagai rak buku dengan menggunakan penyangga yang kuat. Anda juga bisa membuatnya dengan rancangan rak ambalan di beberapa titik sisi dinding Anda. Tiap rak ambalan ini, memang hanya bisa menampung setumpuk buku saja. Namun dengan memasangnya beberapa titik, dinding Anda akan nampak cantik terlebih bila Anda mendesainnya dengan unik. Dari kejauhan buku-buku Anda akan terlihat menempel sendiri di dinding, karena tidak diletakkan di rak. Tentu saja, Anda bisa mengeksplorasi cara merancangnya untuk membuatnya lebih indah lagi.

4. Perhatikan warna interiornya

Bagi Anda yang bisa menyiapkan ruangan khusus untuk perpustakaan pribadi Anda, tentu hal ini sangat menyenangkan. Anda tinggal membuatnya lebih baik dengan mengecat warna dinding yang tepat untuk perpustakaan pribadi Anda tersebut.

Contohnya,  Anda perlu menghindari warna kontras dan kuat seperti merah, orange dan kuning. Hal ini akan membuat mata Anda lelah dan tidak optimal untuk membaca buku. Alangkah baiknya apabila Anda menggunakan warna coklat, putih atau krem pada dinding interior perpustakaan pribadi tersebut. Dengan begitu, Anda akan dapat membaca buku dengan nyaman tanpa membuat mata lelah.

Demikian ulasan kami tentang tips mendesain perpustakaan pribadi di rumah minimalis yang tepat. Semoga cara di atas dapat Anda terapkan dan Anda dan keluarga bisa dengan nyaman menikmati buku-buku kesayangan di rumah.(ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.